Comscore Tracker

6 Manfaat Buah Simalakama, Si Raja Obat yang Manjur!

Dapat mencegah datangnya penyakit sejak awal

Buah simalakama atau yang biasa disebut juga dengan buah mahkota dewa merupakan buah obat yang banyak tumbuh di wilayah Indonesia. Buah kecil berwarna merah ini memiliki rasa yang pahit dan tergolong tidak enak untuk dikonsumsi. 

Namun dibalik rasa pahitnya itu, buah simalakama ternyata memiliki banyak sekali manfaat dan bahkan dijuluki sebagai raja obat karena ragam manfaatnya tersebut.

Lalu apa sajakah manfaat yang bisa didapatkan jika konsumsi si merah pahit ini, yuk simak!

1. Bagus untuk menjaga imunitas tubuh

6 Manfaat Buah Simalakama, Si Raja Obat yang Manjur!healthclubfinder.org

Buah mahkota dewa atau simalakama memiliki kandungan zat alkaloid yang diketahui memiliki fungsi sebagai detoksifikasi atau penetralisir racun dan memiliki kandungan saponin yang dapat melawan ancaman virus dan bakteri yang masuk dalam tubuh serta dapat mengurangi risiko terkena alergi.

2. Baik untuk mengurangi risiko diabetes

6 Manfaat Buah Simalakama, Si Raja Obat yang Manjur!m.post.naver.com

Selain baik untuk imunitas tubuh, buah simalakama juga memiliki kandungan damnacanthal yang diketahui memiliki manfaat untuk menyembuhkan maupun mengurangi risiko berbagai penyakit bagi tubuh. Salah satunya yaitu sebagai pencegah untuk mengurangi risiko penyakit diabetes.

3. Baik untuk peredaran darah

6 Manfaat Buah Simalakama, Si Raja Obat yang Manjur!honestdocs.id

Kandungan saponin dan flavonoid dalam buah simalakama juga diketahui baik untuk beberapa risiko masalah dalam peredaran darah seperti dapat melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah.

Baca Juga: Meski Kecut Luar Biasa, 5 Manfaat Buah Ceremai Ini Bikin Kamu Takjub

4. Dapat menurunkan kolesterol

6 Manfaat Buah Simalakama, Si Raja Obat yang Manjur!aifs.gov.au

Satu lagi penyakit yang dapat dicegah dan juga diobati dengan buah simalakama yaitu penyakit kolesterol. Kandungan flavonoid dalam buah simalakama ampuh untuk mengatasi penyakit kolesterol yang apabila tidak dicegah maupun diobati dapat memicu beberapa penyakit serius lainnya yang membahayakan kesehatan tubuh seperti penyakit jantung.

5. Bagus untuk kesehatan kulit

6 Manfaat Buah Simalakama, Si Raja Obat yang Manjur!health.clevelandclinic.org

Selain dapat mengobati berbagai penyakit dalam, simalakama ternyata juga baik untuk menjaga dan melindungi kesehatan kulit. Karbohidrat alami yang terkandung dalam saponin milik buah simalakama memiliki manfaat sebagai anti oksidan kulit yang dapat menghambat proses penuaan serta melindungi kulit dari bahaya radikal bebas.

6. Dapat mengurangi risiko kanker

6 Manfaat Buah Simalakama, Si Raja Obat yang Manjur!hellosehat.com

Penyakit yang memang menjadi salah satu penyakit paling berbahaya saat ini yaitu kanker juga dapat dicegah dengan mengonsumsi buah simalakama. Kandungan saponin, flavonoid, dan beberapa kandungan zat baik lainnya yang terkandung dalam buah simalakama membantu tubuh menjadi lebih kebal terhadap virus maupun penyakit apapun yang dapat memicu munculnya kanker. 

Itulah beberapa manfaat dari sekian banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari buah simalakama. Selain kecil untuk mengalami efek samping, buah simalakama juga pastinya mudah sekali ditemukan di Indonesia.

Baca Juga: 5 Buah yang Bisa Bantu Atasi Panas Dalam, Segar dan Bermanfaat

Niswa Aulia Photo Community Writer Niswa Aulia

Kastil Imaji

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You