Comscore Tracker

Waspada, 7 Hal Berikut Bisa Membuat Kamu Terinfeksi Penyakit Cacar Air

Gelembung-gelembung air yang patut diperhatikan

Apakah kamu belum tahu apa itu cacar air? Cacar air merupakan kondisi kulit yang mengalami peradangan, yang ditandai dengan pembentukan gelembung-gelembug berkelompok pada seluruh tubuh, yang berisi cairan.

Walaupun kita sering mendengar orang terdekat pernah terjangkit penyakit ini, tetapi masih ada lho di antara kita yang tidak pernah terjangkit cacar air seumur hidupnya. Nah, teruntuk kamu, agar masuk golongan kaum yang tak pernah terkena ini, ada beberapa hal yang harus diketahui terkait penyebaran penyakit cacar air. Inilah beberapa penyebab cacar air!

1. Belum pernah terkena cacar air

Waspada, 7 Hal Berikut Bisa Membuat Kamu Terinfeksi Penyakit Cacar Airtxbiomed.org

Seseorang yang belum pernah mengalami cacar air selama hidupnya memiliki resiko tinggi untuk terkena penyakit ini. Pasalnya, tubuh belum memiliki kekebalan khusus untuk menangakal virus penyebab cacar air. Virus ini bisa ada di lingkungan di manapun lho!

2. Tertular dari orang yang terkena cacar air

Waspada, 7 Hal Berikut Bisa Membuat Kamu Terinfeksi Penyakit Cacar Airmyvmc.com

Jika kamu belum pernah terkena penyakit cacar air tubuhmu belum memiliki sistem antibodi untuk menepis penyebaran virus varicella zoster. Nah, dengan begitu akan lebih mudah untuk menyerang tubuhmu dan terjangkit cacar air.

3. Sistem kekebalan tubuh yang sedang menurun

Waspada, 7 Hal Berikut Bisa Membuat Kamu Terinfeksi Penyakit Cacar Airherworld.com

Seperti penyerangan  penyakit pada umumnya. Sebuah penyakit akan lebih mudah tertular terhadap orang-orang yang sistem imunnya sedang lemah. Terlebih jika kamu berdekatan dengan penderitanya, akan sangat mudah terjangkit dan berpeluang tinggi untuk tertular.

Baca Juga: Jangan Panik, Lakukan Hal Ini Saat Kamu Sakit Cacar

4. Bekerja di ruang publik

Waspada, 7 Hal Berikut Bisa Membuat Kamu Terinfeksi Penyakit Cacar Airurbanaffairsreview.com

Di ruang publik yang notabenenya memiliki jumlah orang yang cukup banyak, belum lagi ditambah dengan kondisi kesehatan yang tidak dapat diketahui pasti, memudahkan kamu akan gampang terpapar virus cacar air. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan masker agar tidak terpapar penyebaran virus cacar.

5. Tinggal dengan penderita cacar air

Waspada, 7 Hal Berikut Bisa Membuat Kamu Terinfeksi Penyakit Cacar Airdrweii.com

Peluang besar dapat tertular cacar air adalah tinggal bersama dengan penderita. Alasannya, virus cacar air dapat menyebar melaui udara dan kontak fisik langsung dengan si penderita.

6. Bebabagi barang pribadi

Waspada, 7 Hal Berikut Bisa Membuat Kamu Terinfeksi Penyakit Cacar Airunsplash.com

Jika kamu tidak ingin terjangkit penyakit cacar air hindarilah berbagi penggunaan barang pribadi khususnya pakaian atau handuk. Sebab, penggunaan barang tersebut menyentuh kulit si penderita yang mana merupakan sumber virus penyakit cacar air.

7. Tidak menjaga kebersihan barang yang habis digunakan oleh penderita cacar air

Waspada, 7 Hal Berikut Bisa Membuat Kamu Terinfeksi Penyakit Cacar Airzumper.com

Cacar air merupakan salah satu penyakit yang penyebaran virusnya melalui udara, apalagi ketika si penderita terinfeksi batuk atau bersin. Karena itu, dianjurkan ketika barang-barang milikmu berada di dekat penderita cacar air untuk dilap terlebih dahulu, sebelum digunakan olehmu.

Nah, itu dia beberapa informasi yang harus kalian ingat agar tetap terhindar dari virus cacar air. Jangan kamu sepelekan ya!

Baca Juga: Kena Cacar Air? Lakukan 9 Cara Ini agar Cepat Sembuh dan Pulih Kembali

Topic:

  • Nisa Widya Amanda
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You