Comscore Tracker

6 Manfaat Tidur Tanpa Pakai Bra

Rasakan tidur tanpa bra bikin kamu lebih nyaman

Banyak berita dan mitos yang beredar bahwa menggunakan bra saat tidur dapat memicu kanker payudara. Sehingga banyak wanita mempercayai dan lebih memilih tidur tanpa bra untuk menjaga kesehatan payudara mereka. Namun, belum ada bukti yang mendukung pernyataan tersebut. Bahkan dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa memakai bra tidak ada hubungannya dengan kanker payudara.

Menurut National Center for Health Research, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2014, para peneliti mewawancarai partisipan wanita pascamenopause tentang pola pemakaian bra selama hidup mereka. Para peneliti mengevaluasi lebih dari 1.000 wanita dengan kanker payudara dan hampir 500 yang tidak menderita kanker payudara. Hasilnya para peneliti tidak menemukan adanya bukti hubungan antara jumlah waktu yang dihabiskan untuk memakai bra atau mengenakan bra berkawat dengan peningkatan risiko kanker payudara.  

Walaupun begitu, ketika tidur wanita memang tidak disarankan untuk tidak menggunakan bra, lho! Alasannya karena faktor kenyamanan. Selain itu, dikutip dari berbagai sumber bahwa tidur tanpa bra dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi tubuh, berikut ini.

1. Meningkatkan kualitas tidur

6 Manfaat Tidur Tanpa Pakai Brapexels.com/cottonbro

Manfaat yang bisa kamu dapatkan dari tidur tanpa bra adalah dapat meningkatkan kualitas tidur. Hal ini membuatmu tidur lebih nyenyak dan bangun lebih segar di keesokan harinya.

Melansir dari Medical News today, menurut sebuah penelitian dari tahun 2000, mengenakan bra atau pakaian ketat lainnya di malam hari dapat memengaruhi siklus bangun tidur seseorang. Para peneliti menemukan bahwa tekanan pada malam hari dari pakaian ketat seperti bra menyebabkan peningkatan suhu  tubuh dan penurunan melatonin. Melatonin adalah hormon yang membantu mengatur siklus bangun tidur.  Penurunan melatonin dapat memengaruhi kualitas tidurmu.

2. Memperlancar sirkulasi darah

6 Manfaat Tidur Tanpa Pakai Braunsplash.com/We-Vibe WOW Tech

Melansir dari laman Topofy , bahwa bra dirancang bertujuan untuk menyangga payudaramu. Namun, jika ukuran bra sangat ketat atau memiliki kawat dibagian bawahnya, hal itu dapat menghambat sirkulasi darah. Kawat dibagian bawah tersebut menekan kuat ke kulit dan dapat menyempitkan otot di dinding dibagian dada. Tekanan pada otot dadamu akan menghambat aliran darah ke saraf di bagian lengan dan ke seluruh tubuhmu. Sirkulasi darah yang buruk dapat menyebabkan kram dan varises.

Oleh karena itu, kamu disarankan untuk tidak menggunakan bra saat tidur agar sirkulasi darahmu tetap berjalan lancar. Sehingga kamu pun bisa terhindar dari varises atau kram yang tentunya dapat menganggu kesehatanmu.

3. Mencegah hiperpigmentasi

6 Manfaat Tidur Tanpa Pakai Braunsplash.com/bruce mars

Berikutnya manfaat tidur tanpa menggunakan bra akan mencegah risiko hiperpigmentasi kulit. Hiperpigmentasi sendiri merupakan kondisi munculnya bercak gelap pada kulit. Gak mau kan hal itu terjadi pada kulitmu?

Melansir laman Sleep advisor, bahwa tidur dengan bra merupakan pilihan yang buruk, karena dapat menyebabkan hiperpigmentasi.  Hal tersebut terjadi akibat peningkatan kadar melanin. Nah, melanin merupakan pigmen yang bertanggung jawab atas warna kulit seseorang. Akibat bra yang tidak pas akan bergesekan dengan kulit yang dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan pada kulit.

Baca Juga: Peduli Kesehatan Payudara dengan Pakai Wireless Bra, Super Nyaman!

4. Pernapasan lebih baik saat tidur

6 Manfaat Tidur Tanpa Pakai Brapexels.com/cottonbro

Nyatanya tidur dengan menggunakan bra dapat membuat pernapasanmu  jadi lebih berat dan kurang nyaman. Jadi, lebih baik tidurlah tanpa menggunakan bra, agar kamu bisa bernapas lebih baik saat tidur.

Menurut sebuah penelitian, manusia mengalami kesulitan bernapas pada malam hari dibandingkan pada siang hari.  Hal ini karena ketika kamu berbaring di tempat tidur atau di sofa, saluran napas bagian atas menjadi sempit sehingga menyebabkan lebih sedikit udara yang masuk ke paru-paru. Saat kamu tidur dengan bra, otomatis tulang rusukmu tidak akan beroperasi dengan sesuai. Hal inilah yang menyebabkan masalah pernapasan dan penurunan asupan oksigen dalam tubuh.

Itulah sebabnya, kamu tidak disarankan untuk mengenakan pakaian ketat, termasuk bra saat beranjak tidur. Sehingga kamu bisa bernapas lebih lega.

5. Mencegah infeksi kulit

6 Manfaat Tidur Tanpa Pakai Braunsplash.com/zeroquattro Art

Selain membuat pernapasanmu jadi lebih baik, manfaat tidur tanpa bra juga dapat mencegah infeksi kulit, lho! Hal ini karena ada beberapa bahan tertentu dari bra yang dapat menyebabkan keluar keringat, apalagi saat musim panas.

Melansir dari laman Topofy, bahwa saat tidur menggunakan bra menyebabkan permukaan kulit menjadi hangat dan lembab, ini menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi jamur. Cara yang bagus untuk mencegah infeksi jamur adalah dengan membiarkan kulitmu bernapas dengan baik. Ketika kamu tidur dengan bra, kamu secara tidak langsung menutupi pori-pori dan mencegah sirkulasi aliran udara, sehingga dapat memicu timbulnya infeksi jamur. 

Makadari itu, lebih baik kamu melepaskan bra saat hendak tidur agar kulitmu tidak menjadi lembab. Sehingga kamu terhindar dari infeksi kulit akibat jamur maupun bakteri.

6. Mengurangi risiko penyumbatan limfatik

6 Manfaat Tidur Tanpa Pakai Braunsplash.com/Vladislav Muslakov

Seperti yang dibahas sebelumnya, bahwa ukuran bra ketat dan tidak pas dapat menekan kulitmu. Hal ini juga dapat mengganggu aliran getah bening dari kelenjar getah bening.

Melansir dari laman Firstcry Parenting, bahwa mengenakan bra saat tidur dapat merusak sistem limfatik. Hal tersebut dapat membatasi kelenjar getah bening yang ada di area payudara dan ketiak yang berfungsi untuk menyaring dan mengeluarkan limbah beracun dari tubuh dan merupakan pertahanan tubuh  terhadap benda asing atau infeksi. Drainase getah bening yang tidak lancar dapat berdampak negatif pada fungsi normal ginjal, hati, dan organ tubuh lainnya.

Itu sebabnya, sangat penting bagi kamu untuk melepas bra di malam hari saat tidur, untuk mengurangi risiko penyumbatan limfatik.

Sekarang kamu sudah tahu kan, manfaat tidur tanpa bra di malam hari. Atau kamu sudah merasakan manfaatnya dari dulu? Nah, penting juga bagi kamu nih, menghindari ukuran bra yang terlalu ketat, apalagi disertai kawat agar tidak menghambat sirkulasi darah. Lebih baik pilih ukuran bra yang sesuai dengan payudaramu. 

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya