Comscore Tracker

5 Manfaat Pijat untuk Psikis, Ampuh Atasi Insomnia Juga lho

Pijat dulu buat tubuh yang sehat!

Pijat adalah terapi kesehatan dengan cara memberikan tekanan pada anggota tubuh dengan tujuan memberikan rasa nyaman dan rileks pada tubuh. Sejak dahulu pijat telah dipercaya sebagai alternatif dalam mengobati rasa sakit sebelum melakukan pengobatan lebih lanjut.

Pijat mampu mengatasi permasalahan otot seperti kesleo, kram hingga pegal.Tidak hanya baik untuk kesehatan fisik saja, ternyata pijat juga baik untuk psikis.

1. Meredakan stres

5 Manfaat Pijat untuk Psikis, Ampuh Atasi Insomnia Juga lhounsplash/Radu Florin

Stres terjadi karena tekanan yang memerintahkan tubuh mengeluarkan hormon kortisol dan adrenalin. Pelepasan kedua hormon tadi mengakibatkan detak jantung dan pernafasan yang lebih cepat dari biasanya.

Dengan pijat, kedua hormon yang telah dilepaskan tadi menurun hingga 50%. Lalu tubuh akan meningkatkan hormon serotonin yang berperan sebagai pereda stres.

2. Mengurangi kecemasan

5 Manfaat Pijat untuk Psikis, Ampuh Atasi Insomnia Juga lhounsplash/Brooke Cagle

Sebetulnya cara kerja pijat sangat mudah untuk dipahami. Pijat yang lembut dan dilakukan oleh terapis yang profesional akan melancarkan sirkulasi darah dan membuat pikiran lebih rileks serta mengurangi kecemasan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry juga mengemukakan bahwa seseorang yang menderita kecemasan jauh lebih tenang dan bahagia setelah pijat.

Baca Juga: 6 Pijatan Akupresur Mudah yang Mampu Segera Meredakan Rasa Sakitmu

3. Memperbaiki kualitas tidur

5 Manfaat Pijat untuk Psikis, Ampuh Atasi Insomnia Juga lhoklikkabar.com

Bila dilakukan secara rutin, pijat terbukti ampuh memperbaiki kualitas tidur, lho. Teori ini sebetulnya ditemukan dengan melakukan uji coba kepada bayi. Hasilnya bayi yang rutin dipijat dapat tertidur pulas, berkurang menangis di malam hari dan tidak mudah stres.

Seiring berkembangnya waktu, hal tersebut tidak hanya berdampak positif pada bayi, namun anak-anak hingga orang dewasa juga dapat tidur dengan lelap setelah pijat . Semua itu dikarenakan adanya pelepasan hormon serotonin dan neurotransmitter pada saat pijat. Kedua hormon ini membantu memperbaiki kualitas tidur dan mengatur mood. Sehingga kamu bisa tidur dengan nyenyak dalam kondisi yang fit.

4. Menjadi lebih bersemangat

5 Manfaat Pijat untuk Psikis, Ampuh Atasi Insomnia Juga lhounsplash/Peter Conlan

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, pijat mampu memperbaiki kualitas tidur seseorang. Orang yang tidur dengan nyenyak akan menyimpan energi lebih banyak daripada orang yang tidurnya terganggu.

Energi tersebut dapat digunakan untuk menghadapi sejumlah kegiatan yang akan dilakukan keesokan harinya. Dengan energi yang cukup dan keadaan yang rileks kamu siap melakukan aktivitas apapun dengan rasa semangat yang tinggi.

5. Membuat pikiran menjadi fokus

5 Manfaat Pijat untuk Psikis, Ampuh Atasi Insomnia Juga lhounsplash/Icons8 team

Apakah kamu merasa sering tidak fokus dalam bekerja? Sepertinya kamu sedang butuh pijat untuk mengatasinya. Pijat bekerja dengan cara melemaskan otot-otot yang kaku dan melancarkan sirkulasi darah yang akan membuat jantung berdetak secara stabil.

Detak jantung yang stabil akan memperlambat sistem syaraf yang nantinya akan membantumu berkonsentrasi dalam menghadapi suatu pekerjaan.

Enak banget lho pijat itu, cobain deh!

Baca Juga: 5 Pijatan Mudah Ini Rampingkan Tubuhmu Hanya dalam 5 Menit/Hari

Nuke Diah Ayuning Photo Community Writer Nuke Diah Ayuning

Generasi 90an yang mempunyai ketertarikan untuk menulis...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You