Comscore Tracker

5 Manfaat Cuka Kelapa, Baik untuk Menurunkan Berat Badan

Sudah tahu cuka kelapa?

Selain apel, kelapa punya cuka yang merupakan hasil fermentasi dari getah pohon kelapa dan air selama 8-12 bulan. Menurut sebuah penemuan yang dilakukan lembaga penelitian internal utama dari Departemen Penelitian Amerika Serikat, cuka kelapa menawarkan banyak manfaat kesehatan. Berikut beberapa manfaat dari cuka kelapa yang jarang diketahui.

1. Menjaga kesehatan jantung

5 Manfaat Cuka Kelapa, Baik untuk Menurunkan Berat Badanexpress.co.uk

Mengonsumsi 1-2 sendok makan cuka kelapa per hari bisa membantu mengurangi lemak perut dan kadar trigliserida darah, faktor inilah yang membuat risiko penyakit jantung. Perempuan yang mengonsumsi saus salad dengan tambahan minyak dan cuka kelapa selama 5-6 kali per minggu, memiliki kemungkinkan 54 persen lebih rendah untuk terserang penyakit jantung.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

5 Manfaat Cuka Kelapa, Baik untuk Menurunkan Berat Badanbodybylouise.com

Cuka kelapa adalah sumber zat besi dan vitamin C, merupakan dua nutrisi yang bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tambahkan sedikit cuka kelapa ke dalam air, setelah itu rendam buah dan sayuran segar dalam larutan cuka kelapa tersebut selama dua menit. Hasil studi menemukan, pencucian buah dan sayuran menggunakan larutan cuka kelapa bisa mengurangi bakteri hingga 90 persen dan virus hingga 95 persen.

3. Menurunkan berat badan

5 Manfaat Cuka Kelapa, Baik untuk Menurunkan Berat Badanmedicalnewstoday.com

Cuka kelapa dapat membantu menurunkan berat badan. Manfaat ini didapat karena cuka kelapa bebas kalori dan juga mengandung asam asetat, yang dipercaya bisa membantu mengurangi rasa lapar. Penelitian terbaru melaporkan bahwa penambahan cuka pada makanan bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

US National Library of Medicine National Institute of Health menguji peserta dengan mengkonsumsi 1-2 sendok makan cuka kelapa per hari. Hasilnya, peserta tersebut kehilangan hingga 1,7 kilogram dan pengurangan lemak hingga 0,9 persen.

Baca Juga: Selain Menyedapkan Masakan, Ini 5 Manfaat Cuka Apel untuk Kesehatan

4. Mengatasi diabetes

5 Manfaat Cuka Kelapa, Baik untuk Menurunkan Berat Badandrtaylorwallace.com

Cuka kelapa mengandung asam asetat atau sejenis senyawa kimia asam organik yang bisa memberikan rasa asam dan aroma menyengat. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam US National Library of Medicine National Institue of Health, asam asetat bisa membantu menurunkan lonjakan gula darah setelah mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat.

5. Melancarkan pencernaan

5 Manfaat Cuka Kelapa, Baik untuk Menurunkan Berat Badandraxe.com

Cuka kelapa umumnya difermentasi selama 8-12 bulan. Selama proses fermentasi tersebut, cuka kelapa menghasilkan probiotik atau sejenis mikroorganisme hidup yang bisa memberikan efek baik untuk kesehatan usus, sehingga cuka kelapa ini baik untuk pencernaan tubuh.

Buat yang baru tau cuka kelapa, ternyata punya manfaat yang gak kalah populer dengan pendahulunya cuka apel. Sebelum mengonsumsinya, disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli gizi atau dokter.

Baca Juga: Rendam Kaki dengan Cuka Apel, Ini 5 Manfaat yang Akan Didapat

Nisa Nafisa Photo Verified Writer Nisa Nafisa

Biology Education Study Program FKIP

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You