Comscore Tracker

Selain Menyegarkan Tubuh, Ini 5 Manfaat Berenang bagi Kesehatan

Berenang sekaligus relaksasi dapat meredakan stres, lho!

Berbicara tentang berenang memang menjadi salah satu olahraga air yang sangat menyenangkan. Gak salah jika aktivitas berenang hampir diminati oleh berbagai kalangan usia.

Selain dapat menyegarkan tubuh, nyatanya berenang secara rutin juga memiliki manfaat bagi kesehatan, lho. Hal ini disebabkan karena hampir semua tubuhmu bergerak sekaligus melatih otot kaki, lengan dan bahumu. Apa saja sih manfaatnya? Langsung saja simak 5 manfaat berenang bagi kesehatan berikut ini.

1. Menambah tinggi badan

Selain Menyegarkan Tubuh, Ini 5 Manfaat Berenang bagi Kesehatanpexels.com/Juan Salamanca

Berenang juga dianggap memiliki manfaat untuk membantu menambah tinggi badan, lho! Terutama pada anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Hal ini dipicu oleh bekerjanya semua otot-otot tubuh yang terpakai saat berenang.

Terutama pada otot kaki, otot lengan dan dada. Ini adalah salah satu cara untuk menambah tinggi badan.

Namun bukan berarti berenang dapat membuat badan tinggi begitu saja, ya. Pastinya ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi tinggi badan seseorang seperti faktor genetik dan asupan nutrisi.

2. Menjaga kesehatan jantung dan paru-paru

Selain Menyegarkan Tubuh, Ini 5 Manfaat Berenang bagi Kesehatanpexels.com/Guduru Ajay bhargav

Selain mendapat latihan yang baik bagi ototmu. Ternyata manfaat lain berenang dapat meningkatkan sistem kardiovaskular.  Berenang dapat membuat jantung dan paru-parumu menjadi kuat. 

Dibandingkan dengan orang yang tidak aktif berenang, perenang memiliki sekitar setengah risiko kematian. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa berenang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengontrol gula darah, dilansir Healthline.

Baca Juga: 7 Tips Bagi Pemula Biar Cepat Mahir Berenang

3. Membantu membakar kalori

Selain Menyegarkan Tubuh, Ini 5 Manfaat Berenang bagi Kesehatanunsplash.com/Brian Matangelo

Saat kamu menggerakkan semua otot ketika berenang, tentunya kamu membutuhkan banyak energi dan secara langsung juga membakar banyak kalori. Semakin rutin kamu berlatih renang, akan semakin banyak kalori yang kamu bakar.

Berenang santai dapat membakar sekitar 220 kalori setiap 30 menit pada orang yang memiliki berat badan 155 pon atau setara 70 kilogram. Jumlah kalori yang terbakar juga bergantung pada seberapa terampil kamu dalam berenang, dilansir Insider.

4. Membantu meredakan stres

Selain Menyegarkan Tubuh, Ini 5 Manfaat Berenang bagi Kesehatanpexels.com/Andrea Piacquadio

Siapa sangka jika berenang juga termasuk dalam aktivitas yang dapat meredakan stres, lho. Hal ini berhubungan dengan peningkatan suasana hati saat berenang.

Dilansir Insider, jika kamu melakukan renang dengan teknik yang benar, maka gaya renang yang melibatkan pernapasan ritmis dapat memicu sistem saraf parasimpatis, bagian dari sistem saraf inilah yang bertanggung jawab untuk istirahat dan relaksasi.

Banyak orang merasakan tekanan air merilekskan "seperti pelukan," kata Lori Sherlock, profesor fisiologi olahraga di West Virginia University, yang mengkoordinasikan program terapi akuatik sekolah. Ia juga menambahkan bahwa air hangat juga sangat menenangkan.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Selain Menyegarkan Tubuh, Ini 5 Manfaat Berenang bagi Kesehatanpexels.com/Andrea Piacquadio

Manfaat berenang selanjutnya yaitu dapat meningkatkan kualitas tidur. Tentunya dapat membantu kamu yang memiliki masalah sulit tidur di malam hari. Hal ini karena saat berenang, kamu akan mengeluarkan beberapa hormon yang akan membuatmu lebih rileks dan segar.

Dilansir Medical News Today, bahwa sebuah penelitian tahun 2010, menunjukkan sekitar setengah dari populasi orang dewasa yang lebih tua melaporkan kesulitan tidur akibat insomnia. Nah, dalam hal ini berenang juga berperan dapat membantu mereka yang menginginkan tidur berkualitas.

 

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari berenang secara rutin. Namun, hal yang perlu kamu ingat sebelum berenang adalah melakukan peregangan terlebih dahulu.

Hal itu sangat penting untuk menghindari cedera di dalam air. Selain itu, agar badanmu sehat optimal kamu juga perlu memerhatikan asupan nutrisi sehari-hari, ya!

Baca Juga: 7 Saran untuk Pemula yang Baru Belajar Berenang, Jadi Cepat Mahir

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya