Comscore Tracker

Ini 7 Perubahan yang Terjadi jika Kamu Kurang Minum Air, Simak yuk!

Jangan lupa minum air 2 liter per hari

Air adalah komponen penting bagi kehidupan manusia. Setidaknya, kita perlu minum air sebanyak 2 liter per hari. 60 persen dari tubuh orang dewasa disusun dari air. Fungsinya adalah untuk membersihkan racun dari tubuh, mengoptimalkan fungsi usus, membuat kulit tampak lebih muda dan masih banyak lagi.

Saking pentingnya, tubuh akan menunjukkan perubahan jika kita kurang meminum air. Kenali perubahan ini, apakah terjadi padamu?

1. Muncul rasa lelah

Ini 7 Perubahan yang Terjadi jika Kamu Kurang Minum Air, Simak yuk!doctissimo.fr

Kurang minum air menyebabkan kehilangan cairan tubuh dalam jumlah besar. Akibatnya, kekurangan cairan bisa menurunkan volume darah yang memberikan tekanan berlebih pada jantung untuk mengirimkan nutrisi dan oksigen ke organ, termasuk otot. Efeknya, kita akan merasa lelah karena tubuh mencoba berfungsi tanpa air yang cukup.

Apabila tanda-tanda ini terjadi padamu, segera tingkatkan asupan air pada tubuh, saran laman Healthcare Associates of Texas. Apalagi, jika kamu merasa kelelahan, energi seolah terkuras habis dan kurang bersemangat walaupun sudah tidur cukup di malam hari. Jangan sampai lengah dan kurang peka terhadap tubuh sendiri!

2. Sering sembelit

Ini 7 Perubahan yang Terjadi jika Kamu Kurang Minum Air, Simak yuk!comocurarlagastritis.online

Air berfungsi untuk menjaga tekstur feses agar tetap lembut dan tidak keras. Selain itu, air juga akan meningkatkan kinerja sistem pencernaan dan membuat feses bergerak lebih mudah melalui saluran pencernaan, jelas laman Healthcare Associate of Texas. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya air bagi sistem pencernaan manusia.

That's why, jika kamu jarang minum air akan membuat feses menjadi lebih keras, kering serta kesulitan melewati usus dan anus. Apabila hal ini terjadi padamu, coba minum lebih banyak air untuk melonggarkan tinja, menghilangkan rasa sakit saat mengejan, meredakan sembelit dan kembung hingga membuat buang air besar menjadi lebih teratur.

3. Menimbulkan bau napas

Ini 7 Perubahan yang Terjadi jika Kamu Kurang Minum Air, Simak yuk!midtowndentalclinic.ca

Apa peran air bagi kesehatan mulut kita? Rupanya, air berperan penting untuk memproduksi air liur dan membilas bakteri yang ada di mulut. Sementara, kurang minum air bisa menghambat produksi air liur, membuat bakteri menumpuk di lidah, gigi dan gusi serta memicu timbulnya bau mulut, ungkap laman Healthcare Associate of Texas.

Maka dari itu, salah satu cara untuk mengatasi bau mulut adalah dengan minum air yang cukup setiap harinya. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi secara rutin. Namun, bau mulut bisa dipicu oleh penyakit gusi, refluks asam lambung kronis, kebiasaan merokok hingga adanya infeksi pada saluran pernapasan.

4. Membuat kesehatan kulit memburuk

Ini 7 Perubahan yang Terjadi jika Kamu Kurang Minum Air, Simak yuk!laroche-posay.co.uk

Kurang minum air punya pengaruh besar pada kulit, organ tubuh terbesar kita. Air berfungsi untuk melembapkan sel-sel kulit agar kulit lebih cerah, kenyal dan lebih muda. Di sisi lain, kurang minum air bisa menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan kekenyalannya, laman Healthcare Associate of Texas memperingatkan.

Akibatnya, kulit menjadi kering, terkelupas, timbul garis-garis halus, kerutan dan menyebabkan kulit kendur. Jerawat di wajah pun akan muncul jika kamu kurang minum air. Itulah kenapa, ada banyak produk skincare yang bertujuan untuk menghidrasi kulit. Saking pentingnya peran air bagi kulit kita!

Baca Juga: 5 Tips Rawat Kulit untuk Si Pemilik Hobi Berenang, Jangan Disepelekan!

5. Warna urin menjadi lebih pekat

Ini 7 Perubahan yang Terjadi jika Kamu Kurang Minum Air, Simak yuk!std-gov.org

Sadarkah kamu, warna urine akan menjadi pekat apabila kita kurang minum air? Di sisi lain, warna urine akan otomatis jadi jernih apabila asupan air harian tercukupi. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, ginjal akan menahan cairan sebanyak mungkin untuk mempertahankan fungsinya.

Jika kamu kurang minum air, warna urine menjadi lebih gelap, baunya lebih menyengat dan jumlah urine yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit, jelas laman Healthcare Association of Texas. Selain itu, kita lebih berisiko terkena infeksi saluran kemih ketika kita kurang minum air. Duh, banyak banget kerugiannya ya?

6. Membuat kita lapar tiba-tiba

Ini 7 Perubahan yang Terjadi jika Kamu Kurang Minum Air, Simak yuk!medicalnewstoday.com

Kurang minum air bertanggung jawab atas rasa lapar yang datang tiba-tiba. Dehidrasi mengganggu kemampuan tubuh untuk menyimpan glukosa sebagai energi. Hal ini bisa memicu keinginan untuk makan makanan tinggi gula dan karbohidrat. Jangan heran jika kamu tiba-tiba mengidam makan cokelat, donat, kue atau makanan tinggi kalori lainnya.

Ini terjadi karena otak kebingungan menafsirkan sinyal yang dikirim. Kita sebenarnya sedang dehidrasi, tetapi otak menangkap bahwa kita sedang lapar. Oleh karena itu, jangan buru-buru makan karena bisa jadi, kamu hanya merasa haus. Atasi dulu dengan meminum satu gelas air agar kita tidak makan berlebihan.

7. Membuatmu lebih sering sakit

Ini 7 Perubahan yang Terjadi jika Kamu Kurang Minum Air, Simak yuk!self.com

The last one, kurang minum air bisa membuatmu gampang jatuh sakit. Air membantu membersihkan racun, limbah dan bakteri dari tubuh untuk melawan penyakit dan infeksi. Minum air yang cukup bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga kita lebih jarang sakit, tegas laman Healthcare Association of Texas.

Selain itu, kurang minum air juga bisa menyebabkan kita mudah lelah dan lemas. Kurang minum air membuat otak kita mendapat sirkulasi darah lebih sedikit dan membuat kepala jadi pusing. Tak disangka, banyak efek negatif dari kurang minum air, ya?

Nah, itulah 7 gejala yang terjadi pada tubuh apabila kamu kurang minum air. Setelah membaca ini, jangan malas atau lupa minum air lagi, ya!

Baca Juga: 5 Penyebab Dehidrasi, Bisa Jadi Karena Kamu Sedang Stres Lho!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya