Comscore Tracker

6 Aktivitas Sederhana Ini Bantu Kamu Lawan Depresi

Yakin deh, kamu pasti bisa melewatinya!

Depresi adalah kondisi di mana seseorang mengalami perasaan sedih dan tertekan dalam kurun waktu lama. Gak terbatas pada usia dan jenis kelamin, depresi dapat menyerang siapa saja. Kadang kala, orang yang menderita depresi kelihatan terpuruk dan enggan melakukan apa pun lantaran kehilangan semangat hidup. Namun di lain sisi, ada pula yang tampak ceria di luar padahal batinnya kerap tersiksa. 

Bagi penderita depresi, konsultasi ke ahli medis dapat meringankan beban yang semula dipikul sendirian. Selain bantuan dari luar, seseorang yang depresi patut diberi dukungan agar berusaha semaksimal mungkin mengalahkan depresi yang dideritanya. 

Walau sebagian merasa sulit untuk keluar rumah atau sekadar bangkit dari tempat tidur, niat serta usaha dari diri sendiri harus dikuatkan. Jangan keburu menyerah, segera lawan depresi dengan 6 aktivitas sederhana berikut ini!

1. Berlari

6 Aktivitas Sederhana Ini Bantu Kamu Lawan Depresibbc.com

Jenuh kan, kalau menghabiskan banyak waktu di dalam rumah? Bukan saatnya berdiam diri terus-terusan. Kegiatan berlari amat membantu dalam melawan depresi, lho. Pilih waktu jogging di pagi atau sore hari supaya gak terpapar sinar matahari yang begitu menyengat. Gak perlu jauh-jauh, cukup di sekitar lingkungan tempat tinggalmu saja. Manfaat yang berarti bisa dirasakan bila kamu merutinkan aktivitas sederhana ini. 

2. Jalan-jalan santai

6 Aktivitas Sederhana Ini Bantu Kamu Lawan Depresisamadimd.com

Selain berlari, jalan-jalan santai juga bantu meringankan depresi yang diderita. Hal tersebut dikarenakan pelepasan neurotrasmitter pada otak yang memengaruhi perubahan mood. Efek yang diberikan adalah suasana hati yang membaik. Kalau kurang pede berjalan sendirian, ajak sahabat atau anggota keluarga untuk menemani. Waktu jalan-jalan dapat diselingi dengan berbincang santai yang tentunya jauh lebih baik daripada hanya mengurung diri di rumah.  

3. Bersepeda

6 Aktivitas Sederhana Ini Bantu Kamu Lawan Depresigobreck.com

Terlalu malas buat berjalan kaki? Aktivitas bersepeda dapat menjadi alternatif lain, lho. Mengayuh sepeda sama asyiknya dengan jalan-jalan santai berkeliling. Selain itu juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Bersepeda memungkinkan adanya pelepasan hormon kebahagiaan. Stres yang tengah dirasakan akan berkurang sehingga kamu bisa berpikir jauh lebih jernih dan positif. 

Baca Juga: 9 Makanan yang Mampu Mengobati Depresi Lebih Baik daripada Obat

4. Hiking

6 Aktivitas Sederhana Ini Bantu Kamu Lawan Depresimumslounge.com.au

Kamu juga dapat tantang diri dengan kegiatan hiking di akhir pekan. Daripada terus ditenggelamkan oleh beban dalam batin, lepaskan semua saat hiking. Ketika kamu terhubung dengan alam dan menghirup udara segar, depresi dan rasa cemas bakal berkurang. Namun sebelum memutuskan pergi hiking, ketahui dulu apa yang boleh dan gak boleh dilakukan ya. Manfaat yang didapat bagi kesehatan mental harus sebanding dengan keselamatan.

5. Yoga

6 Aktivitas Sederhana Ini Bantu Kamu Lawan Depresiparenting.firstcry.com

Gak ada alasan untuk kamu enggan melakukan yoga saat sedang depresi. Ketika beryoga, konsentrasi yang kamu berikan sepenuhnya pada teknik bernapas dapat menenangkan pikiran. Jika yoga dilakukan secara benar, pikiran-pikiran yang mengganggu akan berkurang. Ketekunan kamu dalam melakukan yoga juga membuat pikiran lebih positif dan perlahan mengalahkan depresi yang kerap dirasa.

6. Renang

6 Aktivitas Sederhana Ini Bantu Kamu Lawan Depresitriathlete.com

Kala tengah menderita depresi, berenang adalah aktivitas yang tentunya membantu. Oleh karena itu, jadwalkan untuk pergi berenang di waktu luang. Siapa sangka menghabiskan waktu untuk berenang beri dampak baik pula pada kesehatan kondisi mental. Berada di air akan merilekskan otak dan tentunya akan mengusir beban-beban pikiran negatif secara otomatis. 

Perlu diperhatikan, upaya mengusir depresi harus dilakukan step by step. Itu artinya, kamu gak bisa berekspektasi untuk mendapat hasil instan ketika ingin melawan depresi. Dibutuhkan pula tekad dan usaha keras yang gak sembarangan. Percayalah keseriusan dan kerutinan jangka panjang akan memberi hasil baik. Jadi, jangan cepat menyerah ya!

Baca Juga: 7 Kalimat Dukungan untuk Orang Tersayang yang Sedang Depresi

Nurfi Islami Photo Verified Writer Nurfi Islami

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya