Comscore Tracker

Hindari Makan Terlalu Cepat, Ini 6 Risikonya Bagi Kesehatan

Jangan sampai makan terlalu cepat bikin kamu tersedak!

Setiap orang memiliki durasi yang berbeda-beda dalam mengonsumsi makanan mereka. Ada yang menikmati makanan dengan perlahan, namun gak sedikit juga orang yang mengomsumsi makanan terlalu cepat. Memang ada berbagai hal yang menyebabkan seseorang mengonsumsi makanan mereka terlalu cepat, mungkin terburu-buru karena takut terlambat datang ke tempat kerja atau malah sudah menjadi kebiasaan sehari-hari.

Jika kamu salah satu orang yang memiliki kebiasaan makan terlalu cepat, lebih baik mulai sekarang hindari kebiasaan tersebut, ya! Tanpa disadari sebenarnya makan terlalu cepat dapat memengaruhi kesehatanmu, lho! Penasaran? Berikut ini dijelaskan tentang 6 risiko akibat makan terlalu cepat bagi kesehatan tubuh. 

1. Tersedak

Hindari Makan Terlalu Cepat, Ini 6 Risikonya Bagi Kesehatanilustrasi wanita tersedak (pexels.com/Edward Jenner)

Salah satu akibat umum yang disebabkan akibat makan terlalu cepat yaitu tersedak. Ini terjadi karena makanan yang kamu konsumsi belum dikunyah secara sempurna. Mungkin ini adalah hal umum yang pernah dirasakan hampir oleh semua orang, namun ini gak boleh kamu sepelekan begitu saja, lho! 

Makanan yang tersangkut di kerongkongan dapat menghambat pernapasan dan membuatmu batuk-batuk sehingga kesulitan saat bernapas. Oleh karena itu hindari makan terlalu cepat, ya!

2. Makan secara berlebihan

Hindari Makan Terlalu Cepat, Ini 6 Risikonya Bagi Kesehatanilustrasi wanita makan (unsplash.com/Jarritos Mexican Soda)

Dilansir Web MD, bahwa orang yang makan terlalu cepat mengakibatkan mereka terlalu banyak mengonsumsi kalori sebelum menyadari bahwa mereka sudah cukup makan. Sebenarnya diperlukan waktu sekitar 20 menit sejak kamu mulai mengonsumsi makan agar otak dapat mengirimkan sinyal kenyang ke tubuhmu.

Itulah mengapa makan terlalu cepat dapat memicu seseorang untuk makan secara berlebihan. Nah, terutama bagi kamu yang sedang dalam program diet atau ingin mengurangi berat badan lebih baik makanlah secara perlahan agar memberikan rasa kenyang dan dapat membatasi kadar kalori yang akan dikonsumsi.

3. Asam lambung naik

Hindari Makan Terlalu Cepat, Ini 6 Risikonya Bagi KesehatanIlustrasi Anggota Tubuh (Perut) (IDN Times/Mardya Shakti)

Asam lambung naik atau yang dikenal dengan istilah GERD umumnya terjadi jika kamu melewatkan jam makan, bukan? Namun,bukan itu saja penyebabnya, lho! Siapa sangka jika makan terlalu cepat juga dapat memicu asam lambung naik.

Dalam sebuah studi baru, para peneliti mengatakan bahwa orang yang makan terlalu cepat akan lebih mungkin menderita penyakit gastroesophageal reflux (GERD). GERD sendiri terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan dan menyebabkan gejala seperti nyeri dada dan perut mulas, dilansir laman Web MD.

Baca Juga: Sering Makan Terburu-buru? Ini 5 Manfaat Hebat Makan Secara Perlahan

4. Sistem perncernaan terganggu

Hindari Makan Terlalu Cepat, Ini 6 Risikonya Bagi Kesehatanilustrasi sakit perut (pexels.com/Sora Shimazaki)

Makan terlalu cepat tentu membuat makanan yang kamu kunyah tidak dilumat sampai halus di mulut. Makanan yang belum dikunyah sempurna akan membuat ususmu bekerja lebih keras untuk mencerna makanan menjadi lebih halus. Tentu ini akan memengaruhi sistem pencernaanmu juga, nih. Akhirnya usus tidak akan bekerja secara maksimal untuk menyerap nutrisi-nutrisi penting dalam makanan.

5. Obesitas

Hindari Makan Terlalu Cepat, Ini 6 Risikonya Bagi Kesehatanunsplash.com/Ehimetalor Akhere Unuabona

Selanjutnya, risiko yang ditimbulkan akibat makan terlalu cepat adalah obesitas. Tentu ini ada kaitannya dengan makan terlalu cepat yang menyebabkanmu makan secara berlebihan. Hal inilah yang dapat membuat berat badan naik secara signifikan jika kebiasaan ini terus dilakukan.

Healthline melansir bahwa makan terlalu cepat menjadi salah satu faktor yang memicu kelebihan berat badan dan obesitas. Dalam satu ulasan terbaru dari 23 penelitian, menemukan bahwa seseorang yang makan terlalu cepat kira-kira dua kali akan lebih mungkin mengalami obesitas, dibandingkan dengan orang yang makan secara perlahan.

6. Sindrom metabolik

Hindari Makan Terlalu Cepat, Ini 6 Risikonya Bagi Kesehatanpexels.com/cottonbro

Selain memicu obesitas, ternyata makan terlalu cepat dapat memicu resistensi insulin yang ada hubungannya dengan sindrom metabolik.

Dilansir Medical News Today, hasil studi yang dipresentasikan di American Heart Association’s Scientific Sessions pada tahun 2017 menunjukkan bahwa makan terlalu cepat dapat membahayakan kesehatan kardiometabolik secara serius.

Dr. Takayuki Yamaji, seorang ahli jantung di Universitas Hiroshima di Jepang yang menjadi penulis utama penelitian ini telah meneliti lebih dari 1.000 peserta selama periode 5 tahun. Studi ini berfokus pada hubungan antara kecepatan makan dan gangguan sindrom metabolik, faktor risiko kondisi kardiometabolik yang serius seperti penyakit jantung, diabetes, dan stroke, tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Nah, itulah tadi beberapa risiko yang diakibatkan makan terlalu cepat bagi kesehatan. Jadi lebih baik mulai sekarang makanlah secara perlahan sambil menikmati apa yang sedang kamu konsumsi. Hindari makan sambil menonton TV atau sambil mengerjakan sesuatu, ya! Hal itu juga menjadi salah satu penyebab kamu makan dengan tergesa-gesa. Jangan sampai hal yang terdengar sepele menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan.

Baca Juga: 5 Makna Dibalik Ajaran Makan untuk Hidup, Bukan Hidup untuk Makan

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya