Comscore Tracker

7 Manfaat Kaktus Nopales bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Bisa menurunkan berat badan sampai kanker lho

Kaktus nopales atau biasa juga dikenal dengan kaktus pir berduri yang bisa ditemukan di wilayah barat daya Amerika Serikat dan Meksiko. Di Meksiko, kaktus noples menjadi bahan utama makanan yang sangat populer karena selain memiliki rasa yang enak, kaktus nopales ternyata memiliki segudang khasiat untuk kesehatan.

Berikut manfaat kaktus nopales bagi kesehatan tubuh.

1. Menurunkan berat badan

7 Manfaat Kaktus Nopales bagi Kesehatan yang Jarang Diketahuikaylaitsines.com

Kaktus napoles memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa menahan lapar lebih lama. Selain itu kaktus napoles juga rendah kalori yang cocok menjadi bahan makanan untuk menurunkan berat badan.

2. Anti inflamasi

7 Manfaat Kaktus Nopales bagi Kesehatan yang Jarang Diketahuiwww.elitecme.com

Kaktus nopales memiliki anti inflamasi yang baik untuk peradangan pada berbagai bagian tubuh, termasuk gejala-gejala nyeri sendi dan ketegangan otot. Gunakan kaktus nopales dengan membuatnya menjadi jus lalu oleskan ke bagian tubuh yang mengalami peradangan atau kamu bisa juga mengonsumsinya dengan mengolah kaktus nopales menjadi sayur.

3. Mencegah insomnia

7 Manfaat Kaktus Nopales bagi Kesehatan yang Jarang Diketahuim.post.naver.com

Tahukah kamu bahwa kaktus nopales ternyata memiliki manfaat tersembunyi untuk mencegah insomnia berkat kandungan alami di dalamnya? Wah, gak heran ya kalau tanaman ini sering dikonsumsi di Meksiko.

Baca Juga: 5 Manfaat Sehat Daun Katuk, Bagus untuk Ibu Menyusui 

4. Mengatur kadar gula darah

7 Manfaat Kaktus Nopales bagi Kesehatan yang Jarang Diketahuibesthealthmag.ca

Ekstrak dari daun kaktus nopales dapat mengatur kadar glukosa pada tubuh yang baik untuk penderita diabetes. Kaktus nopales juga bisa digunakan dengan obat diabetes lainnya agar kerjanya lebih efektif.

5. Menyembuhkan gangguan pencernaan

7 Manfaat Kaktus Nopales bagi Kesehatan yang Jarang Diketahuionegoodthingbyjillee.com

Kandungan kaya serat yang ada pada kaktus nopales sangat penting dalam proses pencernaan karena meningkatkan pergerakan di usus sehingga membuatnya lebih mudah untuk melewati otot-otot halus saluran pencernaan.

6. Menurunkan kadar kolesterol

7 Manfaat Kaktus Nopales bagi Kesehatan yang Jarang Diketahuirecipes.timesofindia.com

Kandungan lemak tak jenuh yang terdapat pada kaktus nopales sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh, bahkan mengonsumsi kaktus nopales lebih baik karena memiliki efek samping yang lebih sedikit daripada menggunakan obat penurun kolesterol lainnya.

7. Mencegah pertumbuhan sel kanker

7 Manfaat Kaktus Nopales bagi Kesehatan yang Jarang Diketahuiintelligence-pharma.com

Menurut beberapa penelitian, minyak biji kaktus dikenal memiliki tingkat polifenol yang tinggi yang menunjukkan sifat anti kanker. Selain itu penelitian yang sama menunjukkan bahwa kaktus ini juga merupakan sumber asam galat yang memberikan aktivitas sitotoksik terhadap sel-sel tumor dari leukimia, paru-paru, dan kanker prostat.

Itulah 7 manfaat kaktus nopales bagi kesehatan tubuh yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsinya.

Baca Juga: 5 Manfaat Menakjubkan Susu Unta bagi Kesehatan, Pernah Coba?

Nursyamsi Kusuma Dewi Photo Verified Writer Nursyamsi Kusuma Dewi

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya