Comscore Tracker

6 Tindakan Ini Pantang Dilakukan Selepas Olahraga, Dampaknya Buruk!

Cegah dampak buruk yang gak diinginkan ini

Olahraga sangat baik untuk kesehatan. Bila dilakukan secara rutin, tubuh yang bugar akan kamu dapatkan. Bicara tentang betapa pentingnya melakukan aktivitas olahraga, kamu juga perlu memperhatikan apa yang dilakukan selepas berolahraga. Sebab mengakhiri sesi olahraga dengan langkah yang kurang tepat malah bisa mengundang dampak buruk untuk diri sendiri. 

Apa saja yang gak boleh sembarangan dilakukan usai olahraga? Ini 6 hal yang pantang dilakukan selepas berolahraga. Kemarin-kemarin masih sering melakukannya maka mulai sekarang hindari, ya!

1. Melewatkan sesi pendinginan

6 Tindakan Ini Pantang Dilakukan Selepas Olahraga, Dampaknya Buruk!Unsplash.com/Bruce Mars

Seperti halnya persiapan olahraga yang dimulai dengan pemanasan, maka setelah selesai workout kamu harus melakukan pendinginan. Kalau nekat melewatkan sesi pendinginan bisa berakhir pada rasa sakit atau bahkan cedera otot. Maka dari itu, kamu harus menyempatkannya setelah olahraga minimal selama 5 menit. Dengan pendinginan, kamu terhindar dari bahaya pada otot sekaligus dapat menstabilkan detak jantung.

2. Jeda waktu makan terlalu lama, bahkan gak makan sama sekali

6 Tindakan Ini Pantang Dilakukan Selepas Olahraga, Dampaknya Buruk!Pexels.com/Leonardo Quatrocchi

Tubuh butuh asupan makanan. Apalagi setelah berolahraga yang mana membuat energi dan cadangan lemak berkurang. Percuma saja olahraga dilakukan kalau kamu memberi jeda waktu kelewat lama bahkan lebih parahnya, gak makan sama sekali setelahnya. Biar olahragamu berfaedah, jangan lupa atur waktu makan sehat sekitar 15-30 menit setelah olahraga selesai, ya!

3. Langsung makan camilan atau minuman manis

6 Tindakan Ini Pantang Dilakukan Selepas Olahraga, Dampaknya Buruk!active.com

Makan memang disarankan, tapi langsung konsumsi makanan atau minuman manis adalah pantangan bagi kamu yang baru saja selesai olahraga. Hal ini dikarenakan kadar gula yang tinggi bisa membuat metabolisme tubuh terhambat. Untuk mengusir rasa lapar dan dahaga, lebih baik kamu memilih konsumsi pisang, air kelapa, jus buah tanpa pemanis buatan, serta menu makanan sehat lainnya.

Baca Juga: 10 Pesona Paula Verhoeven Saat Berolahraga, Body Goals Abis!

4. Konsumsi makanan berkalori tinggi

6 Tindakan Ini Pantang Dilakukan Selepas Olahraga, Dampaknya Buruk!bodysnatcherboxing.com

Selain makanan manis, kamu sebaiknya menghindari langsung mengonsumsi makanan berkalori tinggi seperti contohnya: burger, kentang goreng, pizza, dan es krim. Biasanya makanan tersebut punya kalori lebih dari 300 dan termasuk tinggi. Untuk berjaga-jaga, kamu bisa siap sedia camilan sehat mengenyangkan seperti buah-buahan segar yang kalorinya dibawah angka 300. 

5. Gak lekas mengganti baju yang basah oleh keringat

6 Tindakan Ini Pantang Dilakukan Selepas Olahraga, Dampaknya Buruk!h2opureblue.com

Hindari berlama-lama dengan pakaian yang basah oleh keringat karena itu merupakan sumber bakteri. Kalau sudah terjangkit, sistem imun bisa melemah. Ingat, kebersihan tetap nomor satu. Oleh sebab itu, jagalah kebersihan dengan mengganti outfit olahraga dengan pakaian bersih sesegera mungkin. Kalaupun ingin mandi, lakukan beberapa jam seusai ganti baju agar gak membahayakan kesehatan. 

6. Malas bergerak setelah melakukan olahraga

6 Tindakan Ini Pantang Dilakukan Selepas Olahraga, Dampaknya Buruk!westword.com

Biasanya orang jadi malas gerak selepas olahraga. Duduk berjam-jam menonton televisi atau memilih tidur-tiduran sepuasnya. Padahal rajin bergerak bisa bantu melancarkan peredaran darah. Energi pada tubuh bakal cepat pulih dan badan gak pegal-pegal karenanya. Coba deh, lakukan gerakan ringan atau beraktivas yang gak terlalu berat seperti misalnya jalan-jalan di lingkungan sekitar. 

Baca Juga: 6 Olahraga Ini Dapat Mengatasi Lemak Berlebih Akibat Menu Lebaran

Nurfi Photo Community Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You