Comscore Tracker

6 Tips Tubuh Tetap Fit Agar Puasamu Makin Asyik

#RamadanMasaKini Badan bugar, puasa makin lancar

Banyak kebiasaan yang mungkin kamu anggap sepele di bulan Ramadan padahal bisa membahayakan kesehatanmu, lho! Ujung-ujungnya tubuhmu sendiri yang nge-drop dan gak bisa melaksanakan ibadah puasa dengan maksimal.

Nah, buat kamu yang ingin puasanya lancar, tentu ada poin-poin penting  yang kudu kamu terapkan tentang pola hidup sehat selama Ramadan. Badan yang tetap fit pastinya bikin puasa makin asyik, kan? Ini dia yang perlu kamu perhatikan!

1. Habis sahur jangan langsung tidur supaya asam lambungmu gak naik

6 Tips Tubuh Tetap Fit Agar Puasamu Makin Asyikcheatsheet.com

Perut yang penuh dan hangat sehabis makan memang gampang banget bikin ngantuk. Tapi, jangan sampai kamu kecolongan dan malah tidur sehabis sahur ya!

Efeknya bikin perut gak nyaman banget karena naiknya asam lambung bahkan sampai ke tenggorokan. Lebih jauh lagi bisa berdampak pada berat badan, memicu pertumbuhan bakteri anaerob, bahkan mengundang penyakit stroke dan serangan jantung. Serem deh!

Kamu perlu mengalihkan rasa kantuk pada kegiatan yang membuat tubuhmu bergerak, misalnya bersih-bersih rumah, cuci piring, atau jalan-jalan santai menghirup udara pagi. Kalau pun kamu ingin tidur, minimal berilah jeda 2 jam setelah makan.

2. Biasakan untuk makan di waktu sahur terakhir

6 Tips Tubuh Tetap Fit Agar Puasamu Makin Asyikmigrationology.com

Nah, mengakhirkan makan di waktu sahur juga bisa menjadi tips supaya kamu gak punya potensi lagi buat melanjutkan tidur. Sahur mendekati waktu imsak bermanfaat bagi pembakaran makanan menjadi energi dalam tubuh dengan jarak waktu yang cukup buat kamu yang berpuasa.

Rupanya metode sahur di akhir waktu ini adalah anjuran dari Rasulullah SAW. Jadi selain memberi manfaat terbaik buat tubuh yang berpuasa, kamu juga mendapat pahala mengamalkan sunnah Nabi.

3. Tetap melakukan aktifitas supaya kinerja seluruh organ tubuhmu bekerja optimal

6 Tips Tubuh Tetap Fit Agar Puasamu Makin Asyikastrologybay.com

Jangan mentang-mentang puasa, kamu jadi malas-malasan sepanjang hari. Tubuh yang gak banyak bergerak dan malah kebanyakkan tidur justru bisa memicu gangguan kesehatan. Mungkin awalnya kamu bakal kelelahan karena beraktivitas rutin sambil puasa, tapi tubuh akan beradaptasi dan kamu pun bisa melewatinya.

Bahkan, saat tubuhmu sudah bisa beradaptasi dengan kuat, kamu bisa menambahkan olahraga ringan di pagi hari seperti sepeda santai, senam ringan dan jalan kaki. Semua kegiatan itu bisa membantu kinerja organ tubuh secara maksimal.

4. Hindari bergadang sehabis shalat Tarawih

6 Tips Tubuh Tetap Fit Agar Puasamu Makin Asyikinformationng.com

Mencukupi kebutuhan tidur dapat membuat tubuhmu kembali fit karena organ tubuh dan se-sel otot beristirahat sebagaimana mestinya. Karena waktu tidurmu akan terpakai untuk sahur, maka kamu harus usahakan supaya bisa tidur di awal waktu. Hal ini juga untuk mencegah kamu mengantuk di pagi hari.

Pokoknya, segala yang berlebihan di bulan puasa ini harus kamu hindari. Kurang tidur tentunya bakal bikin kamu loyo, sedangkan kebanyakkan tidur bisa bikin kepalamu pusing, iya kan?

5. Jangan terlalu rakus saat berbuka puasa

6 Tips Tubuh Tetap Fit Agar Puasamu Makin Asyiktheodysseyonline.com

Kamu pastinya udah gak sabar banget melihat menu makanan berbuka yang udah tersaji di meja makan. Tapi, jangan sampai kamu berlebihan saat menyantapnya. Ingat, tubuhmu memerlukan waktu dalam menyerap makanan. Jadi kamu harus berbuka secara bertahap.

Mulailah dengan mencicip makanan yang manis-manis. Kamu bisa memberi jeda dengan shalat Maghrib terlebih dulu sebelum makan menu berat setelahnya. Kalau masih ingin semangkuk kolak pisang, beri jeda lagi misalnya sehabis shalat Tarawih. Asupan gizi makanannya jangan lupa juga kamu perhatikan, ya!

6. Ganti kafein dengan jus buah yang kaya serat

6 Tips Tubuh Tetap Fit Agar Puasamu Makin Asyikheartofablonde.com

Menikmati minuman berkafein di bulan puasa rasanya kurang pas. Disamping kamu yang membutuhkan tidur cukup, dilansir dari jurnal Transform Your Habits kandungan kafein bisa membuatmu lebih mudah haus karena kafein bersifat deuretik yang memicu buang air kecil lebih banyak. Kamu bisa kekurangan cairan di bulan puasa.

Apalagi jika langsung minum kopi saat berbuka, lambung kosongmu bisa luka karena kafein merusak mukosa lambung. Sebagai gantinya beralihlah pada jus buah-buahan yang kaya serat dan vitamin. Asupan serat juga bisa bikin kamu merasa kenyang lebih lama karena zatnya yang mudah dicerna oleh tubuh.

Nah, itu dia beberapa tips gaya hidup yang bikin sehat di bulan puasa. Kalau badanmu fit, puasanya juga makin asyik, kan? Semoga ibadah puasamu tetap lancar dan penuh semangat, ya!

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya