Comscore Tracker

5 Khasiat Daun Jarak Pagar untuk Berbagai Jenis Penyakit

Daripada minum obat, yuk cobain obat herbal

Indonesia memiliki berbagai macam tanaman yang dapat digunakan sebagai obat-obatan herbal. Selain sangat mudah tumbuh, pengobatan herbal dirasa sangat aman jika dikonsumsi dalam waktu jangka panjang. Belakangan ini, orang-orang mulai beralih dari berbagai obat yang berbahan kimia ke jenis pengobatan herbal karena memiliki khasiat yang tak kalah hebatnya. Salah satu tanaman obat herbal yang dapat dimanfaatkan adalah daun jarak pagar.

Tanaman daun jarak pagar atau yang memiliki nama latin (Jatropha curcas) merupakan tanaman tradisional yang dapat dengan mudah ditemui. Tanaman ini ternyata memiliki banyak manfaat, bahkan beberapa ilmuan di dunia telah banyak melakukan penelitian mengenai khasiat dari tanaman jarak pagar. Berikut merupakan beberapa khasiat yang dapat diambil dari tanaman daun jarak pagar.

1. Mengobati Masuk Angin dan Perut Kembung

5 Khasiat Daun Jarak Pagar untuk Berbagai Jenis Penyakitpixabay.com/derneuemann

Penyakit kategori ringan yang satu ini bisa cukup mengganggu jika tidak cepat diatasi. Masuk angin tidak hanya dapat dialami oleh orang dewasa, tetapi juga oleh anak-anak bahkan bayi sekalipun. Daun jarak pagar dapat digunakan untuk mengatasi penyakit ini dengan mengambil beberapa lembar daun jarak pagar utuh. Setelah dibersihkan dari getah,lembaran daun tersebut kemudian dapat diolesi dengan minyak, baik minyak makan ataupun minyak kayu putih.

Kemudian lembaran daun jarak tersebut dapat ditempelkan pada bagian perut, seputar dada maupun pada bagian punggung. Agar posisi daun tidak bergeser, daun tersebut dapat dibalut dengan kain ataupun gurita pada bayi. Daun jarak pagar akan menimbulkan sensasi hangat dan membantu untuk mengatasi keluhan masuk angin ataupun kembung. Lebih baik menggunakan daun jarak pagar saat akan sedang tidur, agar tidur dapat semakin nyenyak dan badan terasa segara saat bangun tidur.

2. Mengatasi rematik dengan daun jarak pagar

5 Khasiat Daun Jarak Pagar untuk Berbagai Jenis Penyakitpexels.com/rawpixel

Orang dewasa kerap kali mengalami penyakit yang menyerang otot maupun persendian ini. Penyakit rematik dapat menimbulkan sensai nyeri dan sakit pada bagian persendian karena munculnya peradangan. Pada orang dewasa penyakit ini kerap dijumpai dan juga dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Rasa sakit yang ditimbulkan dapat menyebabkan gangguan dalam pergerakan tubuh dan sangat menyakitkan. Berbagai pengobatan dapat dipilih baik dengan meminum obat dokter maupun mencoba obat herbal.

Salah satunya dengan menggunakan beberapa lembar daun jarak pagar tergantung kebutuhan. Lembaran daun jarak pagar dapat disesuaikan dengan banyaknya bagian tubuh yang sakit.  Daun jarak pagar yang telah dibersihkan kemudian dihaluskan atau digiling dengan menambahkan sedikit air hangat. Kemudian daun yang telah halus tersebut ditempelkan ke bagian tubuh yang sakit dan dapat diulangi beberapa kali dalam sehari sampai membaik.

3. Membantu merawat luka dan menyembuhkan memar

5 Khasiat Daun Jarak Pagar untuk Berbagai Jenis Penyakitpixabay.com/baedaya

Daun jarak pagar juga memiliki khasiat dalam membantu meredakan peradangan atau memar di tubuh. Ataupun untuk mengobati luka kecil yang tidak terbuka, karena jika luka terbuka sebaiknya ke dokter untuk mendapatkan jahitan terhadap luka tersebut. Caranya kurang lebih sama dengan pengobatan terhadap penyakit rematik sebelumnya. Pengobatan dapat dilakukan dengan mengambil beberapa lembar daun jarak pagar, kemudian dihaluskan dengan menggunakan air hangat.

Setelah itu dapat ditempelkan ke bagian tubuh yang memar ataupun luka. Kemudian hal ini dapat diulangi beberapa kali hingga memar terlihat membaik dan menunjukkan perubahan. Kompresan dengan daun jarak pagar juga dapat membantu untuk meredakan pendarahan ringan.

Baca Juga: 7 Jenis Rempah Berdaun Hijau Kecil Ini Serupa Namun tak Sama Lho

4. Mengatasi penyakit kulit ringan seperti gatal-gatal, kadas dan kurap

5 Khasiat Daun Jarak Pagar untuk Berbagai Jenis Penyakitbuoyhealth.com/Claudia Gambrah

Setiap orang rasanya pernah mengalami penyakit kulit ringan berupa gatal-gatal, kadas maupun kurap. Walaupun sudah menjaga kebersihan terkadang penyakit ini dapat tetap muncul baik itu karena pengaruh hormon seseorang ataupun alergi terhadap makanan. Oleh karenanya pengobatan dengan daun jarak pagar dapat menjadi pilihan tepat karena tidak repot untuk harus ke dokter. Daun jarak pagar diketahui memiliki kandungan minyak dan pada minyak jarak tersebut terdapat senyawa asam undesilenat.

Caranya mengobatinya adalah dengan mengambil beberapa lembar daun jarak pagar, kemudian rendam semalam dalam minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian rendaman tersebut dipanaskan dengan menggunakan pemanas, jika sudah selesai dipanaskan diamkan hingga hangat-hangat kuku. Setelah itu minyak tersebut dapat digunakan dan dioleskan ke bagian tubuh yang terkena penyakit kulit. Olesan tersebut dapat ditutup dengan menggunakan kain kasa ataupun kain katun agar minyak tidak menempel kemana-mana. Hal ini dapat diulangi hingga penyakit kulit tersebut sembuh dan menghilang.

5. Daun jarak pagar untuk mengatasi rambut rontok dan menyuburkan rambut

5 Khasiat Daun Jarak Pagar untuk Berbagai Jenis Penyakitpexels.com/Element5

Masalah rambut berupa kerontokan, rambut tipis bahkan juga kebotakan merupakan masalah yang sering timbul pada orang dewasa. Kerontokan dapat ditimbulkan oleh karena tekanan ataupun stres berat dan juga salah penggunaan perawatan rambut. Dalam hal ini daun jarak pagar dapat dimanfaatkan dalam mengatasi masalah tersebut. Daun jarak pagar diketahui memiliki kandungan asam lemak omega 6 yang dapat membantu menyuburkan rambut.

Caranya adalah dengan mengambil beberapa lembaran daun jarak pagar kemudian dihaluskan dengan air hangat. Kemudian saring ataupun peras daun jarak pagar yang telah dihaluskan tersebut untuk diambil airnya. Jika air tersebut dirasa kurang hangat maka dapat dipanaskan kembali dan kemudian dibalurkan pada kulit kepala. Air perasan daun jarak tersebut dapat melancarkan peredaran darah di kepala. Selain itu juga dapat merangsang pertumbuhan rambut karena folikel rambut yang ternutrisi dari perasan air daun jarak tersebut. Kemudian setelah diaplikasikan pada kulit kepala dapat menggunakan penutup kepala berupa shower cap atau handuk dan diamkan semalam. Kemudian bersihkan esok harinya dengan keramas, dan ini dapat diulangi 2-3 kali seminggu.

Nah, ternyata banyak manfaat daun jarak pagar yang bahkan banyak tumbuh liar di pekarangan. Kamu dapat mencoba sendiri ataupun merekomendasikan ke teman atau kelaurga yang membutuhkan.

Baca Juga: 7 Manfaat Daun Basil yang Harus Kamu Ketahui

Nur Mar A. Siregar Photo Community Writer Nur Mar A. Siregar

A dusk chaser who loves to shout in silence..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You