Comscore Tracker

Ketahui 5 Penyebab Kolesterol yang Bisa Mengintai Kesehatan Tubuhmu

Hindari hal-hal ini agar tidak terkena dampaknya

Kolesterol memiliki fungsi yang penting bagi tubuh dalam memroduksi vitamin D, sejumlah hormon dan asam empedu untuk mencerna lemak. Di dalam darah, kolesterol di bawa oleh dua jenis protein yang disebut lipoprotein. Kedua jenis tersebut adalah Low Density Lipid (LDL) yang biasa disebut kolesterol jahat karena tingkat kepadatannya yang rendah dan High Density Lipid (HDL) yang dikenal sebagai koletsrol baik karena kepadatannya yang tinggi.

Tugas LDL dalam tubuh adalah mengangkut kolesterol dari hati ke organ-organ tubuh. Namun, jika jumlahnya melebihi batas normal, kolesterol tersebut akan mengendap pada dinding – dinding arteri dan menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Sedangkan, HDL bertugas sebaliknya, mengangkut kolesterol dari organ tubuh ke hati yang selanjutnya akan dihancurkan atau dikeluarkan tubuh melalui kotoran.

Kadar kolesterol yang disarankan untuk setiap orang berbeda tergantung apakah orang tersebut memiliki risiko tinggi atau rendah terkena penyakit pembuluh arteri. Menurut penjelasan Jansen Ongko, M.Sc, R.D saat Konferensi Pers Peluncuran Nestle di Gelora Bung Karno ada beberapa penyebab seseorang bisa terkena kolesterol. DI bawah ini akan dijelaskan penyebab-penyebabnya. Simak ya!

1. Sering makan makanan yang tinggi lemak

Ketahui 5 Penyebab Kolesterol yang Bisa Mengintai Kesehatan TubuhmuIDN Times/Nisa Widya Amanda

Masyarakat zaman sekarang lebih menyukai makanan dengan cita rasa enak ketimbang makanan sehat. Biasanya makanan yang enak di lidah itu tidak baik bagi kesehatan karena minimnya serat. Makanan favorit masyarakat luas kini adalah seperti yang berbahan dasar daging kambing, makanan yang digoreng atau yang bersantan dan minim serat yang mana makanan tersebut minim HDL.

Jika mengonsumsi makanan seperti ini tidak dibatasi lambat laun tubuh akan megalami arteroskerosis. Di mana pembuluh darah mengalami penyempitan dan megganggu suplai oksigen ke organ-organ tubuh.

2. Kurangnya aktivitas fisik

Ketahui 5 Penyebab Kolesterol yang Bisa Mengintai Kesehatan TubuhmuIDN Times/Nisa Widya Amanda

Beraktivitas fisik sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh, apalagi agar terhindar dari kolesterol. Sayangnya, banyak masyarakat yang masih belum menyukai jika tubuh mereka berkeringat.

Aktivitas fisik terbagi menjadi dua macam, yang dapat dilakukan secara sengaja ataupun yang tidak disengaja. Contoh aktivitas fisik yang tidak disengaja adalah berjalan dari stasiun ke tempat tujuan, lebih memilih naik tangga daripada lift, menggunakan sepeda saat berpergian dengan jarak tempuh yang pendek, dan lainnya.

Sedangkan untuk aktivitas fisik yang disengaja adalah melakukan olahraga rutin sesuai jadwal yang telah dibuat bersama pelatih. Kalian bisa memilih olahraga yang kalian gemari agar tidak merasa terpaksa dan jenuh saat menjalaninya. 

Baca Juga: 10 Ramuan yang Ampuh Atasi Kolesterol Tinggi, Gampang Dibikin Sendiri!

3. Berat badan yang berlebih

Ketahui 5 Penyebab Kolesterol yang Bisa Mengintai Kesehatan TubuhmuIDN Times/Nisa Widya Amanda

Orang yang memiliki berat badan berlebih biasanya memiliki nafsu makan yang tinggi. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih dipastikan di dalam tubuhnya memiliki kadar LDL dan trigliserida yang tinggi juga. Kondisi seperti ini bisa mengganggu dan menghambat metabolisme yang terjadi di tubuh.

Seperti yang kita ketahui, seseorang dengan berat badan berlebih dapat mengidap banyak penyakit berbahaya, contohnya, kolesterol. Jika seseorang sudah dinyatakan positif mengidap kolesterol tentunya metabolisme tubuh akan terganggu.

4. Kebiasaan merokok

Ketahui 5 Penyebab Kolesterol yang Bisa Mengintai Kesehatan TubuhmuIDN Times/Nisa Widya Amanda

Kebanyakan orang masih beranggapan bahwa penyebab kolesterol hanya datang dari pola makan yang salah. Namun ternyata, merokok juga memegang andil dalam kasus kolesterol. Menurut pakar kesehatan, zat kimia yang ada pada rokok, khususnya nikotin mampu menurunkan kadar HDL dalam tubuh turun secara drastis dan menaikkan kadar LDL serta trigliserida secara signifikan.

Hal ini disebabkan karena rokok dapat meningkatkan lipolisis (pemecahan cadangan lemak) dan asam lemak bebas salah satunya trigliserida yang mampu meningkatkan metabolisme lemak. Maka tak heran, jika seorang perokok di tes kesehatannya akan memiliki kadar HDL yang rendah.

5. Riwayat kesehatan keluarga

Ketahui 5 Penyebab Kolesterol yang Bisa Mengintai Kesehatan TubuhmuIDN Times/Nisa Widya Amanda

Orang yang menderita kolesterol bukan hanya orang yang bertubuh gemuk tetapi orang kurus juga memiliki potensi terserang penyakit tidak mematikan ini. Biasanya jika orang kurus menderita kolesterol disebabkan oleh kesalahan genetik pada keluarganya yang sulit terdeteksi sewaktu muda.

Di Amerika, satu dari 500 orang mengalami kelainan ini dan hanya 10 hingga 20 persen yang menyadarinya. Untuk mencegah bahaya ini, kamu bisa periksakan kesehatan ke dokter. Jika ditemukan bahwa kadar kolesterol tinggi segeralah lakukan diet rendah lemak, banyak makan sayur dan ikan laut, olahraga teratur dan gunakan obat atau suplemen anti kolesterol tinggi.

Untuk menjaga kadar kolesterol tetap normal memang sebaiknya hindari hal-hal di atas dan jangan lupa untuk periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan informasi pasti mengenai kesehatan tubuh sendiri. Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung beta glucan, inulin, vitamin B1 dan B2 dapat menolong kesehatan tubuh terhindar dari kolesterol tinggi.

Baca Juga: Segeralah Periksa, Ini 7 Tanda Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikan

Topic:

  • Nisa Widya Amanda
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You