Comscore Tracker

Tingkat Konsumsi Daging Warga Dunia, Indonesia di Urutan Berapa?

Berapa kilogram daging yang kita konsumsi per tahun?

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi daging memiliki implikasi negatif bagi kesehatan. Seperti meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, stroke bahkan kanker! Oleh karena itu, kini sedang gencar seruan untuk mengurangi konsumsi daging. Spesifiknya, daging merah yang berasal dari hewan mamalia.

Berbicara soal konsumsi daging, negara mana sih yang paling banyak mengonsumsi daging? Indonesia ada di urutan berapa? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Amerika Serikat menjadi negara dengan konsumsi daging tertinggi

Tingkat Konsumsi Daging Warga Dunia, Indonesia di Urutan Berapa?milwaukeeindependent.com

Laman Telegraph merilis daftar 20 negara dengan konsumsi daging tertinggi. Hasilnya, Amerika Serikat muncul di urutan teratas! Rata-rata setiap warga Amerika mengonsumsi sekitar 120 kilogram daging per tahun. Negara-negara barat mengonsumsi daging dengan jumlah yang cukup besar. Berikut ini 10 negara teratas, dilansir dari laman Telegraph:

  1. Amerika Serikat - 120 kg (daging per orang per tahun)
  2. Kuwait - 119,2 kg
  3. Australia - 111,5 kg
  4. Bahama - 109,5 kg
  5. Luksemburg - 107,9 kg
  6. Selandia Baru - 106,4 kg
  7. Austria - 102 kg
  8. Polinesia - 101,9 kg
  9. Bermuda - 101,7 kg
  10. Argentina - 98,3 kg

2. Sementara, inilah negara dengan konsumsi daging terendah

Tingkat Konsumsi Daging Warga Dunia, Indonesia di Urutan Berapa?food-management.com

Di sisi lain, laman Telepgraph juga merilis daftar 20 negara dengan konsumsi daging terendah. Hasilnya, di urutan teratas ada Bangladesh, dengan konsumsi daging per orang dan per tahun hanya 4 kg. Ini tak lepas dari pendapatan per kapita penduduk Bangladesh. Berikut ini 10 negara teratas dengan konsumsi daging terendah dilansir dari Telegraph:

  1. Bangladesh - 4 kg (daging per orang per tahun)
  2. India - 4,4 kg
  3. Burundi - 5,2 kg
  4. Sri Lanka - 6,3 kg
  5. Rwanda - 6,5 kg
  6. Sierra Leone - 7,3 kg
  7. Eritrea - 7,7 kg
  8. Mozambik - 7,8 kg
  9. Gambia - 8,1 kg
  10. Malawi - 8,3 kg

3. Berapa konsumsi daging pada orang Indonesia per tahun?

Tingkat Konsumsi Daging Warga Dunia, Indonesia di Urutan Berapa?irishexaminer.com

Setelah melihat daftar di atas, di manakah posisi Indonesia? Negara kita tak ada di daftar pengonsumsi daging tertinggi atau terendah. Di tahun 2002, konsumsi daging warga Indonesia per tahun adalah 8,3 kg. Jumlah ini meningkat menjadi 11,6 kg di tahun 2009. Data ini berasal dari The Food and Agriculture Organization (FAO).

Sementara, laman Statista menjelaskan soal konsumsi daging orang Indonesia yang dibagi berdasarkan jenis daging. Misalnya, setiap orang mengonsumsi 7,1 kg daging ayam per tahun, 2,4 kg daging babi per tahun, 1,8 kg daging sapi per tahun dan 0,4 daging domba per tahun. Cukup sedikit bila dibandingkan dengan negara lain!

4. Faktor penentu tinggi-rendahnya konsumsi daging

Tingkat Konsumsi Daging Warga Dunia, Indonesia di Urutan Berapa?indy100.com

Lantas, apa faktor yang menentukan tinggi-rendahnya konsumsi daging pada setiap negara? Hal ini tidak terlepas dari pendapatan per kapita, budaya hingga agama atau kepercayaan. Negara dengan pendapatan per kapita yang kecil menganggap bahwa konsumsi daging adalah barang yang mewah dan tidak bisa diperoleh setiap saat.

Sementara, faktor agama bisa dilihat dari kepercayaan agama Hindu yang melarang penganutnya memakan daging, terlebih daging sapi. Bagi penganut Hindu, sapi disimbolkan sebagai hewan suci yang harus dilindungi dan dihormati. Faktor lainnya adalah kebiasaan makan, seperti penduduk Jepang yang lebih terbiasa memakan ikan daripada daging ayam atau sapi.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai konsumsi daging penduduk dunia yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

Baca Juga: Pemakan Daging Vs Vegetarian, Mana yang Bisa Membuat Panjang Umur?

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya