Comscore Tracker

Gak Cuma Lezat, Ini 8 Khasiat Tahu Bagi Kesehatan Tubuh

Mengkonsumsi tahu ternyata banyak manfaatnya

Tahu merupakan olahan dari kedelai yang memiliki tekstur yang lembut. Tahu banyak digemari masyarakat karena selain rasanya enak, harganya pun terjangkau.

Di samping itu, tahu mengandung banyak nutrisi seperti sumber protein tinggi, zat besi, kalsium, mineral, selenium, dan fosfor. Tahu juga mengandung magnesium, tembaga, seng, dan vitamin B1 yang baik untuk tubuh.

Lalu apa saja manfaat tahu bagi kesehatan tubuh? Nah, berikut beberapa manfaat mengkonsumsi tahu bagi kesehatan tubuh yang jarang diketahui.

1. Mengatasi gejala menopouse

Gak Cuma Lezat, Ini 8 Khasiat Tahu Bagi Kesehatan Tubuhfeeds.aarp.org

Tahu mengandung senyawa isoflavon yang berperan dalam mengatasi gejala menopause pada wanita. Isoflavon adalah senyawa nabati yang dapat membantu menstabilkan kadar estrogen selama menopause.

2. Mengatasi penyakit kanker

Gak Cuma Lezat, Ini 8 Khasiat Tahu Bagi Kesehatan Tubuhmedicalnewstoday.com

Selain mengatasi gejala menopouse. Senyawa isoflavon dalam tahu juga bermanfaat dalam mengurangi resiko terserang kanker. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute 2012 menunjukkan bahwa asupan produk seperti tahu dapat membantu mencegah kanker endometrium pada wanita setelah menopause. Tahu juga dipercaya dapat mengurangi kanker payudara, paru-paru dan prostat.

3. Mengendalikan berat badan

Gak Cuma Lezat, Ini 8 Khasiat Tahu Bagi Kesehatan TubuhUnsplash.com/iyun mai

Tahu memiliki kalori yang rendah, jadi tidak usah khawatir bila mengkonsumsi tahu dalam jumlah yang banyak. Makanan ini juga menjadi menu diet karena dapat menekan nafsu makan dan membuat perut terasa kenyang dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: 10 Makanan yang Bisa Tingkatkan Kesuburan pada Wanita, Semoga Hamil Ya

4. Mengatasi osteoporosis

Gak Cuma Lezat, Ini 8 Khasiat Tahu Bagi Kesehatan Tubuhjointflex.com

Tahu adalah sumber yang kaya akan kalsium. Kalsium merupakan bahan utama dalam pembentukan maupun memperkuat tulang kita. Rutin mengkonsumsi tahu akan mencegah dan memperlambat terjadinya pengeroposan pada tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis.

5. Menurunkan kadar gula dalam darah

Gak Cuma Lezat, Ini 8 Khasiat Tahu Bagi Kesehatan Tubuhindocare.in

Protein kedelai pada tahu dapat menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga mampu mengurangi resiko terserang penyakit diabetes.

6. Mengatasi anemia

Gak Cuma Lezat, Ini 8 Khasiat Tahu Bagi Kesehatan Tubuhindustryreports24.com

Tahu merupakan sumber zat besi yang sangat baik yang berfungsi untuk membantu mencegah anemia. Kekurangan zat besi menyebabkan penurunan jumlah sel darah merah sehingga tahu merupakan solusi yang tepat untuk dikonsumsi.

7. Meningkatkan daya ingat

Gak Cuma Lezat, Ini 8 Khasiat Tahu Bagi Kesehatan Tubuhmormonbachelorettes.wordpress.com

Tahu mampu meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif untuk orang dewasa. Tahu mengandung lesitin yang yang dapat membantu tubuh memproduksi asam fosfolipid fosfatidat dan fosfatidilserin yang membantu meningkatkan daya ingat seseorang.

8. Menjaga kesehatan rambut

Gak Cuma Lezat, Ini 8 Khasiat Tahu Bagi Kesehatan Tubuhorissapost.com

Orang yang mengkonsumsi tahu dapat mencegah kerontokan rambut karena tahu memiliki senyawa keratin yang penting untuk pertumbuhan rambut.

Nah, itulah manfaat dari mengkonsumsi tahu. Pastikan makanan tahu masuk dalam daftar belanja bulanan kamu ya?

Baca Juga: 5 Bahan Makanan Ini Bisa Cegah Aroma Tidak Sedap di Mulut, Cobain Deh!

Nisa Nafisa Photo Verified Writer Nisa Nafisa

Biology Education Study Program FKIP

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya