Comscore Tracker

Tertarik Memulai Yoga? Cek 6 Tips Aman Buat Pemula Ini

Sepintas mudah, jangan disepelekan ya

Belakangan ini, yoga menjadi salah satu pilihan olahraga untuk melatih fisik, mental dan spiritual. Hal ini bisa dilihat salah satunya dari unggahan foto para seleb yang lagi mengikuti kelas yoga. Gak heran semakin lama semakin banyak peminat olahraga ini. Apakah kamu salah satunya? Biar gak salah, cek dulu beberapa tips untuk pemula ini.

1. Cari info sebanyak-banyaknya

Tertarik Memulai Yoga? Cek 6 Tips Aman Buat Pemula IniUnsplash.com/bruce mars

Hal ini penting dilakukan supaya bisa menghindari kesalahan- kesalahan dalam beryoga. Selain mencari di internet, kamu juga bisa bertanya sama instruktur yang lebih expert. Biasanya mereka akan membagikan pengalaman saat yoga, manfaat apa yang mereka dapat, aturan makan sebelum atau setelah yoga, memilih kelas yoga, dan lain- lain.

 

2. Lihat dan pilih cabang olahraga yoga

Tertarik Memulai Yoga? Cek 6 Tips Aman Buat Pemula IniUnsplash.com/Form

Mulai dari cabang utama yoga seperti Hatha yoga, Karma yoga, Juana yoga, Bhaki yoga dan Raja yoga. Pilih cabang yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan kebugaran kamu. Kenapa? Karena tiap orang memiliki kemampuan dan keterbatasan yang beda.

3. Jangan lupa siapkan perlengkapannya!

Tertarik Memulai Yoga? Cek 6 Tips Aman Buat Pemula IniUnsplash.com/Form

Matras yoga adalah barang yang harus kamu siapkan. Biasanya matras yoga ukurannya pas dan bisa melekat di lantai. Jadi, kamu bisa nyaman tanpa takut matras geser dan mengurangi resiko cedera. Selain itu, pilih pakaian yang nyaman dan gak membatasi ruang gerak. Misalnya leging dan kaos yang bahannya menyerap keringat.

Baca Juga: Tak Hanya Menenangkan, Ini 5 Manfaat Lain Yoga yang Perlu Kamu Tahu

4. Kalau mau lebih aman, cari instruktur

Tertarik Memulai Yoga? Cek 6 Tips Aman Buat Pemula IniUnsplash.com/Geert Pieters

Untuk lebih amannya, kamu perlu seorang instruktur untuk mengawasi dan mengkoreksi gerakan. Selain itu, biasanya instruktur juga akan menyarankan gerakan apa saja yang tepat dan sesuai untuk kamu.

5. Mau hemat dan pakai tutorial di YouTube? Boleh banget

https://www.youtube.com/embed/j0GhIfGO6ag

Kalau kamu merasa yakin untuk yoga sendiri di rumah, ada banyak video tutorial di YouTube yang bisa kamu manfaatkan. Mulai dari yang beginners hingga expert, semua bisa kamu cari. Ingat! Hati- hati dan pilihlah yang sesuai dengan kemampuan kamu.

6. Mulailah perlahan, jangan dipaksa

Tertarik Memulai Yoga? Cek 6 Tips Aman Buat Pemula IniUnsplash.com/Jared Rice

Layaknya pertumbuhan, memulai yoga juga harus bertahap. Gak bisa dong langsung mau ke expert padahal badan masih kaku. Jadi lakukan gerakan yoga semampunya asal posenya benar. Semakin lama bisa semakin ditingkatkan kesulitannya. Selain itu, transisi gerakan satu ke lainnya juga jangan terburu- buru.

7. Terakhir, perhatikan durasi latihannya

Tertarik Memulai Yoga? Cek 6 Tips Aman Buat Pemula IniUnsplash.com/CATHY PHAM

Idealnya, yoga bisa dilakukan setiap hari setidaknya 15 menit latihan inti dan 15 menit meditasi. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan waktu kamu. Kalau di tengah jalan merasa berat dan badan sakit, lebih baik dihentikan.

Memulai yoga itu gampang-gampang susah, yang penting niatnya. Jadi ini semua kembali ke kamu ya.

Baca Juga: Gerakan Yoga yang Patut Kamu Coba untuk Membentuk Tubuh

NingtyasEga Photo Writer NingtyasEga

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya