Comscore Tracker

Ingin Diet Kamu Sukses? Maksimalkan dengan Makan 9 Buah Ini

Apakah buah favoritmu masuk ke dalam daftar?
Namanya juga diet, pola makan harus sangat diperhatikan dong! Banyak orang melakukan berbagai cara agar berat badannya turun. Mulai dari olahraga intens, mengurangi porsi makan, hingga konsumsi laksatif.
 
Sebetulnya ahli gizi lebih merekomendasikan pola makan seimbang dan olahraga rutin untuk menurunkan berat badan sekaligus mempertahankannya secara sehat. Nah, beberapa buah di bawah ini bisa membantu kamu meraih bobot tubuh ideal. Apa saja? Yuk, intip!
 

1. Apel

Ingin Diet Kamu Sukses? Maksimalkan dengan Makan 9 Buah Inipexels.com/Josh Hild

Hasil penelitian Universitas East Anglia, Inggris, dan Universitas Harvard, Amerika Serikat, menyebut bahwa makan satu buah apel per hari dapat mencegah kenaikan berat badan.

Sebanyak 124.086 partisipan mengonsumsi apel yang mengandung flavonoid tinggi. Temuannya, meski hanya sedikit mengonsumsi flavonoid, tapi itu tetap bisa membantu mempertahankan berat badan, bahkan bisa menurunkannya sedikit.

Selain itu, apel mengandung serat dan air yang tinggi. Kandungan nutrisi apel juga dikatakan mampu mengurangi risiko diabetes dan menyehatkan jantung. Apel dapat membantu kamu yang sedang diet mengendalikan nafsu makan dengan cara memberi efek kenyang lebih lama.

2. Semangka

Ingin Diet Kamu Sukses? Maksimalkan dengan Makan 9 Buah Inipexels.com/Adam Kontor

Studi yang dilakukan oleh Paris Descartes University, Prancis, mengemukakan bahwa semangka mengandung senyawa yang dapat menghilangkan lembak membandel di perut.

Semangka sebanyak 100 gram mengandung 0,3 gram serat. Kandungan serat ini bisa mendukung program diet kamu. Selain itu, semangka kaya akan air, vitamin, dan rendah kalori.

Untuk kesehatan tubuh, semangka bisa membantu mencegah dan mengatasi sariawan dan memiliki fungsi antioksidan.

Baca Juga: 10 Trik Diet yang Terlihat 'Menjanjikan' tapi Sebenarnya Berbahaya!

3. Pisang

Ingin Diet Kamu Sukses? Maksimalkan dengan Makan 9 Buah Inipexels.com/Kimona

Porsi 100 gram pisang mengandung 0,6 gram serat. Meskipun kandungan gula pada buah ini tergolong tinggi, tapi tak perlu khawatir karena kandungan gulanya tersebut mudah dicerna tubuh.

Selain itu, kandungan nutrisi pisang lainnya seperti kalium, vitamin C, dan vitamin B6 membuatnya baik untuk dikonsumsi setiap hari.

Menurut hasil penelitian diterbitkan dalam "Journal of American College of Nutrition" tahun 2015, vitamin C dalam pisang efektif dalam membantu proses pembakaran lemak.

4. Lemon

Ingin Diet Kamu Sukses? Maksimalkan dengan Makan 9 Buah Inipexels.com/Lisa Fotios

Ada sebuah hasil penelitian yang menyebutkan bahwa orang dewasa yang minum air lemon secara lemon secara rutin dapat membantu mendapatkan berat badan ideal.

Air lemon juga memiliki efek yang sama seperti air putih, yaitu untuk membantu perut lebih kenyang dan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga bisa menurunkan berat badan.

5. Jeruk bali

Ingin Diet Kamu Sukses? Maksimalkan dengan Makan 9 Buah Inipexels.com/cottonbro

Konsumsi jeruk bali tiga kali sehari bisa menjadi alternatif sehat untuk menemani program dietmu.

Para ilmuwan di America Nutrition and Medical Research Center menyebutkan bahwa jeruk bali mengandung senyawa unik yang dapat mengurangi kadar insulin untuk membantu penurunan berat badan.

Rendah kalori dan tinggi akan serat, makan jeruk bali akan membuatmu merasa kenyang lebih lama.

6. Alpukat

Ingin Diet Kamu Sukses? Maksimalkan dengan Makan 9 Buah Inipexels.com/Daria Shevtsova

Alpukat sering dijadikan menu wajib dalam diet. Ini bukan tanpa alasan. Sebanyak 100 gram alpukat mengandung 2,2 gram serat. Kalorinya berasal dari lemak. Namun, jangan takut, lemak pada alpukat merupakan jenis lemak yang sehat, sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama.

Hal ini diperkuat oleh temuan studi dalam "Nutrition Journal" tahun 2013, yang mengungkap bahwa alpukat bisa meningkatkan rasa kenyang, sehingga dapat mendukung program penyusutan berat badan.

Walaupun sehat, tapi hindari mengonsumsinya secara berlebihan. Alpukat tergolong tinggi kalori. Satu buah alpukat mengandung 182 kalori. Kalau konsumsinya berlebihan, berat badan malah bisa terancam naik.

7. Blueberry

Ingin Diet Kamu Sukses? Maksimalkan dengan Makan 9 Buah Inipexels.com/Pixabay

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di  "British Medical Journal" menemukan bahwa blueberry memiliki kandungan antioksidan, flavanol, antosianin, dan polimer flavonoid yang membantu mencegah kenaikan berat badan.

Satu cup blueberry mengandung 84 kalori dan 85 persen air. Kandungan serat yang sangat tinggi akan membuatmu kenyang lebih lama dan menghancurkan lemak dalam tubuh. Selain itu, blueberry juga bermanfaat untuk mencegah kerusakan kulit dan penuaan dini berkat vitamin C yang terkandung di dalamnya

8. Pir

Ingin Diet Kamu Sukses? Maksimalkan dengan Makan 9 Buah Inipexels.com/Tatiana

Selain rendah kalori dan kaya akan serat, sebuah studi dalam "British Medical Journal" mengatakan bahwa buah pir dapat mencegah kenaikan berat badan karena kaya akan polimer flavonoid.

Pir yang berukuran sedang mengandung 6 gram serat. Buah segar ini bisa kamu konsumsi langsung atau diolah menjadi jus. Pir juga bermanfaat untuk mencegah sembelit dan meredakan panas dalam, lho!

9. Nanas

Ingin Diet Kamu Sukses? Maksimalkan dengan Makan 9 Buah Inipexels.com/Aleksandar Pasaric

Menurut Harvard School of Public Health, nanas memiliki serat yang sangat baik untuk menormalkan kadar gula darah dan mengurangi nafsu makan, sehingga berat badan turun secara efektif.

Selain itu, terdapat enzim bromelain yang membantu metabolisme protein berfungsi juga sebagai agen antiperadangan.

Itulah tadi beberapa buah yang dapat menemani program dietmu. Meskipun demikian, jangan melupakan asupan gizi makanan lain agar kebutuhan nutrisi harianmu terpenuhi.
 
Ingat, penentu keberhasilan diet itu ada banyak. Usahakan untuk perbanyak minum air putih, kurangi konsumsi gula, batasi konsumsi makanan berminyak dan berkalori tinggi, istirahat cukup, kelola stres dengan baik, serta optimalkan dengan olahraga rutin setidaknya 30 menit per hari.
 
Kalau memerlukan bimbingan dalam program diet, lebih baik kamu langsung konsultasi dengan ahli gizi untuk menghindari defisiensi gizi sekaligus mencegah efek samping yang tidak diinginkan. Good luck!
 

Baca Juga: 5 Bahaya Menurunkan Berat Badan Secara Berlebihan

Vera Yunii Photo Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya