Comscore Tracker

Tak Hanya Cat Kuku, Ini 8 Manfaat Daun Inai buat Kesehatan!

Mungkin kamu lebih mengenalnya dengan daun pacar atau henna

Daun inai (henna) atau daun pacar dikenal karena kemampuannya dalam mewarnai kuku dan rambut, terutama di India yang populer dengan sebutan mehndi. Belum banyak orang tahu kalau tanaman Henna yang punya nama ilmiah Lawsonia inermis ini ternyata juga punya manfaat beragam untuk kesehatan.

Karena khasiatnya pula, bermunculan produk kosmetik berbahan dasar daun inai. Meski praktis, kamu harus hati-hati sebab gak semua produk yang diklaim berbahan daun inai mengandung semua manfaat dari daun, sebab kemungkinan produk-produk tersebut telah dicampur bahan lain atau bahan kimia. 

Untuk tahu manfaat hebat daun inai selengkapnya, simak poin-poin berikut;

1. Bagus untuk perawatan rambut dan kulit

Tak Hanya Cat Kuku, Ini 8 Manfaat Daun Inai buat Kesehatan!boldsky.com

Daun inai atau henna rupanya gak cuma memberi efek warna yang indah pada rambut, lebih dari itu kandungannya juga mampu menyehatkan rambut dan kulit kepala. Masalah rambut seperti rontok, ketombe dan gatal kulit kepala bisa diobati secara alami dengan daun henna yang memiliki sifat anti jamur. Kamu bisa campurkan sedikit minyak kelapa dan daun inai untuk hasil perawatan rambut yang lebih mengesankan. 

2. Mengandung anti peradangan yang baik untuk rematik dan nyeri sendi

Tak Hanya Cat Kuku, Ini 8 Manfaat Daun Inai buat Kesehatan!imehndi.com

Berdasarkan penelitian, minyak inai yang terbuat dari daun inai terbukti efektif mengobati kondisi yang disebabkan oleh peradangan seperti rematik dan nyeri sendi. Minyak henna mengandung beberapa senyawa bioaktif yang disebut lawaritol dan isoplumbagin. Efeknya mirip dengan fenilbutazon yang dikenal sebagai obat anti-inflamasi. Hanya dengan mengoleskan minyak henna ke area tubuh yang meradang, dapat mengurangi rasa sakit.

3. Mengurangi rasa sakit gejala PMS

Tak Hanya Cat Kuku, Ini 8 Manfaat Daun Inai buat Kesehatan!bio-botanica.com

Karena memiliki sifat anti-inflamasi, daun inai juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit selama PMS (Premenstrual Syndrome) pada wanita. Di India, praktik pengobatan ini telah digunakan selama berabad-abad dan telah menjadi obat herbal kesehatan yang biasa ditumbuk atau diracik di rumah-rumah. 

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Murbei, Si Herbal Penurun Demam Alami

4. Bantu cegah penuaan dini

Tak Hanya Cat Kuku, Ini 8 Manfaat Daun Inai buat Kesehatan!hennalounge.com

Berbicara tentang penuaan kulit, bukan hanya zat anti oksidan yang diperlukan untuk peremajaan kulit, tapi zat astringen yang terkandung dalam daun inai juga sangat mendukung anti penuaan.

Berdasarkan beberapa studi penelitian, khasiat astringen telah terbukti mampu meningkatkan elastisitas kulit untuk mencegah keriput dini dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Lebih jauh lagi, daun inai yang bersifat anti bakteri dan anti jamur, menjadikannya benar-benar bagus untuk kulit.

5. Meredakan demam

Tak Hanya Cat Kuku, Ini 8 Manfaat Daun Inai buat Kesehatan!bukalapak.com

Daun inai ternyata juga punya kemampuan untuk menyedot panas dan bantu mengurangi suhu tinggi yang disebabkan oleh demam. Kandungan Phythol dalam daun juga memberi efek meredakan rasa sakit. Suhu tubuh yang lebih tinggi dari biasanya sebenarnya adalah gejala normal yang menandakan bahwa tubuh sedang terinfeksi oleh virus dan bakteri. Tapi kalau demam terlalu tinggi, dampaknya bisa sangat berbahaya.

6. Obat alami untuk insomnia

Tak Hanya Cat Kuku, Ini 8 Manfaat Daun Inai buat Kesehatan!pinterest.com

Gejala insomnia bisa diderita oleh siapa saja dengan sebab yang beragam. Efek kurang tidur pada otak jika dibiarkan terus menerus, dampaknya bisa membahayakan kesehatan. Dalam hal ini, daun inai juga telah terbukti mampu menjadi herbal alami yang efektif mengobati segala jenis gangguan tidur. Pemakaian minyak henna bisa jadi pilihan karena mengandung efek menenangkan untuk tidur lebih nyenyak.

7. Meredakan sakit kepala dan migrain

Tak Hanya Cat Kuku, Ini 8 Manfaat Daun Inai buat Kesehatan!instagram.com/dianfadhilah

Penyebab utama sakit kepala terjadi ketika darah tidak dapat mengalir secara normal di kapiler. Selama kehamilan, migrain dan sakit kepala kadang seringkali diderita ibu hamil, tapi mereka ragu untuk mengonsumsi obat kimia karena khawatir mengandung efek pada janin.

Dalam kondisi ini, daun inai bisa jadi solusi alami yang direkomendasikan. Dengan mengoleskan jus daun inai ke kulit, rasa sakit kepala bakal berkurang karena sifat anti-inflamasinya akan menghilangkan ketegangan dan melancarkan aliran darah.

8. Mempercepat penyembuhan luka

Tak Hanya Cat Kuku, Ini 8 Manfaat Daun Inai buat Kesehatan!bukalapak.com

Kombinasi anti-inflamasi, anti-bakteri, dan anti-jamur yang terkandung dalam daun inai menjadikannya bagus untuk penyembuhan luka. Selain itu, daun inai juga memiliki efek pendinginan alami untuk menenangkan rasa sakit yang disebabkan oleh luka terbuka, terutama kulit yang terbakar. Cukup oleskan tumbukan daun inai segar ke area yang terkena panas. Seketika daun inai akan menyedot panas dan mengurangi efek kulit terbakar. 

Nah, sudah tahu kan?

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Kingkilaban untuk Kesehatan, Bisa Atasi Anyang-anyangan

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

IG 👉 nita.nurfitria

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya