Comscore Tracker

Mudah Lapar? 12 Makanan Ini Bikin Kamu Kenyang Lebih Lama

Cocok bagi kamu yang lagi diet, nih

Pernah gak kamu merasa lapar meski baru saja makan? Jika iya, tentu ada hal yang perlu diperbaiki. Biasanya ini terjadi karena faktor makanan yang kamu konsumsi sehingga mudah menyebabkan rasa lapar dan mendorongmu untuk makan secara berlebihan. T

entu hal ini gak baik jika dibiarkan terus menerus, yang ada kondisi ini malah akan membuatmu beralih pada cemilan yang gak sehat dan memicu kenaikan berat badan yang signifikan, lho!

Perlu kamu ketahui, ada beberapa nutrisi dalam makanan yang berkaitan dalam memberi efek mengenyangkan. Biasanya makanan yang mengandung protein tinggi dan kaya serat dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Berikut ini, ada dua belas makanan yang bikin kamu kenyang lebih lama.

1. Telur

Mudah Lapar? 12 Makanan Ini Bikin Kamu Kenyang Lebih Lamailustrasi telur rebus (pexels.com/Krisztina Papp)

Telur menjadi salah satu makanan yang paling sering dikonsumsi oleh banyak orang. Diketahui bahwa telur mengandung protein tinggi sehingga membuatmu merasa kenyang lebih lama, lho!

Dalam sebuah penelitian dari University of Missouri di Columbia, sarapan dengan kandungan 300 kalori yang terdiri dari 30 hingga 39 gram protein (telur dan sosis) dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang selama waktu antara sarapan hingga makan siang. Penelitian juga mengungkapkan bahwa seseorang yang sarapan dengan makanan berprotein tinggi akan makan lebih sedikit kalori sepanjang hari, dilansir laman Food NDTV.

2. Ikan salmon

Mudah Lapar? 12 Makanan Ini Bikin Kamu Kenyang Lebih Lamailustrasi ikan salmon (pexels.com/Krisztina Papp)

Makanan yang juga masuk dalam daftar makanan mengenyangkan adalah ikan salmon. Hal ini karena ikan salmon  memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu, ikan salmon juga kaya akan lemak omega-3 yang merupakan lemak esensial.

Rima Kleiner, MS, RD, sekaligus blogger hidangan ikan, mengatakan bahwa ikan kaya akan protein dan asam lemak omega-3, seperti salmon dan ikan lainnya dapat meningkatkan rasa kenyang dan memberikan asupan nutrisi.

https://www.eatthis.com/best-dinner-foods-that-keep-you-full/

Sementara itu, penelitian terbaru menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu orang yang kelebihan berat badan atau obesitas merasa lebih kenyang, dilansir laman Eat This.

3. Alpukat

Mudah Lapar? 12 Makanan Ini Bikin Kamu Kenyang Lebih Lamailustrasi alpukat (pexels.com/Daria Shevtsova)

Siapa yang gak kenal dengan buah kaya manfaat yang satu ini? Buah alpukat memang populer dengan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain rasanya yang lezat, alpukat juga bisa membuatmu kenyang lebih lama. 

Martha Lawder, RDN, presiden California Academy of Nutrition and Dietetics, yang berbasis di Roseville, California menjelaskan bahwa kandungan asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda dalam alpukat telah dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik dan dapat meningkatkan tingkat kekenyangan secara signifikan. Selain itu, serat juga berkaitan dalam memberi efek rasa kenyang.

Baca Juga: Bisa Jadi Menu Diet Sehat, Ini 5 Manfaat Oatmeal untuk Kesehatan!

4. Apel

Mudah Lapar? 12 Makanan Ini Bikin Kamu Kenyang Lebih Lamailustrasi memegang apel (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Selain alpukat, buah apel juga memberikan rasa kenyang lebih lama. Apel dikenal memiliki kandungan serat yang baik serta cocok bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan.

Christen Smith, RDN, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics dan ahli diet terdaftar untuk Piedmont Healthcare yang berbasis di Atlanta mengatakan bahwa apel mengandung serat tinggi tetapi rendah kalori dan baik bagi yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, serat juga membantu memperlambat pencernaan dan membuatmu merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Agar mendapat rasa kenyang dan asupan serat yang optimal lebih baik, kamu juga bisa mengonsumsi kulitnya, dilansir laman Everyday Health.

Sebelum makan buah apel beserta kulitnya, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dulu dengan air mengalir agar terhindar dari kuman dan kotoran yang menempel pada kulitnya.

5. Oatmeal

Mudah Lapar? 12 Makanan Ini Bikin Kamu Kenyang Lebih Lamailustrasi oatmeal (unsplash.com/Jennifer Pallian)

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Agustus, tahun 2015 di Journal of American College of Nutrition menunjukkan bahwa jika dibandingkan dengan sereal, oatmeal dapat menekan nafsu makan berkat serat beta-glukan yang merangsang rasa kenyang, dilansir laman Everyday Health.

Perlu kamu ketahui bahwa oatmeal memiliki rasa yang hambar. Jadi agar rasanya lebih lezat kamu bisa menambahkan susu, buah atau yogurt.

6. Kacang-kacangan

Mudah Lapar? 12 Makanan Ini Bikin Kamu Kenyang Lebih Lamailustrasi kacang-kacangan (pexels.com/Vie Studio)

Bagi kamu yang mudah merasa lapar dan gak memiliki alergi dengan kacang, kamu bisa menambahkan kacang-kacangan dalam menu makanan agar memberi efek yang mengenyangkan.

Huffpost melansir bahwa jenis kacang-kacangan seperti buncis, lentil dan kacang polong adalah makanan kaya akan protein yang mengandung serat, antioksidan, vitamin B dan zat besi.  Mengonsumsi kacang juga dapat membantumu mengendalikan nafsu makan. Dalam sebuah meta-analisis yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Obesity menemukan bahwa  31 persen lebih orang merasa puas setelah makan ketika menambahkan kacang-kacangan dalam menu makanan mereka.

7. Daging rendah lemak

Mudah Lapar? 12 Makanan Ini Bikin Kamu Kenyang Lebih Lamailustrasi daging sapi (pexels.com/Lukas)

Kaya akan protein membuat daging menjadi salah satu makanan tepat untuk membantumu kenyang lebih lama. Daging yang bisa kamu pilih disini adalah daging rendah lemak, misalnya daging sapi.

Healthline melansir bahwa daging sapi memiliki efek yang kuat untuk menimbulkan rasa kenyang. Mendapat skor 176 pada indeks kenyang, yang merupakan makanan kaya protein tertinggi kedua setelah ikan. Dengan meningkatkan asupan yang kaya protein seperti daging adalah salah satu cara mudah untuk membantumu mengatur nafsu makan.

8. Kentang rebus

Mudah Lapar? 12 Makanan Ini Bikin Kamu Kenyang Lebih Lamailustrasi kentang rebus (pexels.com/Mateusz Feliksik)

Kentang rebus juga menjadi makanan yang membantumu mengontrol nafsu makan karena memberi efek kenyang lebih lama.

Shannon Henry, RD dari EZCare Clinic, menjelaskan bahwa kentang rebus adalah sumber yang baik dari beberapa vitamin dan mineral, termasuk vitamin C dan potasium, jika dibandingkan dengan makanan tinggi karbohidrat lainnya. Kentang sangat menambah rasa kenyang, dilansir laman Eat This.

9. Cokelat hitam

Mudah Lapar? 12 Makanan Ini Bikin Kamu Kenyang Lebih Lamailustrasi cokelat hitam (pexels.com/Pixabay)

Cokelat sering dikaitkan menjadi makanan pemicu kegemukan. Namun, gak semua jenis cokelat seperti itu. Cokelat hitam bisa jadi pilihan untuk  membuatmu kenyang lebih lama. Menurut penelitian cokelat hitam lebih bergizi dibandingkan dengan cokelat jenis lainnya karena cokelat hitam rendah gula.

Menurut sebuah penelitian di jurnal Nutrition & Diabetes menunjukkan  bahwa cokelat hitam dapat membantu mengurangi tekanan darah dan melindungi jantung dan otak. Cokelat hitam juga lebih mengenyangkan daripada cokelat susu dan dapat membantu mengontrol keinginan untuk mengonsumsi makanan manis dan asin. Faktanya, peserta  mengonsumsi 17 persen lebih sedikit kalori saat makan setelah mengonsumsi cokelat hitam, dilansir laman Huffpost.

10. Greek yogurt

Mudah Lapar? 12 Makanan Ini Bikin Kamu Kenyang Lebih Lamailustrasi greek yogurt (unsplash.com/Jainath Ponnala)

Jika kamu terbiasa makan yogurt biasa, kali ini kamu bisa mencoba greek yogurt sebagai pilihan untuk mengontrol nafsu makan yang berlebih. Untuk tekstur greek yogurt sendiri lebih kental dibandingkan dengan yogurt biasa. Kandungan greek yogurt biasanya juga mengandung protein lebih tinggi.

Healthline melansir dalam sebuah studi tahun 2013, wanita yang mengonsumsi camilan yogurt 160 kalori yang rendah, sedang, atau tinggi protein. Hasilnya, mereka yang makan greek yogurt berprotein tinggi merasa kenyang lebih lama, rasa lapar mereka pun berkurang dan makan lebih malam.

11. Sayuran

Mudah Lapar? 12 Makanan Ini Bikin Kamu Kenyang Lebih Lamailustrasi salad (pexels.com/Chan Walrus)

Banyak yang sudah mengetahui bahwa sayuran memiliki kandungan yang penuh gizi. Sayuran kaya akan vitamin dan mineral membuatnya menjadi pilihan yang sehat untuk membuatmu kenyang lebih lama.

Healthline melansir bahwa sayuran merupakan makanan bervolume tinggi dan rendah kalori. Sayuran mengandung serat dan air sehingga menambah jumlah makanan dan membantumu merasa lebih kenyang. Dalam sebuah studi bahwa makan salad sebelum makan pasta dapat mengurangi asupan kalori secara keseluruhan dibandingkan dengan makan pasta saja.

12. Sup kaldu

Mudah Lapar? 12 Makanan Ini Bikin Kamu Kenyang Lebih Lamailustrasi sup kaldu (pexels.com/jenvit keiwalinsarid)

Bukan hanya makanan dalam bentuk padat saja yang bisa kamu jadikan pilihan untuk penunda lapar. Penelitian juga menunjukkan bahwa asupan sup kaldu juga bisa membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Dalam sebuah penelitian di Penn State, seseorang yang menyeruput semangkuk sup rendah kalori sebelum makan siang  dapat mengurangi total asupan kalori saat makan sebesar 20 persen. Beth Saltz, RD, pemilik nutritionskitchen.com mengatakan bahwa sup dapat menekan selera makan karena kamu telah mengonsumsi banyak cairan. Namun, tetap dengan kalori yang sangat rendah.

Ternyata banyak jenis makanan sehat yang mengenyangkan, bukan? Namun, tetap batasi asupannya dalam batas wajar. Meski mengenyangkan lebih lama, jangan mengonsumsinya secara berlebihan. Selain itu, jangan lupa mengunyah makan secara perlahan agar makanan terlumat secara sempurna sehingga melancarkan proses pencernaan.

Baca Juga: 5 Sajian Sehat dan Lezat Berbahan Brokoli, Bisa untuk Menu Diet!

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna

Berita Terkini Lainnya