Jarang Dijumpai, 6 Racikan Teh Unik Ini Punya Khasiat Luar Biasa

Jelas beda satu dengan yang lainnya

Menyesap secangkir teh dapat memberi perasaan rileks. Sehingga gak heran hangatnya air teh yang membasahi kerongkongan kerap jadi teman kala kamu berada di waktu senggang.

Kamu pasti tahu dong, kalau teh-teh yang biasa kamu jumpai sehari-hari hanyalah segelintir dari beragam jenis teh di seluruh dunia. Di luar sana, jelas masih ada banyak lagi ragamnya. 

Tiap teh punya ciri khas, rasa, dan manfaatnya masing-masing. Mungkin belum pernah kamu coba, tapi 6 racikan teh unik berikut ini cukup digemari oleh banyak kalangan. Disamping itu juga menawarkan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. 

1. Garlic tea

Jarang Dijumpai, 6 Racikan Teh Unik Ini Punya Khasiat Luar Biasaactivebeautiful.com

Siapa bilang bawang putih gak bisa dijadikan teh? Buktinya banyak yang rajin mengonsumsi teh satu ini.

Meski terkesan aneh karena diracik dari bawang putih, namun cukup banyak khasiat yang bisa kamu dapat dari meminumnya. Bagi yang lagi gencar diet, konsumsi garlic tea dapat menurunkan berat badan.

Dengan teh bawang putih, kamu akan terhindar pula dari masalah pada tekanan darah serta jantung. 

2. Kukicha tea

Jarang Dijumpai, 6 Racikan Teh Unik Ini Punya Khasiat Luar Biasaperfectsouth.com.au

Diantara beragam jenis teh dari Jepang, teh kukicha juga termasuk salah satunya. Dibutuhkan ranting dan batang teh untuk meracik teh ini. Berhubung kadar kafein kukicha lebih sedikit dari teh pada umumnya, baik orang dewasa maupun anak-anak dapat meminumnya.

Teh kukicha dipercaya mampu menunda penuaan dini sekaligus membuat kulit jadi sehat bercahaya.

3. Yak butter tea

Jarang Dijumpai, 6 Racikan Teh Unik Ini Punya Khasiat Luar Biasatibetpedia.com

Yak butter tea atau yang dikenal sebagai po cha adalah minuman tradisional favorit orang Tibet. Khasiat yang ada pada yak butter tea adalah menurunnya berat badan.

Demi membuat yak butter tea, biasanya dibutuhkan waktu sekitar setengah hari. Teh jenis ini terbuat dari daun teh, mentega yak, air, serta garam. Gak heran rasa yang diberikan cenderung agak asin dibanding teh lainnya. 

Baca Juga: 6 Khasiat Teh Chai Latte Khas India Berdasarkan Rincian Bahannya

4. Blue tea

Jarang Dijumpai, 6 Racikan Teh Unik Ini Punya Khasiat Luar Biasasiizu.com

Warna dari teh satu ini gak seperti teh pada umumnya. Ya, warna biru yang mencolok dari kembang telang kering atau butterfly pea membuatnya kelihatan beda dari yang lain. Namun jangan salah, blue tea rupanya sangat berkhasiat. Disamping perannya sebagai sumber antioksidan, meminum blue tea juga dapat meredakan cemas, asma, dan demam.

5. Reishi mushroom tea

Jarang Dijumpai, 6 Racikan Teh Unik Ini Punya Khasiat Luar Biasalostempireherbs.com

Reishi mushroom tea memang sering diracik oleh orang-orang sebagai minuman obat. Alasannya gak lain dan gak bukan lantaran tingginya kadar antioksidan dan nutrisi yang ada pada jamur reishi.

Manfaat lain yang terkandung di dalamnya ialah sebagai penurun kolesterol, peningkat fungsi hati, bahkan dikenal pula sebagai penghambat perkembangan tumor. 

6. Masala chai

Jarang Dijumpai, 6 Racikan Teh Unik Ini Punya Khasiat Luar Biasaallergictosalad.com

Kalau yang ini termasuk dalam jenis teh hitam yang berasal dari India. Teh masala dengan rasa manis dan konsistensi kental dibuat dari campuran susu serta beragam rempah-rempah seperti cengkih, kayu manis, jahe, dan kapulaga. Selain disukai karena rasa, masala chai turut berkhasiat bagi kesehatan kulit dan juga otak. 

Nah, itulah tadi 6 racikan teh unik yang jarang dijumpai tetapi punya segudang khasiat luar biasa. Kamu pernah mencoba salah satunya atau belum pernah sama sekali nih?

Baca Juga: 7 Jenis Teh Unik yang Ampuh Mencegah Peradangan, Bikinnya Gampang!

Nurfi Photo Community Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You