Comscore Tracker

5 Fakta Seputar Keloid, Bekas Luka yang Bikin Gak Percaya Diri

Sudah tahu?

Bekas luka ringan biasanya bakal memudar seiring waktu. Tapi berbeda dengan keloid yang berbentuk tebal dengan warna kontras di kulit, tentu keberadaannya sebagai bekas luka bikin kamu gak pede.

Keloid bisa berasal dari luka bekas operasi, luka bekas tindik, luka cakar bahkan luka tergores. Saat luka menggores kulit, terbentuklah fibrosa di atas kulit yang terluka untuk memperbaiki jaringannya. Tapi pada kasus keloid, jaringannya malah tumbuh terus sampai lebih tebal dan besar dari luka itu sendiri.

Dilansir dari berbagai sumber, artikel kali ini bakal mengulas beberapa detail penting yang perlu kamu ketahui tentang bekas luka keloid.

1. Keloid bisa diturunkan secara genetik

5 Fakta Seputar Keloid, Bekas Luka yang Bikin Gak Percaya Dirihealthline.com

Artinya kamu punya potensi lebih besar memiliki keloid saat terluka, kalau orangtuamu juga mempunyai keloid. Akibat faktor genetik ini, keloid bisa muncul pada luka kecil seperti parut bekas suntikan vaksin, jerawat yang pecah, bahkan gigitan serangga. Untuk itu, kalau kamu punya faktor keturunan, lebih baik hindari melakukan tindik dan prosedur operasi kalau gak benar-benar mendesak.

2. Ukuran keloid bisa lebih besar dari luka asli

5 Fakta Seputar Keloid, Bekas Luka yang Bikin Gak Percaya Diriverywellhealth.com

Ketika jaringan parut mulai terbentuk di area luka, tubuh menciptakan kolagen yang merupakan protein berserat penting untuk tubuh. Komponen kolagen akan mengisi celah yang dibuat oleh luka dan memperbaiki jaringan kulit. Tapi dalam beberapa kasus, kolagen tumbuh secara agresif dan bekas luka yang dihasilkan malah menjadi besar dan naik di atas permukaan kulit seputar batas luka asli, maka terbentuklah keloid.

Kebanyakan orang mendapati keloid yang berkembang melampaui ukuran luka asli. Bentuknya yang tebal, menonjol dan punya warna lebih gelap dari kulit seringkali membuat orang tidak percaya diri dengan penampilannya.

3. Orang berkulit gelap lebih rentan memiliki keloid

5 Fakta Seputar Keloid, Bekas Luka yang Bikin Gak Percaya Diriface2faceafrica.com

Keloid lebih sering terjadi pada orang berkulit gelap atau cokelat seperti pada kulit orang Afrika, Asia dan hispanik. Seseorang dengan pigmentasi kulit tinggi lebih cenderung memiliki bekas luka keloid di beberapa titik pada tubuh. Sebuah studi dalam "Archives of Dermatological Research" pada tahun 2010 melaporkan bahwa bekas luka keloid mungkin terhubung dengan antigen leukosit manusia, yakni protein yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh seseorang.

Baca Juga: 6 Masalah Kulit Ini Bisa Muncul Akibat Stres, Hati-hati

4. Warna keloid bisa lebih menggelap saat terpapar matahari

5 Fakta Seputar Keloid, Bekas Luka yang Bikin Gak Percaya Dirifamilydoctor.org

Keloid seringkali berwarna lebih gelap daripada kulit di sekitarnya. Karena itu sebaiknya hindari memaparkan bekas luka keloid di bawah sinar matahari karena warna keloid bisa menggelap dan sifatnya permanen.

Paparan sinar matahari menyebabkan kelebihan produksi melanin yang dapat menyebabkan hiperpigmentasi yang mungkin permanen. Kalau kamu tidak mengenakan pakaian yang menutup bekas luka, kamu harus menutupi keloid dengan tabir surya yang mengandung SPF saat ingin keluar rumah di hari cerah.

5. Keloid bisa dihilangkan dengan beberapa perawatan rutin

5 Fakta Seputar Keloid, Bekas Luka yang Bikin Gak Percaya Dirihealthline.com

Jangan khawatir, saat ini terdapat beberapa cara menghilangkan keloid untuk menghapus rasa gak percaya dirimu. Ahli bedah plastik dan spesialis medis lainnya telah menggunakan silikon sejak 1980-an untuk mencegah dan mengobati bekas luka hipertrofik dan keloid. Ada juga bentuk silikon gel yang penggunaannya dibalutkan pada bagian kulit yang terkena keloid. Perawatan silikon gel harus dilakukan selama beberapa bulan untuk hasil yang lebih baik.

Selain menggunakan krim dengan kandungan silikon, keloid juga bisa disamarkan dengan suntikan kortikosteroid setiap satu atau dua bulan sekali dan cryotherapy yang diterapkan menggunakan nitrogen cair untuk mengempiskan keloid. Ada juga perawatan yang lebih mahal yaitu menggunakan laser. Pengobatan laser mampu meratakan keloid dan menyamarkan warnanya. 

Itulah seputar fakta tentang keloid yang kehadirannya di kulit seringkali bikin penampilan gak pede. Sudah tahu kan?

Baca Juga: 7 Bahan Alami Terbaik untuk Atasi Kemerahan pada Kulit

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya