Comscore Tracker

Waduh, 7 Kesalahan Waktu Tidur Malam Ini Ternyata Bikin Kamu Gemuk!

Nomor 3 susah untuk dilepas deh!

Kegemukan pada tubuh gak cuma bikin frustrasi karena penampilan, tapi juga bikin kamu rentan dengan beberapa masalah kesehatan. Bahkan menurut penelitian, kelebihan berat badan bisa meningkatkan risiko kematian dini, lho! Rutinitas malam rupanya mengambil peran cukup banyak dalam menentukan bobot tubuhmu. Kalau dibiarkan, lemak bakal menumpuk seiring waktu tanpa kamu sadari. 

Untuk itu kamu perlu mengganti beberapa kebiasaan kurang tepat di bawah ini dengan gaya hidup sehat yang lebih baik. Gak mau kan, kamu tiba-tiba kaget lihat timbangan yang angkanya melesat naik? Yuk, simak disini daftar apa saja yang bisa bikin kamu gemuk menjelang tidur malam. 

1. Minum kopi larut malam

Waduh, 7 Kesalahan Waktu Tidur Malam Ini Ternyata Bikin Kamu Gemuk!Alphacarhire.com.au

Penemuan para ahli mengungkapkan bahwa kamu sebaiknya minum kafein 6 jam sebelum tidur. Hal ini dianjurkan supaya kualitas tidurmu gak terganggu. Para ilmuwan juga menyatakan asam klorogenik yang ditemukan dalam kopi, bisa berpengaruh pada penambahan berat badan jika dikonsumsi terlalu sering.

Cobalah untuk mengganti kopi dengan teh herbal. Bahkan lebih baik lagi kalau hanya cukup air hangat.

2. Ngemil makanan ringan di larut malam

Waduh, 7 Kesalahan Waktu Tidur Malam Ini Ternyata Bikin Kamu Gemuk!Pixabay.com

Selain berolahraga untuk membakar lemak, kamu yang ingin memiliki tubuh langsing harus patuh pada aturan tidak makan setelah jam 6 sore. Tapi hanya sedikit yang mampu berhasil dari godaan makan malam atau camilan tengah malam. Namun, penelitian sekali lagi mengingatkan kalau makan di larut malam dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Selain itu, kebiasaan ini dapat memicu meningkatnya kolesterol, kadar insulin, serta berdampak negatif terhadap penanda hormonalmu. Intinya, kalau asupan kalorimu jauh lebih besar daripada yang kamu bakar lewat olahraga, maka pada akhirnya berat badanmu bertambah.

3. Memainkan gadget menjelang tidur malam

Waduh, 7 Kesalahan Waktu Tidur Malam Ini Ternyata Bikin Kamu Gemuk!Pixabay.com

Hasil studi memberikan konfirmasi bahwa penggunaan perangkat elektronik yang memancarkan cahaya biru sebelum tidur dikaitkan dengan kurang tidur dan penambahan berat badan. Gadget yang kamu mainkan dapat mengganggu produksi melatonin pada tubuh, yaitu hormon yang bertanggung jawab untuk mengatur siklus tidur.

Daripada browsing dan hanyut dalam jejaring sosial sebelum tidur, lebih baik kamu pilih buku bacaan yang menarik atau dengarkan musik santai.

4. Gak cukup tidur di malam hari

Waduh, 7 Kesalahan Waktu Tidur Malam Ini Ternyata Bikin Kamu Gemuk!Pixabay.com

Kekurangan jam tidur tentunya menjadi faktor yang menyebabkan kamu lelah dan lesu di siang hari. Dampaknya, kamu kurang beraktifitas fisik. Padahal kamu perlu berkeringat setiap harinya agar sistem tubuhmu bekerja maksimal. Jumlah tidur yang sehat adalah sekitar 7-8 jam per malam.

Jika kamu selalu kekurangan tidur setiap harinya, berhati-hatilah karena masalah kesehatan rentan menghampiri. Penelitian telah membuktikan bahwa ada hubungannya antara kurang tidur dan perubahan negatif dalam metabolisme. 

5. Kurang berolahraga

Waduh, 7 Kesalahan Waktu Tidur Malam Ini Ternyata Bikin Kamu Gemuk!Aspirantsg.com

Latihan dan aktivitas fisik punya peran penting dalam penurunan berat badan, karena gerakan fisik meningkatkan metabolisme dan pembakaran kalori. Misalnya saat kamu berjalan 15 menit, maka tubuh akan membakar hingga 100 kalori, itu artinya 700 kalori per mingg. Jadi kamu harus sempatkan waktu olahraga secara rutin kalau mau berat badanmu tetap di angka ideal.

6. Penerapan warna ruang kamar yang kurang tepat

Waduh, 7 Kesalahan Waktu Tidur Malam Ini Ternyata Bikin Kamu Gemuk!Mirror.co.uk

Rupanya warna dominan pada ruang kamar bisa pula mempengaruhi berat badanmu. Perlu kamu ketahui bahwa warna biru bisa meningkatkan relaksasi dan memberikan kualitas tidur yang lebih baik. Warna biru juga bisa menekan nafsu makan. Rekomen banget deh buat warna kamarmu! 

Sementara itu, warna seperti merah atau oranye cenderung membuatmu merasa berenergi dan lapar. Untuk itu, kamu mungkin perlu mempertimbangkan kembali palet warna kamar tidur dari sekarang.

7. Bangun terlambat dan terlalu siang

Waduh, 7 Kesalahan Waktu Tidur Malam Ini Ternyata Bikin Kamu Gemuk!Mirror.co.uk

Para peneliti mengatakan bahwa orang-orang yang terpapar cahaya matahari pada pagi hari memiliki indeks massa tubuh lebih rendah daripada mereka yang terpapar cahaya menjelang siang. Percaya atau tidak, hal ini sudah terbukti lho! Bahkan 20-30 menit cahaya luar ruangan alami dari matahari dapat memengaruhi indeks massa tubuhmu. Jadi, yuk bangun pagi dan jogging ke luar untuk menghirup udara pagi yang segar!

Itulah beberapa kesalahan menjelang tidur yang bisa memicu berat badanmu. Mana yang paling sering kamu lakukan dan sulit untuk diubah? Asal ada niat dan dilakukan secara bertahap, lambat laun kamu pasti berhasil mengubahnya. 

Line Ads

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You

I Want More !