Comscore Tracker

Bye Perut Buncit! Ini 5 Tips Sederhana Mendapatkan Lemak Sehat

Jangan sampai dietmu gagal!

Menumpuknya banyak lemak jahat di perut tak hanya bikin perutmu buncit, tetapi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Kamu sudah diet tetapi lemak di perut masih saja bertumpuk-tumpuk? Bisa jadi asupan makananmu salah atau kamu kurang memahami apa itu lemak. Penting untuk diingat, tak semua lemak itu jahat. Kamu hanya harus bisa membedakan mana lemak baik yang dibutuhkan tubuh dan lemak jahat yang dampaknya merugikan.

Seperti apa, sih, lemak sehat ini dan apa saja langkah-langkah yang harus dilakukan agar program dietmu berhasil? Berikut ini penjelasannya.

1. Hindari makanan manis! Utamakan konsumsi karbohidat kompleks dan protein

Bye Perut Buncit! Ini 5 Tips Sederhana Mendapatkan Lemak Sehatunsplash.com/Ben Kolde

Pada umumnya, makanan manis bisa memicu lonjakan insulin (hormon yang mengubah gula, pati, dan makanan lain menjadi energi) pada tubuh. Itu akan menimbulkan beberapa masalah kesehatan seperti penumpukan lemak di perut dan lama-lama dapat memicu diabetes.

Alangkah baiknya kamu memilih karbohidrat kompleks dan protein. Tubuh akan mencernanya lebih lambat dari makanan manis, sehingga tingkat insulin dalam tubuh akan tetap stabil.

2. Pilih makanan yang mengandung lemak sehat

Bye Perut Buncit! Ini 5 Tips Sederhana Mendapatkan Lemak Sehatunsplash com/David B Townsend

Biar tumpukan lemak di perut tak terus menumpuk, merusak penampilan, dan mengundang banyak penyakit, cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak sehat. Lemak tak jenuh ganda misalnya, bisa didapat dari kacang kenari, ikan salmon, biji rami, dan masih banyak lagi.

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Diabetes tahun 2014, lemak tak jenuh ganda dapat mendorong pertumbuhan jaringan otot yang membakar kalori, sementara lemak jenuh dapat mendorong penyimpanan lemak berlebih.

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Ketika Bakar Lemak di Perut

3. Cobalah untuk lebih aktif berolahraga

Bye Perut Buncit! Ini 5 Tips Sederhana Mendapatkan Lemak Sehatunsplash.com/Jonathan Borba

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah olahraga secara rutin. Tak perlu olahraga berat, yang penting kamu konsisten dan disiplin dalam melakukannya. Setelah tubuh mulai terbiasa, kamu bisa meningkatkan intensitasnya secara perlahan.

Melansir Healthline, kamu bisa melakukan high-intensity interval training (HIIT). Olahraga jenis ini disebut-sebut lebih efektif dari latihan aerobik untuk menghancurkan lemak viseral, yaitu lemak jahat yang tidak terlihat karena tidak berada di bawah kulit, melainkan di sekitar organ dalam tubuh. Ini tertuang dalam penelitian di jurnal International Journal of Obesity tahun 2011. 

4. Kelola stres sebaik mungkin

Bye Perut Buncit! Ini 5 Tips Sederhana Mendapatkan Lemak Sehatpexels.com/Andrea Piacquadio

Apa pun yang terjadi, kamu disarankan untuk mengelola stres dengan baik agar tidak berkepanjangan. Ternyata ini penting agar program dietmu tak berantakan.

Bila sampai stres berlebihan, tubuh akan terus-terusan "dibanjiri" hormon kortisol. Dengan menjaga kadar hormon tersebut tetap rendah, pada gilirannya itu akan membantu menjaga kelebihan lemak agar tidak sampai masuk ke dalam jaringan viseral tubuh.

5. Tidur cukup selama 7-8 jam tiap malamnya

Bye Perut Buncit! Ini 5 Tips Sederhana Mendapatkan Lemak Sehatpexels.com/Ivan Oboleninov

Menurut sebuah studi dalam jurnal Sleep tahun 2010, partisipan yang tidur selama 5 jam menunjukkan peningkatan lemak viseral sekitar 32 persen. Sementara itu, pada partisipan yang tidur selama 6-7 jam menunjukkan peningkatan hanya 13 persen.

Kurang tidur bisa menyebabkan gangguan metabolisme. Menurut tim peneliti dari Universitas Chicago, Amerika Serikat, kalau kamu kurang tidur selama 4 hari, kemampuan tubuh untuk memproses insulin menjadi terganggu. Sensitivitas insulin ditemukan mengalami penurunan hingga 30 persen.

Melansir WebMD, ketika tubuh tidak mampu merespons insulin dengan baik, maka tubuh akan kesulitan dalam memproses lemak dari aliran darah, sehingga akhirnya disimpan sebagai lemak.

Itulah peran lemak baik dalam tubuh dan beberapa tips diet yang bisa kamu lakukan agar upaya untuk menurunkan berat badan sukses. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Olahraga Paling Efektif untuk Mengecilkan Lemak Paha, Coba Sekarang!

Nimah Dia Photo Verified Writer Nimah Dia

Dapetin cookies paling menarik dan uwu di instagram @your.bakeology Koleksi juga barang tulis menulis serba warna kuncing di @heyellow.id Take 'em yours!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya