Comscore Tracker

Selain Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatan

Bikin kulitmu sehat dan tampak lebih muda #IDNTimesHealth

Buah naga merupakan salah satu buah yang memiliki nama unik karena buah ini memiliki kulit bersisik yang diibaratkan seperti naga. Selain namanya yang unik, buah naga juga menjadi buah yang cukup populer di Indonesia karena memiliki cita rasa yang lezat dan manis.

Di Indonesia, buah tersebut terkenal memiliki beberapa warna daging, yaitu putih, merah, dan bahkan kuning. Terlepas dari itu, semuanya memiliki manfaat dan nutrisi yang gak jauh beda, kok.

Kaya akan nutrisi, buah naga memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Bagi kamu yang belum tahu, ternyata ia bisa menjaga kesehatan kulit hingga mencegah kanker. Untuk lebih lengkapnya, yuk, simak tujuh manfaat buah naga bagi kesehatan berikut ini.

1. Mencegah risiko penyakit jantung

Selain Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatanilustrasi buah naga (pexels.com/Any Lane)

Memiliki rasa yang lezat dan kaya nutrisi membuat buah naga semakin lengkap dengan khasiatnya untuk mencegah risiko penyakit jantung, lho. Diketahui bahwa ia memiliki kandungan serat tinggi yang sangat baik bagi kesehatan organ tersebut.

Dilansir Food NDTV, penelitian yang dilakukan oleh University of Leeds mengatakan bahwa meningkatkan konsumsi makanan yang kaya serat dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koronerItulah kenapa, buah naga memiliki khasiat di aspek tersebut. 

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Selain Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatanilustrasi tangan memegang perut (pexels.com/Kindel Media)

Selain baik bagi kesehatan jantung, buah naga juga berperan penting dalam menjaga kesehatan pencernaan. Buah tersebut mengandung prebiotik yang dapat meningkatkan keseimbangan bakteri baik di dalam ususmu.

Healthline melansir bahwa prebiotik adalah jenis serat tertentu yang mendorong pertumbuhan bakteri baik pada pencernaan. Mengonsumsinya secara teratur dapat mengurangi terjadinya risiko infeksi pada saluran pencernaan dan diare.

Prebiotik juga bisa mengurangi jumlah bakteri jahat di pencernaan. Sementara itu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat prebiotik dalam buah naga untuk menentukan efek yang pasti dan spesifik pada usus manusia.

3. Mengontrol gula darah

Selain Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatanilustrasi tes diabetes (pixabay.com/TesaPhotography)

Buah naga juga dapat membantumu mengontrol kadar gula darah. Web MD melansir bahwa ini terjadi karena buah berwarna kulit merah itu dapat menggantikan sel-sel yang rusak di pankreas yang berfungsi membuat insulin, hormon inilah yang membantu tubuhmu memecah gula.

Akan tetapi, penelitian tersebut dilakukan pada tikus, bukan manusia. Jadi belum diketahui jelas seberapa banyak buah naga yang harus kamu makan untuk mendapatkan manfaat tersebut.

Baca Juga: 7 Ragam Nutrisi Buah Naga untuk Menyehatkan Buah Hati 

4. Mencegah penuaan dini

Selain Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatanilustrasi wajah berjerawat (pixabay.com/Kjerstin_Michaela)

Siapa sangka, buah naga juga bermanfaat menjaga kesehatan kulit, termasuk untuk mencegah jerawat, lho. Selain itu, mengonsumsinya juga dapat membantumu mencegah tanda-tanda penuaan dini.

Dilansir Everyday Health, mengonsumsi buah naga dapat membantu mengurangi bintik-bintik penuaan, kerutan, kulit kering, dan jerawat. Manfaat ini berasal dari vitamin C dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Sementara itu, vitamin dan mineral juga memiliki peran dalam memperbaiki kerusakan sel secara bertahap, sehingga menghasilkan penampilan kulit yang tampak lebih muda.

5. Mencegah kanker

Selain Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatanilustrasi sel (unsplash.com/National Cancer Institute)

Manfaat selanjutnya gak main-main. Buah yang memiliki tekstur lembut ini ternyata juga dapat membantumu untuk mencegah kanker. Hal ini berkaitan dengan antioksidan tinggi yang terkandung di dalamnya.

Selain itu, vitamin C di dalamnya juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah naga berwarna merah juga mengandung likopen, yaitu antioksidan kuat yang terbukti membantu mengurangi sel kanker dalam tubuh, seperti tertulis di laman Everyday Health.

Sementara itu, menurut beberapa laporan, ekstrak buah naga merah bisa berperan dalam pencegahan dan pengobatan kanker payudara. Namun, peneliti membutuhkan banyak studi lebih lanjut untuk memastikannya.

6. Meredakan peradangan sendi

Selain Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatanilustrasi buah naga (unsplash.com/Pontus Ohlsson)

Buah naga juga dapat membantu penderita rheumatoid arthritis. Ini merupakan gangguan inflamasi kronis yang dapat mempengaruhi sendi, termasuk area tangan dan kaki. Diketahui bahwa buah naga memiliki sifat antiinflamasi yang dapat berfungsi mengurangi peradangan pada kondisi tersebut.

Walaupun begitu, buah naga bukanlah obat untuk penyakit itu, ya. Dilansir Everyday Health, ia hanya bisa mengurangi sedikit gejala yang dirasakan penderita dan meredakan rasa sakit. Penderita tetap harus melakukan prosedur yang disarankan oleh dokter. 

7. Memperkuat kekebalan tubuh

Selain Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Buah Naga bagi Kesehatanilustrasi buah naga (unsplash.com/Samuel Holt)

Manfaat buah naga terakhir adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ini berkat kandungan antioksidannya yang tinggi sehingga dapat melindungi sel dan jaringan tubuh akibat kerusakan dari radikal bebas.

Dilansir Healthline, kandungan vitamin C, karotenoid, dan antioksidan di dalamnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan. 

Wah, ternyata banyak sekali manfaat dari buah naga ini. Untuk mendapatkan manfaatnya cukup mudah, kok. Kamu bisa makan potongan buah naga secara langsung. Kamu juga bisa mengolahnya menjadi jus, smoothie, atau membuat salad dengan menambahkan yoghurt di atasnya. 

Meski banyak manfaatnya, jangan mengonsumsinya secara berlebihan, terutama bagi kamu yang memiliki alergi terhadap buah ini. Segera konsultasi ke dokter jika terjadi gejala alergi setelah mengonsumsinya.

Baca Juga: Bukan Jeruk, Ini 4 Buah dengan Kandungan Vitamin C Tertinggi

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya