Comscore Tracker

Biasanya Dibuang, Ini Ternyata 5 Manfaat Biji Durian untuk Kesehatan

Jangan dimakan mentah namun diolah dahulu

Durian merupakan buah tropis yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Dagingnya memiliki tekstur lembut serta rasa khas yang legit. Buah ini sangat diidolakan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia. Walaupun harus merogoh kocek yang tak sedikit, bukan kendala untuk tetap bisa berburu buah dengan nama ilmiah Durio zibethinus ini.

Durian tidak hanya nikmat di mulut saja, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya, seperti menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan jantung.

Namun, bukan hanya buahnya, bijinya yang biasa diabaikan juga memiliki berbagai khasiat untuk tubuh. Mengonsumsi biji durian tidak dianjurkan jika dalam keadaan mentah, karena asam lemak siklopropena di dalamnya mengandung racun yang membahayakan tubuh. Kamu bisa mengolah terlebih dahulu menjadi aneka makanan yang enak dan aman untuk dikonsumsi. Seperti merebus atau mengolah menjadi lauk. Ingin tahu lebih jelas manfaat biji durian? Simak ulasannya berikut ini.

1. Menjaga sistem pencernaan

Biasanya Dibuang, Ini Ternyata 5 Manfaat Biji Durian untuk Kesehatannetdoctor.co.uk

Bahan makanan dengan serat tinggi berperan penting dalam menjaga sistem pencernaan. Seperti biji durian, serat alami yang terkandung di dalamnya sangat baik dalam mengatasi permasalahan pencernaan, termasuk sembelit atau susah buang air besar.

2. Memelihara kesehatan tulang dan gigi

Biasanya Dibuang, Ini Ternyata 5 Manfaat Biji Durian untuk KesehatanUnsplash.com/Lesly Juarez

Manfaat lain yang bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi biji durian adalah terpeliharanya kesehatan gigi dan tulang. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan fosfor dan kalsium di dalamnya. Bahkan dengan kedua zat tadi, biji durian telah teruji dalam mencegah osteoporosis dan menguatkan struktur tulang. 

Baca Juga: 5 Cara Menyimpan Durian Agar Tetap Lezat Saat Dimakan

3. Memperkuat otot

Biasanya Dibuang, Ini Ternyata 5 Manfaat Biji Durian untuk KesehatanUnsplash.com/Alexander Redl

Gak beda jauh dari dagingnya, di dalam biji durian juga terdapat protein yang baik untuk memelihara kesehatan otot. Kandungan protein tersebut akan membantu tubuh untuk mengikat kelebihan lemak, sehingga otot menjadi kuat dan berenergi.

4. Mempertahankan kekebalan tubuh

Biasanya Dibuang, Ini Ternyata 5 Manfaat Biji Durian untuk KesehatanUnsplash.com/bruce mars

Radikal bebas menjadi ancaman bagi kesehatan. Bagaimana tidak? Resiko paparannya bisa didapatkan di mana pun kamu berada. Sebut saja polusi udara, sinar matahari, asap rokok dan radiasi. Namun sejatinya semua itu bisa diminimalisir, salah satunya dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Manfaat tersebut bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi biji durian. Kandungan vitamin C dan antioksidannya mampu menangkal resiko terpaparnya radikal bebas. 

5. Sebagai sumber energi

Biasanya Dibuang, Ini Ternyata 5 Manfaat Biji Durian untuk KesehatanUnsplash.com/Jenny Hill

Bukan hanya mengandung serat, biji durian juga memiliki kandungan sari pati yang cukup tinggi. Dimana zat tersebut mampu memberikan energi bagi tubuh. Zat pati ini juga yang akan membuat kita merasa lebih kenyang dari pada mengonsumsi makanan berkabohidrat lainnya. 

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi biji durian. Kamu tertarik mencobanya?

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Hilangkan Noda Hitam di Wajah, Jadi Cling Deh!

Nuke Diah Ayuning Photo Community Writer Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis... Terima kasih sudah membaca artikel saya..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You