Comscore Tracker

Khusus Perempuan! 8 Makanan Ini Baik Banget untuk Kesehatanmu

Ladies, isi piring makanmu dengan makanan ini, yuk

Untuk menjaga kesehatan tubuh, ada berbagai cara pola hidup sehat yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah memperhatikan isi piring makan kita.

Khusus untuk para perempuan, nih, intip daftar makanan di bawah ini yang bisa membantumu menjaga kesehatanmu, agar daya tahan tubuh tetap pria dan terhindar dari bermacam penyakit.

1. Blueberry

Khusus Perempuan! 8 Makanan Ini Baik Banget untuk Kesehatanmuunsplash.com/andrew welch

Selain rasanya yang nikmat, blueberry merupakan buah yang mengandung antioksidan tinggi. Perlu diketahui, buah yang rasanya asam manis menyegarkan ini memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan perempuan, salah satunya untuk mencegah kanker serviks.

Studi dari Missouri University School of Medicine, Amerika Serikat (AS), yang diterbitkan di jurnal Pathology & Oncology Research tahun 2017 mempelajari tentang jaringan sel kanker manusia dalam laboratorium. Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa kombinasi ekstrak blueberry dan terapi radiasi dapat meningkatkan pengobatan kanker serviks secara efektif.

Disebutkan juga bahwa blueberry mengandung senyawa resveratrol, yaitu semacam radiosensitizer yang dianggap dapat menyembuhkan kanker serviks. Radiosensitizer sendiri berarti bahan kimia yang dapat membuat sel kanker cenderung merespons radiasi lebih baik.

Menurut Yujiang Fang, MD, PhD, penulis utama studi tersebut mengatakan bahwa selain resveratrol, blueberry juga mengandung flavonoid. Flavonoid adalah bahan kimia yang memiliki antioksidan, serta kemampuan antiinflamasi dan antibakteri.

2. Alpukat

Khusus Perempuan! 8 Makanan Ini Baik Banget untuk Kesehatanmuunsplash.com/Bethany Randall

Alpukat adalah salah satu buah yang banyak digemari di berbagai kalangan usia karena rasanya yang lezat, bernutrisi, serta mudah diolah. Manfaatnya bagi kesehatan, termasuk untuk perempuan, sudah tak diragukan lagi. Mulai dari menyehatkan kulit, rambut, bahkan baik untuk kesuburan karena kaya akan vitamin E.

Menurut sebuah riset yang dipresentasikan di pertemuan European Society of Human Reproduction and Embryology di Istanbul, Turki, tahun 2012, konsumsi alpukat dan salad dengan campuran minyak zaitun dapat membantu meningkatkan kesuburan perempuan. Ini berlaku khususnya bagi perempuan yang tengah menjalani program bayi tabung atau in-vitro fertilization (IVF).

Tim peneliti mengatakan bahwa lemak tak jenuh tunggal (banyak ditemukan dalam minyak zaitun, minyak biji bunga matahari, kacang-kacangan, dan biji-bijian) lebih baik baik ketimbang jenis lemak lainnya untuk calon ibu. Mereka yang asupan lemak tak jenuhnya paling banyak memiliki peluang kehamilan 3,4 kali lebih besar setelah IVF, ketimbang yang mengonsumsinya paling sedikit.

Baca Juga: Benarkah Vape Bisa Mengganggu Kesuburan Wanita? Ini 7 Fakta Medisnya

3. Brokoli

Khusus Perempuan! 8 Makanan Ini Baik Banget untuk Kesehatanmupexels.com/Ketut Subiyanto

Senyawa yang berasal dari brokoli dapat membantu mencegah atau mengobati kanker payudara dengan menargetkan sel induk kanker, sejumlah kecil sel yang memicu pertumbuhan tumor. Ini tertuang dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Michigan Comprehensive Cancer Center, AS.

Studi tersebut mengetes sulforaphane, komponen dalam brokoli dan kecambahnya, pada tikus dan kultur sel. Tim peneliti menemukan bahwa sulforaphane menargetkan dan membunuh sel induk kanker dan mencegah tumor baru untuk tumbuh. Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Clinical Cancer Research tahun 2010.

Namun, pastikan untuk tidak memasak brokoli dengan suhu tinggi, karena itu dapat merusak separuh kandungan asam folat dan gizi lainya yang dikandungnya. Kamu bisa mengolahnya dengan cara dikukus atau bisa dimakan mentah sebagai salad atau campuran smoothie.

4. Kacang-kacangan

Khusus Perempuan! 8 Makanan Ini Baik Banget untuk Kesehatanmupexels.com/Marta Branco

Kacang adalah salah satu jenis camilan yang banyak digemari. Tak cuma renyah dan gurih, kacang juga memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan kaum hawa.

Walaupun kandungan lemak dalam kacang-kacangan cukup tinggi, tetapi sebagian besar lemaknya merupakan jenis lemak tak jenuh yang mampu mengurangi kadar kolesterol.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal tahun 1998, konsumsi kacang-kacangan secara rutin berhubungan dengan penurunan risiko penyakit jantung koroner yang fatal dan infark miokard (serangan jantung) non fatal. Subjek penelitian adalah 86.016 perempuan usia 34-59 tahun tanpa penyakit jantung, stroke, atau kanker.

5. Yoghurt

Khusus Perempuan! 8 Makanan Ini Baik Banget untuk Kesehatanmupixabay.com/Aline Ponce

Yoghurt adalah salah satu produk olahan susu dari hasil proses fermentasi banyak digemari dan mudah didapat. Selain rasanya yang nikmat, yoghurt memiliki segudang manfaat kesehatan bagi perempuan.

Yoghurt mengandung probiotik yaitu bakteri Lactobacillus, yang mana bakteri tersebut juga ada dalam vagina. Nah, kandungan probiotiknya ini dapat menyeimbangkan jumlah bakteri baik dalam tubuh dan area vagina.

Menurut penelitian dalam Journal of Anti Microbial Chemotherapy tahun 2006, bakteri dalam yoghurt dapat menyeimbangkan pH vagina.

Kamu disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin untuk membantu meremajakan vagina dan mencegah timbulnya infeksi jamur.

6. Pepaya

Khusus Perempuan! 8 Makanan Ini Baik Banget untuk Kesehatanmuunsplash.com/Ilyuza Mingazova

Buah pepaya terkenal dengan manfaat yang baik untuk melancarkan pencernaan karena kaya akan vitamin, mineral, dan serat. Selain itu, pepaya juga mengandung likopen yang berfungsi sebagai zat efektif dalam mencegah penyebaran sel kanker.

Sebuah penelitian gabungan dalam Journal Ethnopharmacology tahun 2010 menemukan bahwa pepaya efektif sebagai agen antikanker seperti kanker rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru, dan kanker pankreas.

Selain buahnya, daun pepaya juga mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas. Dokter dan peneliti dari AS dan Jepang yang menggarap studi tersebut menyimpulkan bahwa daun pepaya memiliki memiliki sifat untuk melawan kanker atau tumor.

Tak hanya itu, daun pepaya juga dapat membantu meredakan nyeri atau kram menstruasi. Selain dikonsumsi sebagai sayur, kamu bisa meminum rebusan daun pepaya untuk mendapatkan manfaat tersebut.

7. Edamame

Khusus Perempuan! 8 Makanan Ini Baik Banget untuk Kesehatanmupexels.com/cottonbro

Berdasarkan sebuah penelitian dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 2004, salah satu kandungan isoflavon utama dalam edamame, yaitu genistein, dianggap memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, terutama kanker payudara.

Masih dari penelitian yang sama, konsumsi edamame secara rutin dapat meminimalkan gejala menopause seperti osteoporosis, hot flashes, mudah lelah, perubahan suasana hati, dan keringat berlebih.

Itulah tadi beberapa makanan yang bisa mendatangkan manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh perempuan. Ingat, tetap konsumsi dalam jumlah yang sewajarnya, ya, dan kombinasikan dengan makanan sehat lainnya. 

Yuk informasikan ini pada ibu, saudara, atau sahabat agar kita semua bisa menjaga kesehatan tubuh bersama. Optimalkan dengan olahraga rutin, tidur cukup, serta jauhi kebiasaan buruk seperti merokok, ya.

Baca Juga: Kecil tapi Bermanfaat, Edamame Punya 5 Khasiat Ini Lho buat Tubuh

Vera Yunii Photo Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya