Comscore Tracker

7 Gejala Sinusitis Awal Ini Gak Boleh Disepelekan, Jangan Sampai Parah

Jika kamu merasakannya, jangan diabaikan

Pernahkah kamu mengalami pilek dalam jangka waktu yang cukup lama dan merasakan ada sesuatu yang aneh pada hidungmu? Jika kamu pernah merasakan hal tersebut maka itu adalah ciri-ciri awal dari penyakit sinusitis.

Sebagian banyak dari kamu pasti pernah mendengar penyakit ini. Secara sederhana sinusitis adalah suatu penyakit di mana rongga udara yang terhubung dengan hidung mengalami peradangan.

Jika ditelaah lebih dalam, sinusitis adalah kondisi di mana terjadi inflamasi di dalam rongga udara akibat produksi lendir yang berlebihan yang mana hal tersebut menyebabkan lendir tidak bisa keluar seutuhnya. Lama-kelamaan lendir akan menumpuk dan memicu bakteri untuk tumbuh dan gejala sinusitis.

Penyakit sinusitis memiliki beberapa gejala yang muncul ketika menyerang si penderita. Beberapa poin di bawah ini akan memberikan informasi apa saja gejala-gejalanya. Simak ya!

1. Bagian wajah akan terasa nyeri saat disentuh

7 Gejala Sinusitis Awal Ini Gak Boleh Disepelekan, Jangan Sampai Parahunsplash.com

Denyutan tumpul dan rasa nyeri yang dirasakan pada bagian wajah saat disentuh adalah gejala awal seseorang terinfeksi sinusitis. Timbulnya hal-hal tersebut dikarenakan ujung-ujung jaringan syaraf dinding sinus mengalami peradangan. Jika kamu merasa sakit di sekitar pipi yang dapat menjalar hingga ke rahang bagian atas, sinusitismu termasuk ke dalam sinus maksilaris.

Jika rasa nyeri dirasakan di bagian dahi atau kepala berarti termasuk sinusitis frontalis. Jika sakit dirasakan di antara mata maka termasuk ke jenis sinusitis etmoidalis. Sedangkan rasa nyeri yang timbul pada daerah tengkuk atau bagian belakang mata termasuk dalam kelompok sinusitis sfenidalis.

2. Sakit kepala

7 Gejala Sinusitis Awal Ini Gak Boleh Disepelekan, Jangan Sampai Parahquitecornerchiro.com

Sakit kepala yang muncul pada penderita sinusitis karena adanya tekanan yang cukup tinggi akibat peradangan dan pembengkakan yang terjadi pada sinus secara terus-menerus yang kemudian membuat bagian tengkorang kepala terasa bergema. Sakit kepala biasanya akan kambuh pada pagi hari dan terasa amat sakit karena selama semalaman cairan berkumpul di rongga udara. Dari sakit kepala ini bisa muncul sakit yang lain di tempat yang tidak di duga-duga misalnya di bagian telinga, gigi, rahang dan pipi.  

3. Keluarnya lendir dari hidung

7 Gejala Sinusitis Awal Ini Gak Boleh Disepelekan, Jangan Sampai Parahgreengroundswell.com

Gejala sinusitis hampir sama dengan gejala flu biasa yakni hidung akan mengeluarkan lendir. Tetapi karakteristik ingus pada penderita sinusitis adalah berwarna keruh, kuning dan kehijauan.

Terbentuknya cairan tersebut karena terjadi infeksi pada sinus yang kemudian mengalir ke luar hidung. Cairan ini bisa mengalir hingga ke belakang tenggorokan (postnasal drip) dan bisa sebabkan batuk.

Baca Juga: 7 Gejala Gula Darah Tinggi, Ini Tanda Bahwa Kadarnya Sudah Tidak Wajar

4. Mengalami batuk

7 Gejala Sinusitis Awal Ini Gak Boleh Disepelekan, Jangan Sampai Parahpercko.com

Gejala ini diakibatkan oleh ingus yang mengalir hingga ke bagian belakang tenggorokan. Apabila hal ini terjadi bisa menyebabkan iritasi dan sebabkan batuk yang bisa membuat jengkel si penderita.

Biasanya batuk muncul saat malam hari dan membuat penderita kesulitan untuk tidur. Lantas solusi untuk kondisi ini dan mengurangi intensitas batuknya, disarankan si penderita tidur dengan posisi setengah duduk dengan kepala tegak.

5. Mendengkur

7 Gejala Sinusitis Awal Ini Gak Boleh Disepelekan, Jangan Sampai Parahaubankaitis.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa polip yang tumbuh akan menggangu saluran pernapasan. Kondisi polip seperti ini akan membuat saluran pernapasan menyempit dan menyebabkan langit-langit lunak di mulut (soft palate) dan anak tekak (uvula) bergetar dan menimbulkan suara dengkuran.

Semakin keras suara dengkuran yang dihasilkan menandakan bahwa semakin menyempitnya saluran pernapasan. Jika hal ini berlangsung lama akan menimbulkan gangguan tidur yang disebut apnea tidur (sleep apnea).

6. Hidung tersumbat

7 Gejala Sinusitis Awal Ini Gak Boleh Disepelekan, Jangan Sampai Parahnaturallydaily.com

Hidung tersumbat adalah gejala paling umum yang dialami oleh penderita sinusitis. Penyumbatan dapat terjadi karena polip yang tumbuh menghalangi udara yang masuk sehingga menimbulkan gangguan saat bernapas. Gejala ini berlangsung dalam kurun waktu yang cukup lama kurang lebih selama 12 minggu.

7. Sensitivitas terhadap bau menurun

7 Gejala Sinusitis Awal Ini Gak Boleh Disepelekan, Jangan Sampai Parahtheeepochtimes.com

Menurunnya kemampuan hidung dalam mencium bebauan dikarenakan polip menyumbat rongga hidung sehingga saraf sensorik di dalam hidung mengalami kesulitan dalam menerima rangsangan dari udara sekitar.  Maka dari itu tak heran para penderita sinusitis, indra penciumannya tidak peka terhadap bebauan yang ada di sekitarnya. 

Ketika kamu sudah mengetahui gejala-gejala sinusitis dan mengalami beberapa dari poin di atas pada tubuhmu sendiri alangkah baiknya segera untuk melakukan pengobatan agar tercegah dari penyakit yang sebenarnya tidak membahayakan ini.

Baca Juga: 7 Gejala Paru-paru Basah Ini Sering Luput dari Pengawasan, Kenali Ya!

Topic:

  • Nisa Widya Amanda
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You