Comscore Tracker

Tekan Snooze Alarm Ternyata Buruk Bagi Kesehatan, Ini Bahayanya!

Hentikan mumpung belum terlambat

Pernah gak pagi-pagi kamu merasa masih belum siap bangun tidur, padahal alarm sudah berkali-kali bunyi? Saking beratnya buat bangun dari tidur, sampai pada akhirnya kamu menekan tombol snooze pada alarm. Untuk apa lagi selain demi bisa memperpanjang waktu tidur walau cuma beberapa menit saja. 

Kebiasaan menekan snooze alarm ternyata gak bisa disepelekan, lho. Daripada ambil risiko, pahami yuk apa saja bahaya yang ditimbulkan bagi kesehatan tubuh dan otak lewat ulasan berikut ini.

1. Menunda bangun tidur berpengaruh pada pagi hari yang kurang produktif, bahkan kacau berantakan

Tekan Snooze Alarm Ternyata Buruk Bagi Kesehatan, Ini Bahayanya!shape.com.sg

Banyak kegiatan produktif di pagi hari yang dapat dilakukan. Sebut saja jogging, planning kegiatan harian, sarapan dengan santai, menyempatkan baca buku, atau aktivitas lain versi kamu. Tapi beda cerita kalau kamu selalu menekan snooze pada alarm. Bangun tidur jadi tertunda, kemudian berakibat pada pagi hari yang kurang produktif bahkan morning routine yang kacau berantakan. 

2. Tambahan snooze beberapa menit untuk tidur lagi gak akan membuat kamu merasa segar ketika bangun

Tekan Snooze Alarm Ternyata Buruk Bagi Kesehatan, Ini Bahayanya!newyorker.com

Perlu kamu sadari bila memberi tambahan beberapa menit untuk tidur lagi dengan bantuan snooze alarm gak membuat kualitas tidur membaik. Kamu akan tetap merasa kurang segar saat bangun. Dilansir dari Independent, menurut Neil Robinson yang merupakan ahli tidur di Sealy UK, hal ini terjadi karena ketika menekan snooze alarm, secara gak langsung kamu mempersiapkan diri untuk siklus tidur selanjutnya. 

Pada waktu alarm kembali berbunyi, siklus tidur lagi-lagi terganggu. Alih-alih mendapat tidur yang berkualitas, akan tetap ada sensasi lelah ketika bangun serta lesu yang dirasakan sepanjang hari. 

Baca Juga: Ini Lho Alasannya Kenapa Kamu Susah Ingat Mimpimu Saat Bangun Tidur

3. Kebiasaan menekan snooze alarm menimbulkan kebingungan pada otak

Tekan Snooze Alarm Ternyata Buruk Bagi Kesehatan, Ini Bahayanya!medicalnewstoday.com

Dilansir dari Business Insider, seorang ilmuwan behavioral bernama Dan Ariely menyatakan bahwa tombol snooze bukan hanya beri pengaruh buruk pada aktivitas di pagi hari. Di luar itu, kebiasaan menunda bangun dengan menekan snooze alarm akan membingungkan otak.

Pasalnya, otak akan bekerja lebih baik jika ada satu perintah yang jelas, yaitu bangun dari tidur begitu alarm berbunyi. Nah, ketika kamu menunda alarm selama 5 menit, 10 menit, bahkan 20 menit, otak akan menjadi bingung karena perintah yang ambigu dan kurang jelas. 

4. Dampaknya, kesehatan bisa terganggu hingga bisa berujung depresi serta penyakit kronis

Tekan Snooze Alarm Ternyata Buruk Bagi Kesehatan, Ini Bahayanya!makambaonline.com

Siapa bilang tekan tombol snooze itu hal sepele? Dampak yang diberikan bisa berujung fatal bagi kesehatan fisik dan mentalmu, lho. Ahli saraf Matt Janes mengklaim jika kebiasaan menekan snooze alarm terjadi secara kontinu, maka sel akan terganggu.

Secara logika, setiap kali alarm berbunyi, tidurmu akan terusik. Ternyata ada efek kejut yang diberikan dan mengganggu sistem saraf simpatik. Kalau snooze dilakukan berulang-ulang, bisa kebayang efek kejutnya juga otomatis muncul berkali-kali dan menyerang tubuh serta otak. 

Akibatnya, dapat terjadi inflamasi yang berakibat pada depresi hingga penyakit kronis. Ngeri banget kan, ya?

5. Supaya terhindar dari bahaya, kebiasaan menekan tombol snooze mesti perlahan dihentikan

Tekan Snooze Alarm Ternyata Buruk Bagi Kesehatan, Ini Bahayanya!ourlifeinbrief.com

Lalu gimana cara yang efektif buat menghilangkan kebiasaan menekan tombol snooze di pagi hari? Saran dari Prof. Matthew Walker, seorang ahli saraf adalah hindari tidur-tidur ayam dan pilih decaffeinated coffee bagi yang gemar ngopi.

Opsi tambahan yang dapat kamu lakukan yaitu biasakan tidur lebih cepat atau letakkan alarm di ruangan yang berbeda supaya gak mendorong kamu buat menekan snooze.

Perlahan-lahan kebiasaan tersebut bakal berhenti, kok. Asal mau mencoba, maka bahaya dari kebiasaan menekan snooze alarm gak akan mengincarmu. Hentikan mumpung belum terlambat, guys!

Baca Juga: 12 Fakta Ilmiah Kafein dalam Kopi yang Bikin Susah Tidur

Nurfi Photo Community Writer Nurfi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You