Comscore Tracker

Manfaat Sehat Yoga Swing, Olahraga Favorit Soraya Rasyid Uang Kaget

Yoga jenis ini tergolong baru di Indonesia

Selama ini, yoga dikenal dari duduk bersila dalam posisi lotus, sembari memejamkan mata dan menarik napas dalam-dalam. Padahal, yoga memiliki banyak cabang, salah satunya adalah swing yoga atau aerial yoga.

Salah satu figur publik yang menyukai yoga swing adalah Soraya Rasyid, host Uang Kaget. Apa manfaat kesehatan yang bisa didapat dari yoga swing?

1. Bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh

Manfaat Sehat Yoga Swing, Olahraga Favorit Soraya Rasyid Uang Kagetbookyogaretreats.com

Gerakan pada yoga swing lebih dinamis dari yoga konvensional. Yoga swing bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh, mengurangi sakit pinggang dan memperbaiki tekanan darah serta kolesterol, ungkap laman Health.

Menurut Dr. Allan Stewart, MD dari Mount Sinai Hospital New York City, yoga swing bisa memperpanjang ligamen dan mengendurkan otot-otot untuk sementara. Don't you wanna try?

2. Meringankan gejala skoliosis

Manfaat Sehat Yoga Swing, Olahraga Favorit Soraya Rasyid Uang Kagetnorthernvirginiamag.com

Selain itu, yoga swing dipercaya bisa meringankan gejala skoliosis, kejang punggung dan disk herniasi. Menurut laman Health, dengan melakukan yoga dalam posisi bergantung dan terbalik bisa meringankan gejala yang menyakitkan.

Sementara, menurut laman Medical News Today, melakukan satu posisi yoga selama 90 detik dalam 3 kali seminggu bisa membantu mengurangi kelengkungan tulang belakang pada penderita skoliosis. What a really good news!

3. Mengirim lebih banyak darah ke otak

Manfaat Sehat Yoga Swing, Olahraga Favorit Soraya Rasyid Uang Kagetaerialyogawithali.com

Saat kita berdiri tegak, darah yang mengandung oksigen dipompa ke seluruh tubuh, termasuk ke otak. Lalu, darah ini akan terdeoksigenasi dan kembali ke jantung, jelas laman Health.

Apabila kita melakukan gerakan yoga swing di mana kita memposisikan diri menggantung secara terbalik, otak akan menerima lebih banyak darah. Bukan hanya darah yang kaya oksigen, tetapi juga yang miskin oksigen.

4. Meningkatkan stamina dan kekuatan

Manfaat Sehat Yoga Swing, Olahraga Favorit Soraya Rasyid Uang Kagetelitedaily.com

Ketika melakukan yoga swing, kita menaruh extra effort untuk melakukan gerakan tertentu. Level kesulitannya mungkin di atas yoga konvensional, karena tubuh kita dituntut untuk menjadi lebih fleksibel.

Lambat laun, kita akan terlatih melakukan gerakan sembari menggantung di hammock. Dengan ini, kamu bisa melakukan peregangan lebih dalam, meningkatkan kekuatan fisik, mengendurkan otot dan membuat tulang belakang lebih baik, ujar laman Do You Yoga.

5. Meningkatkan produksi endorfin dan dopamin di otak

Manfaat Sehat Yoga Swing, Olahraga Favorit Soraya Rasyid Uang Kagettheglobeandmail.com

Hampir semua olahraga dan aktivitas fisik menghasilkan hormon endorfin dan dopamin di otak. Termasuk yoga swing. Selain itu, yoga swing membantu otak untuk melepaskan lebih banyak serotonin yang bisa membuat kita lebih tenang dan gembira, ungkap laman Do You Yoga.

Nah, itulah 5 manfaat kesehatan yoga swing yang perlu kamu ketahui. Meski belum terlalu populer, apakah kamu berminat untuk mencoba?

Baca Juga: Nyaman, Ini 10 Pose Yoga yang Bisa Bikin Kurus Tanpa Perlu Kerja Keras

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya