Comscore Tracker

7 Penyebab Ginjal Bermasalah Ini Sering Dianggap Cuma Kebiasaan Kecil

Tanpa kamu sadari kebiasaan ini merusak, loh!

Sebagai organ vital tubuh, ginjal harus dirawat dan dijaga. Bayangkan, ginjal kita harus bekerja keras menyaring 170 liter darah per hari! Oleh karena itu, menjaga kesehatan ginjal adalah hal mutlak yang harus dilakukan oleh setiap manusia.

Namun, kadang-kadang kita melakukan kebiasaan kecil yang tak disadari bisa merusak ginjal, lho. Apa sajakah? Let's find out!

1. Tidak meminum cukup air

7 Penyebab Ginjal Bermasalah Ini Sering Dianggap Cuma Kebiasaan Kecilexpress.co.uk

Idealnya, kita disarankan untuk meminum air 2 liter per hari. Namun, faktanya kita masih sering kelupaan, bener gak? Or worse, lebih memilih minum minuman kemasan yang manis. Well, you have to stop that bad habit!

Ginjal memiliki fungsi untuk menghilangkan racun dan menyaring darah. Tanpa air, racun dalam tubuh akan menumpuk dan menyebabkan kerusakan serius pada tubuh kita. National Health Service di Inggris menyebut bahwa dehidrasi merupakan penyebab utama dari kerusakan ginjal dan batu ginjal, menurut laman BoldSky.

2. Mengonsumsi terlalu banyak garam

7 Penyebab Ginjal Bermasalah Ini Sering Dianggap Cuma Kebiasaan Kecilmedicalnewstoday.com

Garam diperlukan untuk menambah cita rasa dalam masakan. Namun, berlebihan dalam mengonsumsi garam ternyata membahayakan ginjal, lho.

Garam akan meningkatkan tekanan darah dan memberi tekanan berat pada ginjal. Laman Lucenxia mengingatkan kita agar tidak mengonsumsi garam melebihi 5 gram per hari.

3. Sengaja menahan kencing

7 Penyebab Ginjal Bermasalah Ini Sering Dianggap Cuma Kebiasaan Kecilindy100.com

Terlalu sibuk membuat kita sering menunda buang air kecil? Atau justru dengan sengaja menahan kencing karena kondisi toilet yang kotor?

Well, you should say goodbye to that habit! buang air kecil adalah cara untuk membuang racun dari tubuh. Jika kita sering menunda kencing, jangan kaget jika nantinya akan terbentuk batu ginjal dan kerusakan lainnya pada ginjal. Oh no!

Baca Juga: 7 Gejala Batu Ginjal yang Bisa Menyerang Siapa Saja, Wajib Tahu!

4. Kurang tidur

7 Penyebab Ginjal Bermasalah Ini Sering Dianggap Cuma Kebiasaan Kecilsciencenews.org

Kalau kata Rhoma Irama, buat apa begadang kalau tiada artinya. Ya kan?

Ya, memang kurang tidur sama sekali gak menguntungkan, justru punya implikasi buruk bagi kesehatan. Tidur penting untuk melemaskan otot-otot dan memperbarui sel-sel tubuh.

Fungsi ginjal sendiri dipengaruhi oleh siklus tidur-bangun yang membantu mengoordinasikan kerja ginjal selama 24 jam. Oleh karena itu, biasakan untuk tidur minimal 6-8 jam per hari.

5. Duduk dalam kurun waktu yang lama

7 Penyebab Ginjal Bermasalah Ini Sering Dianggap Cuma Kebiasaan Kecilreleaseremedials.com.au

Gak cuma bikin sakit pinggang dan persendian, duduk terlalu lama juga berisiko merusak ginjal. Hal itu dituturkan dalam laman Only My Health. Jika kesibukan membuatmu terpaksa duduk selama berjam-jam, sesekali selingi dengan gerakan peregangan, berdiri atau jalan dalam interval waktu tertentu.

6. Mengonsumsi obat penghilang rasa sakit (painkiller)

7 Penyebab Ginjal Bermasalah Ini Sering Dianggap Cuma Kebiasaan Kecilbusinessdailyafrica.com

Kita pernah mendengar bahwa obat-obatan dapat membuat ginjal bekerja ekstra keras. Tapi, ada obat tertentu yang efeknya lebih besar dari yang lain, yaitu obat penghilang rasa sakit (painkiller).

Penggunaan painkiller secara teratur dapat menyebabkan kerusakan ginjal parah, menurut laman Only My Health. Obat ini dapat menurunkan aliran darah ke ginjal dan mengganggu fungsinya.

7. Terlalu banyak makan daging

7 Penyebab Ginjal Bermasalah Ini Sering Dianggap Cuma Kebiasaan Kecilthejournal.ie

Mungkin kamu bertanya-tanya apa pengaruh daging terhadap ginjal. Faktanya, memakan daging, khususnya daging merah, memiliki pengaruh buruk pada ginjal.

Daging merah menghasilkan asam dalam darah, lalu dapat menyebabkan asidosis. Ini adalah kondisi di mana ginjal tidak dapat mengeluarkan asam dari tubuh. Oleh karena itu, jangan berlebihan ya dalam mengonsumsi daging! Sewajarnya saja sudah cukup.

Nah, itulah kebiasaan kecil yang bisa merusak ginjal. Dari tujuh poin tersebut, mana yang paling sering kamu lakukan? Coba dikurangi mulai dari sekarang, ya!

Baca Juga: Waspada, 8 Gejala Gagal Ginjal Ini Sering Diabaikan Hingga Makin Parah

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You