Comscore Tracker

Rajanya Antioksidan! 7 Manfaat Sehat Blueberry Ini Amat Menggiurkan

Pantas saja blueberry masuk dalam daftar superfood

Siapa tak tahu blueberry? Buah yang satu ini banyak dijumpai di pasaran, warnanya cantik, lezat dan segar, serta bisa diolah berbagai rupa. Manfaat sehat yang ditawarkannya pun sangat beragam, sehingga membuatnya masuk dalam daftar makanan super alias superfood.

Bisa dimakan langsung, dijadikan campuran smoothie, melengkapi sereal, atau jadi topping dessert, berikut ini manfaat dahsyat yang bisa kamu dapat bila rutin mengonsumsi blueberry.

1. Memelihara kesehatan otak dan meningkatkan daya ingat

Rajanya Antioksidan! 7 Manfaat Sehat Blueberry Ini Amat Menggiurkanpexels.com/invisiblepower

Stres dapat mempercepat proses penuaan otak, yang mana ini dapat menurunkan fungsi otak.

Menurut sebuah studi uji coba pada hewan yang diterbitkan dalam jurnal medis "Neural Regeneration Research" tahun 2014, kandungan antioksidan dalam blueberry dapat memengaruhi bagian otak yang penting bagi kecerdasan seseorang.

Selain itu, studi terhadap sembilan orang dewasa dengan gangguan kognitif yang ada dalam "Journal of Agricultural and Food Chemistry" tahun 2010 menemukan, minum jus blueberry setiap hari selama 12 minggu dapat meningkatkan fungsi otak.

2. Rajanya antioksidan

Rajanya Antioksidan! 7 Manfaat Sehat Blueberry Ini Amat Menggiurkanunsplash.com/Joanna Kosinska

Antioksidan dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, yang merupakan molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh dan berkontribusi pada penuaan dini dan timbulnya penyakit, seperti kanker. Nah, blueberry adalah salah satu sumber terbaik antioksidan. Khasiatnya pun sudah terbukti secara ilmiah!

Menurut sebuah penelitian yang tertuang dalam "Journal of Agricultural and Food Chemistry" tahun 2008, blueberry memiliki kandungan antioksidan paling tinggi dari semua jenis buah dan sayur.

Senyawa antioksidan utama yang terkandung dalam buah tersebut adalah flavonoid. Studi dalam "Journal of Agricultural and Food Chemistry" tahun 2012 menyebut, grup flavonoid, khususnya antosianin, disebut-sebut sebagai jagoan di balik berbagai manfaat sehat blueberry.

Selain itu, dilansir dari laman Healthline, blueberry juga terbukti dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh.

Baca Juga: Mengenal Khasiat 7 Superfood Kaya Nutrisi, Coba Perbanyak Konsumsi ya!

3. Menurunkan tekanan darah

Rajanya Antioksidan! 7 Manfaat Sehat Blueberry Ini Amat Menggiurkanpexels.com/Wendy van Zyl

Tekanan darah tinggi alias hipertensi tak bisa dialami kelompok lansia saja, tapi sudah banyak juga usia lebih muda yang jadi korban. Kalau kamu tak mau punya masalah kesehatan ini, tambahkan blueberry ke dalam menu makan sehari-hari.

Menurut sebuah penelitian dalam "Journal of Nutrition" tahun 2010 yang meneliti orang-orang dengan obesitas selama 8 minggu, mengonsumsi 50 gram blueberry setiap hari dapat menurunkan tekanan darah hingga 4-6 persen.

Selain itu, menurut sebuah studi dalam "Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics" tahun 2015, ada efek serupa seperti studi di atas, khususnya pada perempuan pasca menopause.

4. Menurunkan kolesterol jahat di tubuh

Rajanya Antioksidan! 7 Manfaat Sehat Blueberry Ini Amat Menggiurkanunsplash.com/Inna Podolska

Kerusakan oksidatif tak hanya dialami sel dan DNA. Itu juga akan jadi masalah ketika kolesterol jahat, alias low-density lipoprotein (LDL) teroksidasi, yang mana ini merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Menurut jurnal "Nutrients" tahun 2013, antioksidan dalam blueberry sangat berkaitan dengan penurunan kadar LDL yang teroksidasi. Inilah yang membuat buah ini baik untuk kesehatan jantung.

Studi dalam jurnal "British Journal of Nutrition" tahun 2013 menyebut, menyertakan 75 gram blueberry dengan makanan utama dapat menurunkan oksidasi kolesterol jahat.

5. Mencegah kerusakan otot setelah melakukan olahraga berat

Rajanya Antioksidan! 7 Manfaat Sehat Blueberry Ini Amat Menggiurkanpexels.com/Victor Freitas

Olahraga berat dapat menyebabkan nyeri otot dan kelelahan, yang mana ini disebabkan oleh peradangan lokal dan stres oksidatif dalam jaringan otot.

Nah, konsumsi blueberry dalam bentuk suplemen dapat mengurangi kerusakan yang terjadi pada tingkat molekuler, sehingga meminimalkan nyeri dan mengurangi kerja otot.

Dalam sebuah studi pada 10 atlet perempuan, konsumsi blueberry dapat meningkatkan pemulihan otot setelah melakukan olahraga kaki yang berat. Ini tertuang dalam "Journal of the International Society of Sports Nutrition" tahun 2012.

6. Mencegah diabetes

Rajanya Antioksidan! 7 Manfaat Sehat Blueberry Ini Amat Menggiurkanpixabay.com/Steve Buissinne

Blueberry memiliki kadar gula yang sedang. Satu cup (148 gram) blueberry mengandung 15 gram gula, setara dengan apel berukuran kecil atau jeruk berukuran besar.

Meskipun demikian, senyawa bioaktif dalam blueberry jauh lebih besar ketimbang potensi efek buruk dari kandungan gulanya, apalagi bila berbicara tentang pengendalian gula darah.

Peneliti menyebut bahwa antosianin dalam blueberry punya peranan penting untuk sensitivitas insulin dan metabolisme glukosa. Efek anti diabetes tersebut bisa didapat lewat konsumsi jus maupun ekstrak blueberry. Temuan ini ada dalam beberapa jurnal medis, salah satunya dalam "Canadian Journal of Physiology and Pharmacology" tahun 2007.

Selain itu, pada sebuah studi yang meneliti 32 orang yang obesitas dengan kondisi resistansi insulin, dalam "The Journal of Nutrition" tahun 2010, konsumsi blueberry smoothie tiap hari bisa meningkatkan sensitivitas insulin.

Peningkatkan sensitivitas insulin ini dapat menurunkan risiko sindrom metabolik dan diabetes tipe 2.

7. Melindungi kamu dari kanker

Rajanya Antioksidan! 7 Manfaat Sehat Blueberry Ini Amat Menggiurkanunsplash.com/National Cancer Institute

Seperti yang tertulis dalam sebuah penelitian dalam jurnal "Critical Reviews in Food Science and Nutrition" tahun 2016, tim peneliti menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung antosianin dapat membantu menangkal kanker.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, blueberry mengandung antosianin.

Kalau tujuh manfaat di atas tak mempan juga untuk membuat kamu untuk memperbanyak konsumsi blueberry, we don't know what will.

Agar manfaat yang didapat maksimal serta asupan nutrisi harian terpenuhi, sertakan juga makanan sehat dan segar lainnya, ya!

Baca Juga: 6 Superfood Ini Punya Nutrisi Lebih Tinggi dari Suplemen, Bikin Sehat!

Nimah Dia Photo Verified Writer Nimah Dia

Dapetin cookies paling menarik dan uwu di instagram @your.bakeology Koleksi juga barang tulis menulis serba warna kuncing di @heyellow.id Take 'em yours!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya