Comscore Tracker

9 Penyakit Tubuh yang Bisa Sembuh dengan Terapi Puasa

#RamadanMasaKini Obat alami yang gak mahal

Berbagai penelitian medis di dunia ini telah berhasil menemukan keajaiban puasa. Dengan berpuasa, kamu gak cuma mendapat limpahan pahala, tapi juga tubuh yang semakin sehat. Hal ini sesuai sabda Rasulullah saw, "Berpuasalah kamu, niscaya akan sehat." (HR.Muslim).

Dikutip dari buku The Miracle of Fast karya H. Amirulloh Syarbini, M.Ag, berikut inilah beberapa penyakit yang bisa sembuh jika kamu rajin berpuasa.

1. Menyembuhkan penyakit lambung (maag)

9 Penyakit Tubuh yang Bisa Sembuh dengan Terapi Puasapinterest.it

Saat kamu berpuasa, maka kamu sedang menyeimbangkan kandungan asam dalam lambung. Asam ini dianggap sebagai penyebab utama munculnya sakit maag. Puasa mampu mengatur distribusi asam yang mengganggu sistem pencernaan di dalam lambung sehingga penyakit maag pun bisa mereda.

2. Membantu menghentikan kecanduan rokok

9 Penyakit Tubuh yang Bisa Sembuh dengan Terapi Puasapexels.com/Mark Rz

Dalam setiap bungkus rokok, kamu bisa lihat sendiri sederet penyakit berbahaya yang bisa mengancam perokok. Tapi sangat sulit bagi pecandu rokok untuk meninggalkan kebiasaan satu itu. Nah, puasa adalah cara jitu untuk terapi karena mengurangi konsumsi rokok di siang hari. Syaratnya, kamu memang harus punya tekad kuat untuk berhenti total.

Seorang ahli paru-paru RSU dr. Soetomo Surabaya, dr. Winariani, Sp.P. mengatakan bahwa puasa bisa membersihkan paru-paru seseorang yang terbiasa merokok. Selain bahan terapi dan latihan, puasa juga mampu mengeluarkan racun dari dalam tubuh (detoksifikasi).

3. Mengobati penyakit lemah syahwat

9 Penyakit Tubuh yang Bisa Sembuh dengan Terapi Puasapexels.com/ Nathan Cowley

Dalam jurnal Hai'at al-I'jaz al-'Ilmi fi al-Qur'an wa as-Sunnah dijelaskan kalau melemahnya keinginan untuk berhubungan badan saat berpuasa hanyalah sementara. Saat usai menjalani terapi puasa dan tubuh kembali menyentuh makanan secara normal, maka keinginan seksual bakal kembali meningkat bahkan lebih baik dari sebelumnya.

Puasa mampu mengaktifkan kinerja kelenjar seksualitas dan menambah vitalitasnya dalam kadar yang sangat besar. Spermatozoa dan kekuatan seksualitas pada laki-laki juga bertambah 10 kali lipat dari yang ia miliki sebelum puasa.

Selain itu, puasa juga berperan penting dalam mendistribusikan hormon kewanitaan dan proses peneluran. Inilah faktor yang membantu mengobati kemandulan dan lemah syahwat.

4. Mengobati sesak napas dan bronchitis

9 Penyakit Tubuh yang Bisa Sembuh dengan Terapi Puasahousecalldoctor.com.au

Hasil penelitian di Universitas Raja Khalid, Arab Saudi membuktikan bahwa berpuasa memiliki pengaruh besar dalam menghilangkan gejala sesak napas. Hal ini karena kosongnya perut dari makanan sehingga memberikan kesempatan bergerak bagi sekat rongga badan secara leluasa. Akhirnya, kinerja paru-paru lebih baik dan bertambah kadar keluasannya.

Eksperimen ilmiah pada pasien yang terserang bronchitis juga mengalami kemajuan pesat berkat puasa. Rasa sakit bisa diringankan secara signifikan lewat berpuasa. Dengan berpuasa dalam kurun waktu tertentu, dapat memperbaiki kondisi sakit pada tubuh dengan persentase 80 persen.

Baca Juga: 5 Jenis Olahraga Ini Bisa Kamu Lakukan Saat Puasa Lho!

5. Mengobati berbagai macam penyakit peradangan

9 Penyakit Tubuh yang Bisa Sembuh dengan Terapi Puasapinterest.ie

Puasa mampu mengaktifkan kelenjar kekebalan, memproduksi unsur-unsur yang melawan penyakit dan menambah jumlah kelenjar dalam tubuh. Hasilnya puasa dapat mengobati berbagai penyakit radang seperti radang amandel, radang rongga hidung, radang otot, radang sendi, dan radang kandung empedu.

Berdasarkan eksperimen ilmiah pada 13 pasien penderita rematik yang berpuasa selama seminggu, disimpulkan bahwa berat badan pasien berkurang 1-5 kg, membaiknya radang persendian, dan berkurangnya kecepatan pengendapan di dalam sendi-sendi tersebut. 

6. Mengobati penyakit pembuluh darah

9 Penyakit Tubuh yang Bisa Sembuh dengan Terapi Puasasharecare.com

Penyakit yang menyerang pembuluh darah diantaranya adalah penyakit renoid yaitu menyempitnya urat dinding saluran darah bagian dalam. Penyebab kemunculan penyakit ini adalah tekanan kejiwaan, tekanan urat saraf, dan merokok.

Puasa mampu menangkal efek berbahaya yang mengganggu kesehatan. Hal ini didapatkan dari ketenangan jiwa dan urat saraf yang dirasakan orang berpuasa. Jika terapi puasa terus berlanjut, maka secara berangsur-angsur gejala penyakit pun menghilang.

7. Mengobati penyakit mata

9 Penyakit Tubuh yang Bisa Sembuh dengan Terapi Puasapexels.com/Josh Sorenson

Puasa berpengaruh besar terhadap kesehatan mata lho!

Berdasarkan hasil eksperimen para dokter di Eropa, glukoma adalah salah satu penyakit mata yang bisa sembuh dengan puasa. Glukoma sendiri adalah pengerutan ruang pandang dan pengurangan kelembutan saraf mata yang sering menyerang seseorang yang telah memasuki usia 50 atau 60 tahun.

Dengan menjaga puasa dan menjadikannya rutinitas baik fardhu atau sunah, dapat mengurangi risiko terkena penyakit mata. Penglihatan bakal tajam lebih lama di usia senja.

8. Mengobati penyakit kulit

9 Penyakit Tubuh yang Bisa Sembuh dengan Terapi Puasapexels.com/Valeria Boltneva

Jangan salah lho, klinik-klinik di Eropa banyak menggunakan puasa sebagai terapi pengobatan kulit.

Puasa membantu tubuh membebaskan diri dari bakteri halus dan kuman-kuman yang telah menyatu dengan makanan atau minuman. Menahan diri mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung lemak dapat meminimalisir penyakit kulit seperti radang kulit, bisul, jerawat, ketombe, psoriasis, dan eksim.

9. Mengobati sakit kepala sebelah (migrain)

9 Penyakit Tubuh yang Bisa Sembuh dengan Terapi Puasapexels.com/bruce mars

Sebuah klinik di Amerika telah membuktikan kalau puasa bisa mengobati lebih dari 80% penderita sakit migrain. Hal ini didapat setelah para pasien menjalankan terapi puasa selama 2 sampai 3 minggu secara terus menerus. Dan saat puasa dilanjutkan dalam jangka lama, maka penyakit tersebut bisa hilang total.

Pada kondisi ini, puasa seperti sikat yang bekerja membersihkan saraf dan sel-sel otak hingga aktivitas dan fungsi dari keduanya kembali normal.

Maka, itulah manfaat puasa untuk kesehatan tubuhmu. Sungguh luar biasa ya!

Baca Juga: [LINIMASA] Puncak Arus Mudik Diprediksi 31 Mei 2019 

Nita Nurfitria Photo Verified Writer Nita Nurfitria

Moms who spend time at sweet home and happy wife. Thank you for reading :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 11:30:05

Progress: 766.169 dari 813.350 TPS (94.19918%)

Just For You