Comscore Tracker

Cara Membersihkan Kosmetik dan Peralatannya dengan Benar, Bebas Kuman!

Kalau kondisinya kotor berisiko untuk kesehatan, lho

Sama halnya seperti kulit dan rambut, alat kosmetik yang biasa kita pakai juga harus dibersihkan secara rutin. Kuman dan bakteri bisa dengan mudah hinggap dan berkembang biak di peralatan kosmetik yang biasa kita pakai, lho.

Selain terhindar dari kuman, membersihkan alat kosmetik secara berkala bisa memaksimalkan kinerja riasan di kulit secara efektif. Bagaimana cara membersihkan setiap produk kosmetik dengan benar? Ayo simak penjelasannya di bawah ini.

1. Lipstik 

Cara Membersihkan Kosmetik dan Peralatannya dengan Benar, Bebas Kuman!pexels.com/Valeria Boltneva

Melansir Byrdie, saat membersihkan lipstik, kamu dianjurkan untuk menyemprotnya dengan alkohol isopropil atau alkohol gosok. Setelah disemprot, seka lipstik hingga bersih. Selain lipstik, alkohol ini juga bisa digunakan untuk membersihkan alas bedak atau foundation.

2. Penjepit bulu mata

Cara Membersihkan Kosmetik dan Peralatannya dengan Benar, Bebas Kuman!freepik.com/lookstudio

Untuk membersihkan penjepit bulu mata, kamu juga bisa menggunakan alkohol isopropil atau alkohol gosok. Cukup bersihkan residu dengan kapas dan sedikit alkohol. Biarkan sampai benar-benar kering kira-kira 24 jam sebelum menggunakannya lagi.

Baca Juga: 7 Risiko Kesehatan akibat Malas Membersihkan Makeup

3. Maskara

Cara Membersihkan Kosmetik dan Peralatannya dengan Benar, Bebas Kuman!pexels.com/Breakingpic

Sebetulnya maskara lebih disarankan untuk dibuang daripada dibersihkan, melansir Byrdie. Area mata yang sangat halus sebaiknya dicegah dari semua jenis infeksi, misalnya mata merah atau reaksi dari bahan-bahan kedaluwarsa yang bisa menyebabkan mata gatal, kemerahan, hingga bengkak.

4. Bedak

Cara Membersihkan Kosmetik dan Peralatannya dengan Benar, Bebas Kuman!pexels.com/Dids

Bedak harus ditangani dengan hati-hati setiap kali dibersihkan. Caranya adalah dengan membersihkan lapisan atas bedak, kemudian semprotkan dengan sedikit alkohol. Lalu, biarkan hingga kering sepenuhnya.

5. Produk liquid atau krim

Cara Membersihkan Kosmetik dan Peralatannya dengan Benar, Bebas Kuman!pexels.com/Natalia Hawthorne

Gunakan kapas dan alkohol gosok untuk membersihkan botol. Tak hanya itu, untuk menjaga kebersihan produk liquid atau krim, jangan pernah mencelupkan jari hingga menyentuh cairan atau krim di dalam kemasan.

Walau tangan terlihat bersih, tetapi jari yang tercelup produk menyebabkan kuman menyebar dan merusak kandungan produk di dalam botol. Mulai sekarang gunakan aplikator saat mengaplikasikannya untuk mencegah produk dari kuman, minyak, dan kotoran.

6. Kuas rias atau brush

Cara Membersihkan Kosmetik dan Peralatannya dengan Benar, Bebas Kuman!Pexels/Ray Piedra

Taburkan sedikit alkohol gosok pada bulu dan tangkai kuas. Kemudian, bersihkan dan keringkan menggunakan kapas dengan lembut. Kuas juga bisa dibersihkan dengan pembersih kuas dengan bahan dasar alkohol atau mild shampoo.

7. Pensil alis atau pensil eyeliner beserta rautannya

Cara Membersihkan Kosmetik dan Peralatannya dengan Benar, Bebas Kuman!unsplash.com/Pesce Huang

Rendam sharpener atau rautan dalam mangkuk berisi alkohol gosok selama 5 menit dan seka dengan kapas kering. Untuk pensil, cukup semprotkan alkohol dan seka dengan kapas kering dan bersih.

Itulah beberapa cara untuk membersihkan kosmetik dan peralatannya agar tetap bersih dan steril, serta membuatnya dapat bekerja dengan maksimal dalam merias wajah. Yuk, bersihkan secara rutin!

Baca Juga: 7 Manfaat Kesehatan yang Didapat jika Rutin Membersihkan Brush Makeup

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ Follow my Instagram: everynnd დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya