Comscore Tracker

Susah Tidur Meski Badan Capai? Ini 5 Penyebabnya

Hindari mengonsumsi kafein sebelum tidur, ya!

Pada umumnya ketika badan terasa capek setelah melakukan aktivitas seharian, itu akan membuatmu lebih mudah untuk tertidur di malam hari. Hal ini karena tubuhmu membutuhkan waktu istirahat dan relaks sejenak. Namun, pernahkah kamu mengalami susah tidur padahal tubuhmu terasa begitu capek? 

Hal ini mungkin terdengar sedikit aneh, tapi nyatanya dalam beberapa kondisi, hal ini bisa saja terjadi pada seseorang, lho! Beberapa faktor seperti stres atau gangguan kecemasan juga bisa membuatmu sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Selain itu, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab kamu susah tidur dalam kondisi capek. Apa saja? Berikut ini penjelasan tentang 5 penyebab susah tidur meski badan terasa capek.

1. Depresi

Susah Tidur Meski Badan Capai? Ini 5 Penyebabnyailustrasi pria stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Salah satu kemungkinan penyebab susah tidur walaupun badanmu dalam kondisi capek yaitu karena gangguan kecemasan. Gak bisa dipungkiri, jika depresi dapat memicu timbulnya perasaan sedih dan gelisah yang dapat menganggu kualitas tidurmu.

Dilansir Healthline berdasarkan sebuah ulasan yang terbit pada tahun 2019, bahwa hingga 90 persen orang yang didiagnosa mengalami depresi mengeluh tentang kualitas tidur mereka. Adapun gangguan tidur lainnya seperti insomnia, narkolepsi, gangguan pernapasan saat tidur, dan sindrom kaki gelisah juga dilaporkan.

Adanya hubungan antara masalah tidur dan depresi ini diketahui mengganggu ritme sirkadian, yaitu jam internal yang mengatur proses penting dalam tubuh seperti mengatur waktu bangun dan tidur.

2. Kafein

Susah Tidur Meski Badan Capai? Ini 5 Penyebabnyailustrasi minum kopi (pexels.com/SHVETS production)

Siapa nih yang suka minum kopi sebelum tidur? Perlu kamu ketahui bahwa minum kopi sebelum tidur dapat membuatmu susah tidur meskipun badanmu sedang capek, nih.

Dalam sebuah studi pada tahun 2013, melaporkan bahwa jika kamu mengonsumsi 400 mg kafein dalam  6 jam atau kurang sebelum tidur akan memiliki efek yang signifikan pada gangguan tidur.

Seorang pakar tidur W. Christopher Winter, MD, yang menulis "Solusi Tidur : Mengapa Tidur Anda Rusak dan Cara Memperbaikinya", merekomendasikan agar mengurangi mengonsumsi kafein dalam 4-6 jam sebelum tidur, dilansir laman Healthline.

3. Alkohol

Susah Tidur Meski Badan Capai? Ini 5 Penyebabnyailustrasi minum alkohol (unsplash.com/Scott Warman)

Selain kafein, ternyata mengonsumsi alkohol berlebihan sebelum tidur juga bisa jadi penyebab susah tidur meski badan terasa capek, lho!

Very Well Mind melansir bahwa efek samping dari alkohol adalah relaksasi, mungkin saja kamu akan segera tertidur setelah minum alkohol. Namun alkohol diketahui dapat mengganggu siklus tidurmu, terutama tidur REM yang mencakup mimpi.

Alhasil tidur pun jadi terganggu dan tentu kamu tidak mendapatkan istirahat culup. Selain itu, kamu  mungkin saja akan terbangun karena ingin buang air pada malam hari. Hal ini tentu sjaa akan mempengaruhi kualitas tidurmu.

Baca Juga: 5 Tips Jitu untuk Mengatasi Masalah Sulit Tidur pada Lansia

4. Penggunaan alat elektronik

Susah Tidur Meski Badan Capai? Ini 5 Penyebabnyailustrasi memegang ponsel (pexels.com/mikoto.raw)

Gak bisa dipungkiri jika smartphone atau televisi adalah barang yang sering digunakan dan menjadi sebelum tidur, bukan? Nah, hal yang satu ini bisa jadi menjadi penyebab yang paling umum dilakukan oleh banyak orang sehingga menyebabkan sudah tidur meski dalam kondisi  capek.

Perlu diketahui bahwa cahaya biru yang dipancarkan oleh smartphone, televisi dan laptop dapat menekan produksi melatonin malam hari dan mengurangi rasa kantuk.

Pakar tidur W. Christopher Winter, MD, merekomendasikan agar sebaiknya kamu  menghindari penggunaan perangkat apa pun 2 jam sebelum tidur, dilansir laman Healthline.

Adapun para peneliti dari University of California dan King's College London mengatakan bahwa alat-alat elektronik seperti ponsel dan komputer tablet bila digunakan dekat waktu tidur dapat menganggu pola tidur.

Seperti studi sebelumnya bahwa pola tidur yang buruk dapat menyebabkan diabetes, obesitas hingga depresi.

5. Tidur siang berlebihan

Susah Tidur Meski Badan Capai? Ini 5 Penyebabnyailustrasi wanita tidur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bagi kamu yang sering mendapatkan waktu untuk tidur siang, tentu terkadang merasakan sedikit sulit untuk tidur di malam hari, bukan?

Sebenarnya tidur siang memiliki segudang manfaat dan sangat baik untuk dilakukan. Namun jika kamu tidur siang dalam durasi yang berlebihan, hal ini mungkin dapat membuatmu susah tidur di malam hari.

Christopher Winter juga merekomendasikan untuk tidur siang selama 20-30 menit, dan tidur siang pada waktu yang sama setiap hari agar  tubuhmu dapat mengantisipasinya, dilansir laman Healtline.

Nah, itu tadi beberapa penyebab yang mungkin saja membuatmu susah untuk memejamkan mata dimalam hari. Kondisi badan yang capek, ditambah dengan susah tidur tentu tidak menyenangkan bukan?

Untuk mengatasi hal tersebut kamu perlu memperbaiki pola tidur, buat lingkungan tidur yang nyaman dan hindari penggunaan alat elektronik sebelum tidur. Dengan cara tersebut otomatis kamu pun lebih mudah tertidur, apalagi dalam kondisi tubuh yang capek.

Baca Juga: 5 Alasan Medis Kamu Sulit Tidur di Malam Hari, Segera Atasi!

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya