Comscore Tracker

Mengenal Kemang, Buah Asam Manis yang Kini Semakin Langka

Wajib dicoba banget nih!

Buah kemang adalah salah satu spesies buah menyerupai mangga dengan rasa asam dan manis yang begitu khas. Karena rasanya yang menyegarkan ini, buah kemang kerap dijadikan salah satu pengisi makanan rujak atau dibuat jus hingga sambal. 

Namun seiring waktu, keberadaan buah kemang ini ternyata menjadi semakin langka dan banyak orang yang tidak mengetahui tentang hayati yang satu ini.

Berikut adalah beberapa ulasan singkat mengenai buah kemang yang patut untuk dilestarikan lebih banyak lagi.

1. Seluruh bagian buahnya dapat dimanfaatkan

Mengenal Kemang, Buah Asam Manis yang Kini Semakin Langkainstagram.com/d_koen.wid

Buah kemang yang manis kerap dijadikan sirup ataupun campuran es buah karena dapat memperkaya rasa manis segar. Selain itu, saat buah kemang belum matang sempurna, bisa juga dijadikan campuran buah untuk membuat rujak dan daun dari pohon kemang ini juga kerap dijadikan lalapan.

Biji buah kemang juga biasanya dipotong kecil-kecil kemudian diolah menjadi makanan asinan atau olahan lainnya yang juga terasa begitu lezat. Bahkan buah kemang juga dapat dijadikan sambal untuk teman makan nasi.

2. Dapat tumbuh di hampir seluruh wilayah Indonesia

Mengenal Kemang, Buah Asam Manis yang Kini Semakin Langkasetkab.go.id

Untuk penanaman dari buah yang masih berkeluarga dekat dengan binjai ini ternyata tidaklah sulit. Buah kemang dapat hidup di wilayah tropis seperti Indonesia ini. Ia dapat dijumpai di pulau Jawa terutama bagian barat, Sumatera, hingga Kalimantan.

Buah ini sendiri masih cukup banyak dilestarikan di sebagian wilayah Bogor, meski keberadaannya kian langka dan tidak diketahui banyak orang.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Tin, Buah yang Namanya Tercatat di Alquran

3. Kaya akan manfaat untuk kesehatan

Mengenal Kemang, Buah Asam Manis yang Kini Semakin Langkagoldengemini.com

Buah kemang diketahui memiliki kandungan vitamin A, B1, C, kalori hingga karbohidrat dan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kandungan vitamin dalam buah kemang ini sangat baik untuk stamina maupun sumber energi, meningkatkan fungsi otak, memperbaiki sel tubuh, dan mencegah penyakit bagi manusia.

4. Buah kemang dan binjai adalah dua spesies buah yang berbeda

Mengenal Kemang, Buah Asam Manis yang Kini Semakin Langkamongabay.co.id

Kemang berkerabat dekat dan sering kali dianggap sama dengan binjai. Namun meski sama, baik buah binjai maupun kemang, keduanya memiliki citarasa khasnya masing-masing. Dan beberapa pakar pun banyak yang menyepakati kalau kedua buah ini merupakan dua spesies yang berbeda namun berkerabat dekat hingga menjadikannya terlihat mirip satu sama lain.

5. Kemang patut menjadi salah satu buah yang harus mulai dibudidayakan agar tidak punah

Mengenal Kemang, Buah Asam Manis yang Kini Semakin Langkagoodnewsfromindonesia.id

Kaya akan kandungan vitamin dan juga manfaat, akan sangat disayangkan jika buah berkulit kecokelatan ini harus punah begitu saja. Selain bisa menjadi ikon buah khas Indonesia, masyarakat luas juga harus tahu tentang keberadaan buah ini.

Itulah beberapa ulasan singkat tentang apa itu buah kemang. Gimana nih, tertarik untuk mencobanya? Jangan lupa untuk tetap menjaga hayati yang satu ini dari kepunahan ya!

Baca Juga: 7 Jenis Buah yang Berkhasiat Bagi Kesehatan Mata, Apa Saja?

Niswa Aulia Photo Verified Writer Niswa Aulia

Kastil Imaji

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya