Comscore Tracker

Tips agar Kacamata Tidak Berembun saat Memakai Masker

Lakukan trik jitu ini, yuk!

Pakai masker adalah suatu keharusan dalam hidup di era pandemik seperti sekarang. Dengan masker, kita bisa melindungi diri sendiri sekaligus orang lain. Akan tetapi, memakai masker adalah tantangan tersendiri bagi pengguna kacamata karena kacamata jadi sering berembun!

Agar tidak kesulitan melihat dan mesti bolak-balik melepas kacamata karena embun yang muncul dari napas saat pakai masker, yuk, intip dan terapkan tips berikut ini!

1. Pakai masker dengan kawat yang bisa dibentuk agar sesuai dengan wajah

Tips agar Kacamata Tidak Berembun saat Memakai Maskersewcanshe.com

Pastikan masker yang kita pakai pas dan tidak longgar, kata Aaron Hamilton, MD, seorang dokter sekaligus Interim Chief Safety and Quality Officer dari Cleveland Clinic, Amerika Serikat (AS) seperti melansir laman Cleveland Clinic. Menurutnya, masker dengan batang hidung akan menjaga udara hangat agar tidak keluar ke kacamata.

Pilihlah masker dengan kawat yang bisa dibentuk agar sesuai dengan wajah. Tekan kawat ke hidung hingga rapat dan pastikan tidak ada celah.

2. Gunakan air dan sabun sebagai penghalang kabut

Tips agar Kacamata Tidak Berembun saat Memakai Maskerfirmoo.com

Ada keajaiban apa yang timbul dari air dan sabun? Bersumber dari Cleveland Clinic, sabun meninggalkan lapisan tipis yang berfungsi sebagai penghalang kabut.

Pertama, siapkan air sabun dan kain lembut. Lalu, cuci lensa dengan air sabun untuk menghilangkan kelebihan cairan. Kamu bisa membiarkan lensa mengering dengan sendirinya atau menyeka dengan kain lembut sebelum memakai kacamata lagi.

Akan tetapi, sebagian kacamata memiliki lapisan khusus pada lensa. Lebih baik, tanyakan pada optik atau ahli kacamata sebelum memulai percobaan ini agar kita tidak merusaknya.

3. Sesuaikan kacamata yang kita pakai

Tips agar Kacamata Tidak Berembun saat Memakai Maskerunsplash.com/Julian Wan

Menurut Shannen Knight, ahli kacamata dan pemilik A Sight for Sport Eyes, pengecer kacamata yang berbasis di West Linn, Oregon, AS, mengatakan bahwa jika kacamata memiliki bantalan hidung, sesuaikan bantalannya sehingga bingkainya berada sedikit lebih jauh dari wajah.

Ini akan memungkinkan udara panas keluar alih-alih terjebak di antara wajah dan lensa kacamata. Namun, Shannen mengingatkan bahwa mengganti bantalan hidung bisa sedikit mengubah penglihatan, terlebih jika kita memakai kacamata dengan lensa progresif atau lensa dengan resep yang kuat, seperti tertulis di laman All About Vision.

Baca Juga: Seperti Apa Sistem Imun Orang yang Pernah Terjangkit COVID-19?

4. Mengembuskan napas ke bawah

Tips agar Kacamata Tidak Berembun saat Memakai Maskervigorspring.com.tw

Yang satu ini adalah cara termudah sekaligus merepotkan jika dilakukan terus-menerus. Menurut Joanna Slusky, dokter mata sekaligus pendiri Halsted Eye Boutique, AS, mengembuskan napas ke bawah bisa menjadi solusi anti kabut yang cepat, walau agak canggung.

Trik ini dilakukan supaya udara menjauh dari kacamata. Bagaimana caranya? Tarik napas lewat hidung seperti biasa, lalu tahan bibir atas dan bibir bawah secara bersamaan. Kemudian, embuskan udara ke bawah seolah-olah sedang memainkan seruling, masih bersumber dari All About Vision.

5. Rekatkan plester di antara hidung dan masker

Tips agar Kacamata Tidak Berembun saat Memakai Maskertwitter.com/DanHeifermanMD

Saran ini datang dari Daniel M. Heiferman, MD, dokter bedah saraf di Semmes Murphey Neurologic & Spine Institute, Memphis, AS. Ia mengatakan lewat cuitan di akun Twitter pribadinya (@DanHeifermanMD) bahwa plester yang direkatkan di antara hidung dan kacamata bisa mengurangi kabut atau embun.

Plester ini bertindak seperti selotip, sehingga masker menempel pada kulit, mencegah napas keluar ke atas dan menyebabkan lensa kacamata berkabut, seperti dikutip di laman Health

Cuitannya mendadak viral dan sejauh ini telah mengumpulkan lebih dari 177 ribu suka dan 67 ribu retweet.

Nah, itulah tips agar kacamata tidak berembun saat memakai masker. Semoga informasi ini membantu!

Baca Juga: Good News! Hasil Uji Klinis Vaksin COVID-19 NIH-Moderna Menjanjikan

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya