Comscore Tracker

6 Manfaat Kesehatan Teh Kunyit, Pas untuk Diminum sebelum Tidur

Enak jadi jamu, enak pula dibuat teh!

Siapa yang tidak tahu kunyit? Ya, kunyit biasa kita temui pada makanan sebagai rempah. Tak cuma untuk bumbu masak, kunyit juga sering diandalkan sebagai obat herbal yang kaya akan antioksidan.

Selain umum dijumpai dalam bentuk jamu, kunyit juga bisa dikonsumsi sebagai teh. Umumnya, cara membuatnya adalah dengan mencampurkan teh kamomil, 2 sendok teh bubuk kunyit, dan 1 sendok teh madu.

Memiliki rasa yang unik, teh kunyit ternyata juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Apa sajakah itu? Yuk, kita simak!

1. Meredakan gejala artritis

6 Manfaat Kesehatan Teh Kunyit, Pas untuk Diminum sebelum Tidurfreepik.com/wayhomestudio

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal SpringerPlus tahun 2013, senyawa aktif dalam kunyit yang disebut kurkumin mampu mengurangi rasa sakit pada pasien osteoartritis, salah satu jenis artritis.

Sifat antiinflamasi yang kuat dari teh kunyit dapat membantu meredakan peradangan dan pembengkakan pada orang dengan artritis.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

6 Manfaat Kesehatan Teh Kunyit, Pas untuk Diminum sebelum Tidurpexels.com/Ksenia Chernaya

Khasiat kunyit lainnya adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bahkan pada orang yang memiliki gangguan kekebalan.

Berdasarkan sebuah laporan penelitian berjudul "'Spicing up' of the immune system by curcumin" yang dimuat dalam Journal of Clinical Immunology 2007, kunyit dapat memoderasi sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: Yuk Konsumsi Jamu Kunyit Asam, Minuman Tradisional Tinggi Antioksidan

3. Menurunkan kolesterol 

6 Manfaat Kesehatan Teh Kunyit, Pas untuk Diminum sebelum Tidurpexels.com/Tirachard Kumtanom

Masih bersumber dari jurnal yang sama, dosis rendah kurkumin berkaitan dengan penurunan low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat dan kadar kolesterol total.

Pengurangan LDL ini tentu berdampak baik bagi tubuh, yaitu dapat menurunkan risiko beberapa penyakit serius, seperti penyakit jantung dan stroke.

4. Dapat membantu mencegah kanker

6 Manfaat Kesehatan Teh Kunyit, Pas untuk Diminum sebelum Tidurfreepik.com/azerbaijan_stockers

Merujuk pada sebuah laporan berjudul “Curcumin and Cancer” yang dimuat dalam jurnal Nutrients tahun 2019, disebutkan bahwa kurkumin dapat membantu meningkatkan fungsi sel yang sehat dan dapat mengurangi penyebaran sel kanker.

Tak hanya itu, kunyit juga dapat membantu membangun kekebalan pada pasien kanker yang sedang menjalani pengobatan. Ini tertuang dalam laporan berjudul "Curcumin and tumor immune-editing: resurrecting the immune system" dalam jurnal Cell Division tahun 2015.

5. Membantu mempertahankan remisi kolitis ulseratif

6 Manfaat Kesehatan Teh Kunyit, Pas untuk Diminum sebelum TidurIlustrasi seorang perempuan minum teh kunyit. pexels.com/Andrea Piacquadio

Kunyit dapat membantu menjaga imunitas tubuh tetap prima sekaligus mengurangi inflamasi. Ini adalah kabar baik untuk orang-orang dengan kolitis ulseratif. Kolitis ulseratif adalah peradangan pada usus besar dan bagian akhir usus besar yang tersambung ke anus (rektum).

Sebuah penelitian dalam The American Journal of the Medical Science tahun 2018, mengindikasikan bahwa kurkumin yang dikombinasikan dengan pengobatan melamin membantu memperbaiki gejala kolitis ulseratif.

6. Membantu mencegah kerusakan dan kondisi hati

6 Manfaat Kesehatan Teh Kunyit, Pas untuk Diminum sebelum Tidurfreepik.com/ededchechine

Hati adalah salah satu organ terbesar di tubuh dan memiliki banyak fungsi metabolisme penting. Menurut laporan dalam jurnal BMC Complementary Medicine and Therapies tahun 2016, kurkumin dapat meningkatkan empedu yang dibutuhkan untuk perncernaan. 

Hal tersebut juga menandakan bahwa teh kunyit mampu melindungi sel hati dari kerusakan dan membuatnya tetap sehat.

Setelah membaca berbagai manfaat kesehatan teh kunyit yang dipaparkan di atas tadi, apakah kamu tertarik untuk mengonsumsinya secara rutin untuk menjaga kesehatanmu? Sebagai tips, kamu bisa meminum teh kunyit hangat sebelum tidur.

Baca Juga: 7 Khasiat Minum Teh Setiap Hari, Cegah Kanker dan Diabetes

Ninda F Photo Verified Writer Ninda F

დ IG: every__nnd დ

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya