Comscore Tracker

Menurunkan Kolesterol hingga Mencegah Kanker! Ini 5 Manfaat Sayur Kale

Manfaat kesehatannya nggak perlu diragukan lagi

Beruntunglah kamu yang doyan makan aneka sayuran! Selain kandungan nutrisinya yang dapat menyehatkan tubuh, sayuran juga menyegarkan, lho.

Salah satu sayuran yang banyak dipuji manfaatnya adalah kale. Sudah banyak tersedia di swalayan, berikut ini adalah beberapa alasan sehat untuk mulai makan ataupun memperbanyak konsumsi kale dalam menu makan harian.

1. Kale adalah salah satu makanan padat nutrisi

Menurunkan Kolesterol hingga Mencegah Kanker! Ini 5 Manfaat Sayur Kalepexels.com/Elle Hughes

Bersumber dari NutritionData, berikut ini adalah berbagai kandungan gizi kale (yang dipotong-potong) per 1 cangkir atau setara dengan 67 gram.

  • Vitamin A: 206 persen dari angka kecukupan gizi (AKG)
  • Vitamin K: 684 persen dari AKG
  • Vitamin C: 134 persen dari AKG
  • Vitamin B6: 9 persen dari AKG
  • Mangan: 26 persen dari AKG
  • Kalsium: 9 persen dari AKG
  • Tembaga: 10 persen dari AKG 
  • Kalium: 9 persen dari AKG
  • Magnesium: 6 persen dari AKG
  • Vitamin B1 (thiamin): 5 persen dari AKG
  • Vitamin B2 (riboflavin): 5 persen dari AKG
  • Vitamin B3 (niasin): 3 persen dari AKG
  • Zat besi: 6 persen dari AKG
  • Fosfor: 4 persen dari AKG
  • Potasium: 9 persen dari AKG
  • Serat: 5 persen dari AKG

2. Kaya antioksidan seperti kuersetin dan kaempferol

Menurunkan Kolesterol hingga Mencegah Kanker! Ini 5 Manfaat Sayur Kalepixabay.com/monikabaechler

Sama seperti sayuran hijau lainnya, kale mengandung antioksidan yang sangat tinggi, termasuk beta-karoten dan vitamin C.

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal BioMed Research International tahun 2014, antioksidan mampu menangkal kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh. Sementara itu, kerusakan oksidatif sudah lama dihubungkan dengan banyak penyakit, termasuk kanker.

Berdasarkan sebuah laporan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry tahun 2009, senyawa flavonoid kuersetin dan kaempferol yang merupakan antioksidan mampu memberikan perlindungan pada jantung yang cukup kuat, menurunkan tekanan darah, serta memiliki sifat antiinflamasi, antivirus, antidepresan, dan antikanker.

Baca Juga: Gak Cuma Bayam, 6 Sayuran Penambah Darah untuk Penderita Anemia

3. Kandungan vitamin C dalam kale sangat tinggi, bahkan mengalahkan jeruk!

Menurunkan Kolesterol hingga Mencegah Kanker! Ini 5 Manfaat Sayur Kaleunsplash.com/Ana Tavares

Melansir Healthline, vitamin C adalah antioksidan penting yang larut dalam air, yang memiliki banyak fungsi vital dalam tubuh. Misalnya untuk sintesis kolagen, protein struktural paling banyak dalam tubuh.

Kandungan vitamin C pada kale lebih banyak dari kebanyakan sayur lainnya, yaitu sekitar 4,5 kali lebih tinggi daripada bayam. Bahkan, secangkir kale potong mentah mengandung vitamin C lebih banyak ketimbang satu buah jeruk.

4. Membantu menurunkan kolesterol, yang artinya bisa menurunkan risiko penyakit jantung

Menurunkan Kolesterol hingga Mencegah Kanker! Ini 5 Manfaat Sayur Kaleunsplash.com/Nutriciously

Menurut sebuah penelitan dalam jurnal Food Chemistry tahun 2007, kale mengandung asam sequestrants, yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Ini bisa membantu menurunkan faktor risiko penyakit jantung di kemudian hari.

Selain itu, menurut sebuah studi dalam jurnal Biomedical and Environmental Sciences tahun 2008 menemukan bahwa minum jus kale setiap hari selama 12 minggu dapat meningkatkan kadar high-density lipoprotein (HDL) alias kolesterol baik dalam tubuh hingga 27 persen, mengurangi low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat sebanyak 10 persen, serta memperbaiki status antioksidan dalam tubuh.

Berdasarkan sebuah studi dalam jurnal Nutrition Research tahun 2008, mengukus kale bisa secara signifikan meningkatkan efek pengikatan asam empedu. Kale kukus 43 persen sama kuatnya dengan cholestyramine, obat penurun kolesterol yang punya fungsi serupa.

5. Kale mengandung zat yang membantu melawan kanker

Menurunkan Kolesterol hingga Mencegah Kanker! Ini 5 Manfaat Sayur Kalepexels.com/Sebastian Coman Photography

Faktanya, kale mengandung senyawa yang bisa membantu mencegah kanker, lho. Salah satunya adalah sulforaphane, senyawa yang terbukti melawan pembentukan kanker pada tingkat molekuler. Ada pula senyawa indole-3-carbinol yang juga punya sifat antikanker.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kale bisa menurunkan risiko beberapa jenis kanker cukup signifikan. Meski demikian, bukti yang ada pada uji coba manusia temuannya belum benar-benar pasti. Namun, tak ada salahnya tetap memakan sayur berdaun hijau yang satu ini, karena banyak manfaatnya bagi kesehatan yang sudah terbukti!

Selain kale, pastikan juga untuk mengombinasikannya dengan makanan sehat lainnya agar kebutuhan nutrisi harianmu senantiasa terpenuhi.

Baca Juga: 5 Keunggulan 'Microgreens' Dibanding Sayuran Dewasa, Sudah Tahu?

Nimah Dia Photo Verified Writer Nimah Dia

Dapetin cookies paling menarik dan uwu di instagram @your.bakeology Koleksi juga barang tulis menulis serba warna kuncing di @heyellow.id Take 'em yours!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya