Comscore Tracker

8 Khasiat Jeruk Bali Ampuh Tingkatkan Imun & Lawan Sel Kanker

Konsumsi rutin ya!

Jeruk bali (Citrus grandis) merupakan jeruk penghasil buah yang memiliki ukuran yang besar diantara varian jeruk yang lain. Jeruk ini termasuk jenis yang mampu beradaptasi dengan baik pada daerah kering. Bila sudah matang, jeruk bali ini rasanya akan terasa manis.

Berikut 8 khasiat jeruk bali untuk kesehatan tubuh.

1. Menjaga kesehatan tulang

8 Khasiat Jeruk Bali Ampuh  Tingkatkan Imun & Lawan Sel Kankermedanta.org

Salah satu manfaat dari jeruk bali yaitu menjaga kesehatan tulang. Mineral berupa kalium, magnesium, dan fosfor yang ada dalam jeruk bali merupakan jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh tulang. Mineral-mineral ini membantu menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.

2. Melawan penyakit kanker

8 Khasiat Jeruk Bali Ampuh  Tingkatkan Imun & Lawan Sel Kankermedicalnewstoday.com

Jeruk bali kaya akan vitamin C, bioflavonoid, beta-kareten, dan likopen merupakan agen antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Kandungan dalam ekstrak kulit jeruk bali juga memiliki kandungan antioksidan tinggi yang dapat mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

3. Meningkatkan sistem imun tubuh

8 Khasiat Jeruk Bali Ampuh  Tingkatkan Imun & Lawan Sel Kankerbodybylouise.com

Manfaat jeruk bali yang tidak kalah penting lainnya adalah meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang sangat berpengaruh bagi sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, buah jeruk, termasuk jeruk bali merupakan buah yang sangat baik untuk memelihara kesehatan tubuh.

4. Menurunkan berat badan

8 Khasiat Jeruk Bali Ampuh  Tingkatkan Imun & Lawan Sel KankerUnsplash.com/iyun mai

Jeruk bali dipecaya dapat membantu menurunkan berat badan. Jeruk bali memiliki kandungan enzim carnitine palmitoyltransferase yang dipercaya sebagai enzim yang mampu untuk membakar lemak. Kalori jeruk bali juga cukup rendah dan jeruk bali juga tidak mengandung lemak. Hal ini lah yang membuat jeruk bali menjadi salah satu buah yang dikonsumsi dalam program penurunan berat badan.

Baca Juga: 6 Minuman Olahan Jeruk Lemon yang Gak Ada Matinya

5. Mengobati anemia

8 Khasiat Jeruk Bali Ampuh  Tingkatkan Imun & Lawan Sel Kankerhealthline.com

Manfaat jeruk bali diantaranya dapat mengatasi kurang darah atau anemia. Salah satu penyebab anemia adalah karena kurangnya zat besi dalam tubuh. Selain mengandung zat besi, jeruk bali juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat membantu dalam penyerapan zat besi. Terserapnya zat besi dengan baik dan lancarnya sirkulasi darah akan membuat Anda terhindar dari anemia.

6. Menjaga kesehatan pencernaan

8 Khasiat Jeruk Bali Ampuh  Tingkatkan Imun & Lawan Sel Kankerdraxe.com

Jeruk bali mengandung serat dan air yang tinggi. Buah jeruk bali mampu memelihara sistem pencernaan tubuh manusia. Mengkonsumsi jeruk bali dapat menghindarkan sembelit ataupun diare. Serat dalam jeruk bali akan membantu pembentukan stimulasi sekresi pencernaan dan mampu menjaga kesehatan usus.

7. Menstabilkan tekanan darah

8 Khasiat Jeruk Bali Ampuh  Tingkatkan Imun & Lawan Sel Kankerdrtaylorwallace.com

Jeruk bali dapat menjaga tekanan darah agar tetap normal. Kandungan mineral seperti kalium yang ada di dalam jeruk bali dapat melancarkan sirkulasi darah dan mencegah ketegangan pembuluh darah.

Pembuluh darah yang sehat akanlancarnya memperlancar aliran oksigen ke seluruh tubuh, sehingga terhindar dari penyakit seperti stroke dan serangan jantung.

8. Menjaga kesehatan mulut

8 Khasiat Jeruk Bali Ampuh  Tingkatkan Imun & Lawan Sel KankerUnsplash.com/Kal Visual

Manfaat terakhir dari jeeuk bali yaitu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Jeruk ini kaya akan kandungan vitamin C yang dapat memicu produksi kolagen secara alami. Kolagen merupakan salah satu protein yang menyusun jaringan tulang dan kulit pada manusia.

Produksi kolagen yang cukup akan dapat membantu Anda mendapatkan gusi dan gigi yang lebih sehat. Selain itu, vitamin C juga dapat mencegah perkembangan bakteri di dalam mulut. Seperti yang kita ketahui bahwa berbagai masalah seperti gigi berlubang, bau mulut, hingga gangguan pada gusi bisa disebabkan oleh adanya infeksi bakteri dalam mulut.

Nah itulah 8 khasiat dari jeruk bali. Jeruk bali bisa dimakan langsung ataupun dijadikan bahan untuk membuat rujak.

Baca Juga: 10 Kreasi Es Istimewa dengan Sirup Jeruk, Segar buat Buka Puasa

Nisa Nafisa Photo Verified Writer Nisa Nafisa

Biology Education Study Program FKIP

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You