Comscore Tracker

Wajib tahu! 5 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan Tubuhmu

Bukan hanya sebagai makanan, tapi ada khasiatnya juga!

Siapa sih disini yang tidak kenal dengan daun kenikir? Biasa disebut kenikir atau ulam raja, daunnya sudah biasa digunakan dalam berbagai campuran makanan seperti lalapan dan pecel. Rasa dan aromanya yang khas membuat banyak orang menyukai daun ini. 

Daun kenikir yang mempunyai nama ilmiah Cosmos Caudatus ini ternyata memiliki segudang manfaat yang tentunya tidak pernah kita sangka-sangka lho guys! Berikut ini beberapa diantaranya:

1. Menghambat tumbuhnya sel kanker dalam tubuh

Wajib tahu! 5 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan Tubuhmuilustrasi kanker (pixabay.com)

Daun kenikir mengandung senyawa flavonoid, terpenoid, saponin dan antioksidan yang berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker payudara, kanker hati hingga kanker lambung. 

Cara mengonsumsinya yaitu dengan meminum air rebusan daun kenikir secara rutin, dibantu dengan mengonsumsi suplemen ekstrak daun kenikir agar penyebaran sel kanker terhambat dan hasilnya lebih maksimal.

2. Mengobati penyakit maag

Wajib tahu! 5 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan TubuhmuHello Sehat

Kandungan Tokoferol, Polifenol, dan Hidroksieugenol yang ada didalam daun kenikir berkhasiat menetralkan asam lambung. Senyawa-senyawa ini juga bisa mengobati luka pada lambung yang biasanya dialami oleh para penderita tukak lambung. 

Cara mengonsumsinya bisa direbus untuk kemudian dimakan seperti lalapan atau dibuat campuran sayuran pecel.

Baca Juga: Para Ahli Buktikan Bahwa Gak Ada yang Namanya Makanan Sehat, Kok Bisa?

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Wajib tahu! 5 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan TubuhmuSumber gambar: mapmyfitness.com

Apa saja tanda-tanda kekebalan tubuh mulai berkurang? Biasanya sering terserang penyakit seperti flu, radang atau batuk. Nah, daun kenikir bisa menjadi salah satu pilihan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita nih guys! Karena tanaman ini mengandung vitamin A, vitamin E dan vitamin C yang mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh yang lemah. 

Selain itu, ada senyawa protein nabati yang membantu proses pembentukan fagosit yang memiliki peran penting dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh.

4. Mendetoksifikasi racun dalam darah

Wajib tahu! 5 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan Tubuhmuwhynotportal.ru

Di dalam sistem peredaran darah manusia kadang terdapat racun yang berasal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Racun tersebut jika didiamkan akan mengendap dan bisa memicu timbulnya berbagai macam penyakit dikemudian hari. Dengan mengonsumsi daun kenikir secara rutin berkhasiat mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh karena kandungan Vitamin E dan Flavonoid di dalamnya.

5. Memperkuat tulang

Wajib tahu! 5 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan Tubuhmuyourhealth.net.au

Kandungan mineral seperti magnesium dan kalsium yang terdapat pada daun kenikir ternyata mampu memperkuat fungsi tulang. Dengan mengonsumsi daun kenikir secara rutin, diyakini bisa memperkuat fungsi tulang, baik bagi orang dewasa maupun untuk anak-anak di masa pertumbuhan mereka.

Walaupun terlihat sederhana daun kenikir ternyata memiliki berbagai macam manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Daun kenikir juga mudah sekali ditemukan di pasar dengan harga yang terjangkau.

 

Baca Juga: 10 Makanan Sehari-hari yang Bisa Mengatasi Sembelit, Rasanya pun Enak

Novia Pratiwi Photo Community Writer Novia Pratiwi

"Hassbunallah wani'mal wakiil"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You