Comscore Tracker

6 Manfaat Tepung Beras, dari Kesehatan hingga Kecantikan

Khasiat tepung beras komplet

Buat kamu yang suka kue basah seperti lapis, kue cucur atau bubur sumsum, sudah tahu belum kalau bahan utama pembuatannya adalah dari tepung beras? Ya, tepung beras memang banyak digunakan untuk bahan kue yang lezat.

Tak hanya itu, tepung beras juga dikenal bagus untuk kecantikkan kulit dan kesehatan lho. Gak percaya? Langsung aja deh kamu simak beragam manfaat dari tepung beras berikut ini.

1. Bebas kandungan gluten

6 Manfaat Tepung Beras, dari Kesehatan hingga Kecantikaninstagram.com/sunday.oishii

Inilah kelebihan tepung beras dibanding terigu. Terigu yang juga sering digunakan bahan pembuatan kue, bisa menimbulkan gangguan pada penderita penyakit celiac karena mengandung gluten. Penyakit celiac adalah gangguan autoimun dalam saluran pencernaan.

Mengonsumsi makanan yang mengandung gluten bisa memicu kerusakan lapisan dinding usus halus pada penderita celiac. Hal inilah yang menyebabkan proses penyerapan nutrisi dalam tubuh mereka tak optimal. Karena itu, tepung beras hadir untuk menggantikan bahan-bahan yang mengandung gluten supaya aman dikonsumsi oleh siapapun.

2. Kaya serat yang baik untuk pencernaan

6 Manfaat Tepung Beras, dari Kesehatan hingga Kecantikanusarice.com

Kandungan serat tidak hanya dimiliki oleh buah dan sayur, sebab tepung beras juga menjadi makanan berserat yang baik untuk melancarkan pencernaan, khususnya tepung beras merah. Sistem percernaan bersifat sensitif terhadap beragam makanan yang kurang cocok. Hal inilah yang dapat mengganggu proses buang air besar sehingga tidak rutin setiap hari atau malah menderita diare.

Serat diperlukan tubuh untuk mengurangi dan mengeluarkan 'limbah' dan empedu. Diet tinggi serat bahkan telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Serat juga penting untuk menangkal berbagai penyakit. Makanan berbahan dasar tepung beras menjadi salah satu asupan yang cocok untuk dikonsumsi saat mengalami masalah pencernaan untuk mengurangi rasa sakit.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Hilangkan Noda Hitam di Wajah, Jadi Cling Deh!

3. Mengandung kolin yang bermanfaat mengeluarkan kolesterol

6 Manfaat Tepung Beras, dari Kesehatan hingga Kecantikaninstagram.com/fia_azzahranew

Tepung beras mengandung nutrisi yang dikenal sebagai kolin. Kolin bermanfaat untuk mengeluarkan kolesterol dari hati yang dapat menyebar ke bagian lain di dalam tubuh. Tanpa kolin yang cukup, kolesterol dapat menumpuk di hati dan menyebabkan penyakit. Kolin juga berfungsi membantu membran sel tetap kuat dan sehat. Sebuah studi mengungkapkan bahwa tikus yang kekurangan kolin memiliki tingkat fibrosis hati yang lebih tinggi. 

4. Menguatkan tulang dan gigi

6 Manfaat Tepung Beras, dari Kesehatan hingga Kecantikanheavenlyhealing.co.za

Kandungan kalsium yang baik untuk mencegah osteoporosis tidak hanya dimiliki susu. Nah, buat kamu yang alergi atau tidak suka susu, menjadikan tepung beras sebagai menu harian juga sangat baik untuk menyehatkan tulang dan gigi karena kaya kalsium. Kandungan kalsium juga dibutuhkan gigi supaya tetap padat dan kuat.

5. Teksturnya yang lembut mudah diserap usus

6 Manfaat Tepung Beras, dari Kesehatan hingga Kecantikaninstagram.com/pecelberkah

Tepung beras yang punya tekstur lebih lembut daripada nasi biasa, sangat baik untuk dikonsumsi saat mengalami masalah pencernaan karena mudah diserap usus. Sistem pencernaan membutuhkan nutrisi dari makanan yang diserapnya. Kandungan mineral tepung beras cukup memadai karena dalam 100 gram tepung, terdapat 10 mg kalsium, 98 mg fosfor, 76 mg kalium dan 35 mg magnesium.

6. Beragam khasiat untuk kecantikkan kulit dan wajah

6 Manfaat Tepung Beras, dari Kesehatan hingga Kecantikanhealthprowellness.ca

Tepung beras ternyata sudah jadi resep kecantikkan kulit secara turun temurun. Kandungan gizi dalam tepung beras seperti vitamin B6, thiamine, zinc, riboflavin, niacin, Iron, magnesium, folate, manganese dan posphporus sangat baik untuk kesehatan kulit. Masker dari tepung beras banyak digunakan untuk mencerahkan dan melembutkan wajah. Penggunaan tepung beras juga dinilai lebih alami dan aman karena tanpa bahan kimia. 

Baca Juga: 5 Resep Kudapan Berbahan Beras dan Terbalut Daun, Wajib Coba! 

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You