Comscore Tracker

Turunkan Risiko Diabetes, Ini 7 Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatan

Selain gurih, rumput laut juga kaya manfaat #IDNTimesHealth

Berbicara soal rumput laut tentu sangat melekat dengan salah satu makanan khas Jepang yaitu sushi. Selain itu, rumput laut juga biasanya digunakan menjadi bahan pembuatan agar-agar. Gak heran jika ia sering diolah ke dalam berbagai bahan makanan berkat rasanya yang lezat dan kaya nutrisi.

Perlu kamu tahu bahwa rumput laut memiliki berbagai jenis, seperti wakame, kombu dan nori. Salah satu jenis rumput laut paling populer yang sering kamu lihat pada sushi itu bernama nori.

Nutrisi lengkap dari rumput laut

Turunkan Risiko Diabetes, Ini 7 Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatanilustrasi nori (freepik.com/freepik)

Menurut studi dari Marine Drugs tahun 2018, rumput laut umumnya mengandung sejumlah nutrisi yang baik untuk tubuh. Berikut ini di antaranya:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Serat
  • Mineral
  • Asam lemak tak jenuh ganda

Sementara itu, sebuah studi tahun 2017 dari Journal of Applied Phycology menunjukkan bahwa berbagai jenis rumput laut mengandung nutrisi yang bermanfaat, termasuk:

  • Vitamin C
  • Vitamin B
  • Vitamin A
  • Vitamin E
  • Zat besi
  • Yodium

Rumput laut juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif dan mengurangi peradangan pada tingkat sel. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk, simak penjelasan tentang tujuh manfaat rumput laut bagi kesehatan berikut ini.

1. Menurunkan berat badan

Turunkan Risiko Diabetes, Ini 7 Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatanilustrasi ukuran pinggang (unsplash.com/Bill Oxford)

Siapa sangka jika rumput laut memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan. Ini terjadi berkat kandungan serat di dalamnya yang dapat membuat seseorang merasa lebih kenyang.

Menurut penelitian tahun 2018 di Marine Drugs, jumlah serat yang tinggi dalam makanan dapat menunda pengosongan perut. Dengan begitu, sinyal lapar pun tidak dikirimkan ke otak untuk waktu yang lebih lama. Hal ini membantu seseorang mencegah makan secara berlebihan.

2. Menjaga kesehatan usus

Turunkan Risiko Diabetes, Ini 7 Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatanilustrasi perut (pixabay.com/Alicia_Harper)

Perlu kamu ketahui bahwa bakteri di dalam usus berperan penting bagi kesehatan. Namun, jika bakteri baik dan jahat tidak seimbang, maka dapat menimbulkan penyakit. Kandungan serat di dalam rumput laut bisa menjadi salah satu solusinya.

Dilansir Healthline, serat mengambil sekitar 25-75 persen dari berat rumput laut kering. Ini lebih tinggi daripada kandungan serat di buah dan sayuran. Zat itulah yang dapat menjaga pencernaan dan menjadi sumber makanan bagi bakteri di usus besarmu.

Selain itu, di dalam rumput laut juga mengandung polisakarida sulfat. Kandungan ini terbukti meningkatkan pertumbuhan bakteri baik. Zat tersebut juga dapat meningkatkan produksi asam lemak rantai pendek yang memberikan dukungan dan nutrisi pada sel-sel yang melapisi usus.

3. Meningkatkan fungsi tiroid

Turunkan Risiko Diabetes, Ini 7 Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatanilustrasi rumput laut (pixabay.com/pixel2013)

Selanjutnya, rumput laut juga memiliki manfaat untuk meningkatkan fungsi tiroid di dalam tubuh. Hormon ini dikenal sangat berperan penting dalam tubuh karena berfungsi mengontrol proses pembakaran kalori dalam tubuh, pertumbuhan, dan perbaikan sel.

Menurut sebuah penelitian tahun 2014 dari Journal of Food and Drug Analysis, jenis rumput laut kombu menjadi sumber yodium terkaya. Selanjutnya, disusul oleh wakame dan nori. Bubuk rumput laut juga merupakan sumber yang signifikan.

Jangan sampai kamu kekurangan yodium, ini menjadi satu penyebab hipotiroidisme (tiroid kurang aktif) yang memicu perkembangan gondok dan gangguan memori. Agar hormon tiroid berfungsi dengan baik, dibutuhkan asupan yodium yang cukup yang bisa kamu dapatkan dari rumput laut.

Baca Juga: 6 Manfaat Nanas Ini Wajib Diketahui, Kandungan Nutrisinya Dahsyat!

4. Menjaga kesehatan tulang

Turunkan Risiko Diabetes, Ini 7 Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatanilustrasi rumput laut (pixabay.com/zuzyusa)

Manfaat rumput laut bagi kesehatan selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang. Ini berkat kandungan vitamin K dan kalsium di dalamnya.

Very Well Fit melansir bahwa rumput laut mengandung senyawa antioksidan yang disebut fucoidans. Kandungan ini terbukti dapat mencegah kerusakan tulang yang diakibatkan oleh radikal bebas. Selain itu, zat tersebut juga dapat melindungi osteoblas (sel yang bertanggung jawab untuk membangun tulang) terhadap apotosis atau kematian sel yang disebabkan oleh stres oksidatif. 

5. Mengurangi risiko diabetes

Turunkan Risiko Diabetes, Ini 7 Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatanilustrasi cek diabetes (pexels.com/PhotoMIX Company)

Gak hanya baik untuk kesehatan tulang, rumput laut juga memiliki manfaat untuk mengurangi risiko diabetes. Tak asing lagi di telinga kita, kondisi ini dikenal membuat tubuh seseorang tidak dapat menyeimbangkan kadar gula darah.

Dilansir Healthline, sebuah studi yang dilakukan selama delapan minggu pada 60 orang Jepang mengungkapkan bahwa fucoxanthin dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah. Ini merupakan zat penyusun yang terkandung di dalam rumput laut cokelat.

Selain itu, rumput laut juga mengandung zat yang disebut alginat. Ia terbukti mampu mencegah lonjakan gula darah pada hewan setelah mereka diberi makan makanan tinggi gula. Diperkirakan alginat dapat mengurangi penyerapan gula ke dalam aliran darah. 

6. Menjaga kesehatan jantung

Turunkan Risiko Diabetes, Ini 7 Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatanilustrasi jantung (unsplash.com/Jesse Orrico)

Manfaat rumput laut selanjutnya gak main-main. Makanan yang sering dipakai dalam kuliner Jepang ini  diketahui dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Healthline melansir bahwa dalam studi yang dilakukan pada tikus selama 8 minggu, rumput laut ditemukan dapat mengurangi kadar kolesterol di tubuh mereka.

Sementara itu, dalam satu penelitian pada hewan ditemukan bahwa fucan yang diekstraksi dari rumput laut mencegah pembekuan darah. Para peneliti juga mulai melihat peptida di dalamnya. Studi awal yang dilakukan pada hewan ini menunjukkan bahwa zat yang mirip protein ini dapat memblokir jalur yang meningkatkan tekanan darah di tubuhmu. Meski begitu, penelitian lebih lanjut untuk manusia skala besar masih diperlukan untuk mengonfirmasi hasil tersebut.

7. Mencegah kanker

Turunkan Risiko Diabetes, Ini 7 Manfaat Rumput Laut bagi Kesehatanilustrasi sushi (pexels.com/Son Tung Tran)

Menariknya, rumput laut juga disebut dapat mencegah kanker. Dilansir WebMD, makanan tersebut mampu membantu menurunkan kadar estrogen yang dapat mengurangi risiko kanker payudara. Ini merupakan kabar yang baik. Namun diperlukan lebih banyak penelitian lagi tentangnya.

Rumput laut memang sangat baik bagi kesehatan. Meski begitu, jangan mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan karena bisa menyebabkan terlalu tingginya kadar yodium dalam tubuh. Hal ini dapat memperburuk gejala hipertiroidisme.

Jadi, tetap imbangi menu makananmu dengan pola makan yang sehat dan bergizi. Jangan lupa olahraga yang rutin agar kesehatanmu lebih optimal.

Baca Juga: 10 Manfaat Minum Air Putih Saat Perut Kosong, Bisa Dukung Imun!

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya