Comscore Tracker

Suka Wall Climbing? Ini 7 Manfaatnya Kesehatannya bagi Tubuh

Olahraga favorit siapa, nih?

Bosan olahraga yang itu-itu aja? Ingin yang menantang adrenalin? Coba wall climbing, yuk! Seperti namanya, wall climbing memakai dinding atau papan sebagai medan, lalu dilengkapi dengan batu-batu penahan atau point sebagai pijakan kaki untuk menuju ke atas.

Wall climbing tidak cuma seru, tetapi juga punya segudang manfaat bagi tubuh. Berikut ini beberapa contohnya. Intip, yuk!

1. Meningkatkan fleksibilitas tubuh

Suka Wall Climbing? Ini 7 Manfaatnya Kesehatannya bagi Tubuhilustrasi wall climbing (unsplash.com/Rahadiansyah)

Dilansir La Fabrique Verticale, fleksibilitas sangat penting untuk wall climbing. Sebab, ini membantu tubuh kita beradaptasi dengan dinding panjat. Tidak hanya lengan dan kaki yang harus fleksibel, tetapi juga tulang belakang.

Semua jangkauan, peregangan, dan aktivitas memanjat bisa meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak secara signifikan, mengutip Adventure HQ. Fleksibilitas yang diasah secara teratur bisa membuat tubuh lebih kencang dan ramping.

Kalau lari hanya menuntut tubuh bergerak ke depan, wall climbing menuntut kita menggerakkan tubuh ke atas, bawah, dan samping sekaligus dalam satu latihan! Dengan perubahan arah yang konstan, tubuh harus beradaptasi dan bergerak efektif di tiga bidang gerak (frontal, transversal, dan sagital).

2. Bisa memperkuat otot

Suka Wall Climbing? Ini 7 Manfaatnya Kesehatannya bagi Tubuhilustrasi otot tubuh (unsplash.com/Nigel Msipa)

Hampir semua kelompok otot utama di tubuh digunakan dalam olahraga wall climbing. Otot-otot besar di lengan dan kaki akan digunakan untuk menarik tubuh ke atas dinding, sementara otot perut dipakai untuk keseimbangan.

Bahkan, otot punggung juga dipakai dalam wall climbing. Dilansir 8BPlus, latissimus dorsi (otot rata dan besar yang menutupi punggung tengah dan bawah) digunakan untuk menarik diri ke dinding, terutama saat lengan terentang penuh.

Bila olahraga wall climbing dilakukan secara rutin, otot-otot di tubuh akan terus dilatih. Pada dasarnya, olahraga menantang ini memungkinkan kita membangun otot karena berat badan kita bertumpu pada otot-otot tersebut saat memanjat.

3. Membakar banyak kalori

Suka Wall Climbing? Ini 7 Manfaatnya Kesehatannya bagi Tubuhilustrasi turun berat badan (freepik.com/drobotdean)

Jangan meremehkan olahraga wall climbing! Sebab, satu sesinya bisa membakar sekitar 500-900 kalori! Jumlah ini lebih besar daripada jalan kaki atau lari dalam durasi yang sama.

Hal yang sama juga diutarakan di laman Climber News. Wall climbing baik untuk menurunkan berat badan karena menggabungkan latihan kekuatan dan kardio sekaligus. Selain itu, juga melibatkan keseimbangan, peregangan, dan koordinasi tubuh.

4. Meningkatkan kinerja sistem kardiovaskular

Suka Wall Climbing? Ini 7 Manfaatnya Kesehatannya bagi Tubuhilustrasi sistem kardiovaskular (pexels.com/Puwadon Sang-ngern)

Dalam olahraga wall climbing, kita harus bekerja keras berpegangan dari satu point ke point lain sembari mengangkat tubuh ke atas. Ini berarti detak jantung akan meningkat dari pijakan pertama hingga mencapai bagian teratas dinding.

Membuat jantung berdetak lebih cepat berarti melatih tubuh untuk memindahkan oksigen dan darah ke otot lebih efisien. Selain itu, ini membantu meningkatkan stamina, membakar kalori, serta memperkuat jantung dan paru-paru.

Baca Juga: 7 Keuntungan Latihan Naik Turun Tangga bagi Kesehatan

5. Membantu mengurangi risiko terkena penyakit kronis

Suka Wall Climbing? Ini 7 Manfaatnya Kesehatannya bagi Tubuhilustrasi orang bertubuh sehat (freepik.com/jcomp)

Tak jauh berbeda dengan olahraga lain yang dilakukan secara rutin, wall climbing bisa membantu mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti hipertensi, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker.

Selain itu, wall climbing terbukti menjadi cara alami untuk melawan efek merusak dari stres kronis. Dilansir Rock Reef, wall climbing mengurangi stres dengan cara meningkatkan kadar norepinefrin, yaitu neurotransmiter dalam tubuh yang membantu melepaskan stres.

6. Bisa meningkatkan fungsi otak

Suka Wall Climbing? Ini 7 Manfaatnya Kesehatannya bagi Tubuhilustrasi otak manusia (mic.com)

Bagaimana cara wall climbing meningkatkan fungsi otak? Tanpa disadari, otak kita diasah setiap kali memutuskan menempatkan tangan dan kaki di mana supaya tidak jatuh. Selain itu, kita harus memilih momen yang tepat untuk memindahkan berat badan ke posisi baru.

Wall climbing melibatkan banyak pemecahan masalah dan kesadaran tubuh yang bisa meningkatkan fungsi otak dari waktu ke waktu, mengutip Complete Body. Ini adalah cara terbaik dan menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan pemrosesan otak.

7. Meningkatkan kekuatan cengkeraman tangan

Suka Wall Climbing? Ini 7 Manfaatnya Kesehatannya bagi Tubuhilustrasi cengkeraman tangan pada wall climbing (pexels.com/Allan Mas)

Seperti yang bisa ditebak, wall climbing bisa meningkatkan kekuatan cengekraman tangan. Tanpa cengekeraman tangan yang kuat, kita tidak akan bisa memanjat dinding dan menahan beban tubuh.

Apa manfaat kekuatan cengkraman tangan yang baik? Tidak hanya membuat kita semakin ahli memanjat dinding, tetapi juga berguna di bidang lain. Kita bisa mengangkat beban yang lebih berat saat olahraga di gym atau memegang tas belanja lebih lama. Berguna, kan?

Nah, itulah sederet manfaat wall climbing bagi tubuh dan kesehatan kita. Jangan takut jatuh, yuk, mulai memanjat!

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan Latihan Tai Chi, Bisa Mengurangi Stres?

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya