Comscore Tracker

Penting, 10 Makanan Ini Dipercaya Ampuh Meredakan Kesemutan

Kesehatan diawali dari makanan yang tepat

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa ada hubungan antara makanan yang masuk ke dalam tubuh dengan sistem persarafan. Hubungan tersebut bisa bersifat negatif ataupun positif. Memilih makanan tepat merupakan salah satu langkah pencegahan penyakit. Jadi bagi kamu yang suka kesemutan, makanan yang tepat akan mampu mengurang gejala kesemutan.

Kesemutan sendiri terjadi pada saat peredaran darah dalam tubuh tidak lancar, adanya penekanan syaraf, kekurangan kalsium, kurang mengkonsumsi Vitamin B kompleks, dehidrasi, diabetes dan indikasi penyakit persarafan.

Menurut hasil riset Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks seperti B1, B6, dan B12 terbukti mampu mengurangi rasa kesemutan.

Namun, mengonsumsi makanan dengan vitamin B kompleks saja tidak cukup, tubuh memerlukan asupan nutrisi lain. Sekarang, yuk simak daftar makanan yang mampu mengurangi kesemutan.

1. Pisang

Penting, 10 Makanan Ini Dipercaya Ampuh Meredakan Kesemutanpixabay.com/Security

Pisang merupakan makanan yang kaya akan kalium, dan Vitamin B6. Kalium berperan penting untuk sel, jaringan, dan organ tubuh. Selain itu, kalium merupakan elektrolit dalam tubuh yang diperlukan saat dehidrasi. 

2. Alpukat

Penting, 10 Makanan Ini Dipercaya Ampuh Meredakan KesemutanPexels/Foodie Factor

Alpukat memiliki kandungan magnesium yang tinggi. Magnesium bermanfaat untuk kesehatan otot dan juga tulang. Selain itu alpukat juga memiliki kandungan Vitamin B6, yang dipercaya mampu mengurangi kesemutan. 

3. Sayuran hijau

Penting, 10 Makanan Ini Dipercaya Ampuh Meredakan KesemutanPixabay/moreharmony

Sayuran hijau memiliki kadungan thiamin, magnesium, dan asam folat. Ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf dan sel darah merah. Contoh sayuran hijau yang sangat diperlukan adalah bayam. 

Baca Juga: Ini 5 Cara Terbaik untuk Memasak Sayuran Bagi Para Pemula

4. Kedelai

Penting, 10 Makanan Ini Dipercaya Ampuh Meredakan KesemutanUnsplash/rawpixel

Kedelai dipercaya mampu mengurangi kesemutan. Selain protein nabati, Kedelai memiliki kandungan Vitamin B6, dan magnesium yang berpengaruh pada kesemutaan. Kedelai sangat mudah ditemukan di Indonesia, jadi mengonsumsi kedelai bisa menjadi pilihanmu untuk mengurangi rasa kesemutan. 

5. Oatmeal

Penting, 10 Makanan Ini Dipercaya Ampuh Meredakan KesemutanPixabay/shixugang

Oatmeal menjadi pilihan menu untuk sarapan bagi sebagian orang. Selain cocok untuk yang menjalankan program diet, oatmeal juga diketahui memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satunya oatmeal memiliki kandungan Vitamin B6 dan magnesium yang dibutuhkan dalam mengurangi gejala kesemutan. 

6.Kacang tanah

Penting, 10 Makanan Ini Dipercaya Ampuh Meredakan KesemutanPixabay/Pezibear

Kacang tanah memiliki kandungan Vitamin B1, protein, magnesium, kalsium, vitamin E, A, dan K. Dilihat dari kandunganngya kacang tanah dapat menjadi makanan yang bisa dipilih untuk mengurangi kesemutan.

Kacang tanah juga juga memiliki kadar gula yang rendah sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Menyajikan kacang tanah dengan dipanggang atau direbus lebih diajurkan. 

7. Yoghurt

Penting, 10 Makanan Ini Dipercaya Ampuh Meredakan KesemutanStuff.co.nz

Yoghurt merupakan minuman olahan susu yang banyak manfaatnya, mulai dari menyehatkan jantung sampai kesemutan. Hal ini karena kandungan Vitamin B6, dan magnesiumnya mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Yoghurt rendah lemak merupakan yoghurt terbaik untuk dikonsumsi.

8. Susu

Penting, 10 Makanan Ini Dipercaya Ampuh Meredakan KesemutanPixabay/Couleur

Susu merupakan minuman yang sangat populer. Kandungan kalsium yang tinggi pada susu selalu identik dengan pertumbuhan tulang. Kalsium dan Vitamin B6 dalam susu ternyata juga bisa mengurangi kesemutan yang dialami. 

Baca Juga: Bosan dengan Susu Sapi? Cobain Deh 6 Alternatif Susu Lainnya Ini

9. Salmon

Penting, 10 Makanan Ini Dipercaya Ampuh Meredakan KesemutanUnsplash/carolineattwood

Ikan salmon sangat terkenal dengan omega-3 nya. Selain bagus untuk kesehatan otak, ikan slmon memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kamu yang sua kesemutan. Kandungan vitamin B12 dipercaya mampu meningkatkan produksi sel darah merah dan menjaga kesehatan sistem saraf. 

10. Mackerel

Penting, 10 Makanan Ini Dipercaya Ampuh Meredakan KesemutanUnsplash/rawpixel

Selain kandungan vitamin B12 dan D, Mackarel ternyata memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang cukup tinggi. Satu porsi ikan mackerel dalam sehari menjadi pilihan asupan vitamin B12. Mackerel juga merupakan komoditas ikan yang memiliki nilai komersial sedang. 

Selain mengkonsumsi makanan di atas, kamu tentunya harus menghindari makanan yang bisa menyebabkan kesemutan. Makanan yang mengandung lemak jenuh, gula, dan gelatin terbukti bisa menyebabkan kesemutan. Sekarang pilihan ada ditanganmu. Mau hidup sehat atau tidak? 

Baca Juga: 6 Jenis Makanan yang Gak Baik untuk Otakmu, Jangan Sampai Kebanyakan!

Nur Dwi Rahayu Photo Writer Nur Dwi Rahayu

Tulisan adalah saksi kehidupan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya