Comscore Tracker

6 Manfaat Berteriak untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Stroke!

Baik untuk kesehatan mental sampai fisik

Semua orang pasti pernah berteriak terutama saat kita sedang merasa marah, terkejut, kesakitan maupun senang yang dilakukan secara reflek. Namun tanpa disadari ternyata berteriak memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan mental dan fisik kita lho. Berikut 6 manfaat berteriak untuk kesehatan yang perlu kamu tahu.

1. Menghilangkan stres

6 Manfaat Berteriak untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Stroke!resumegold.foreignluxury.co

Hampir semua orang pasti pernah mengalami stres, mulai dari stres ringan sampai stres berat yang bisa berakibat fatal apabila tidak segera ditangani. Jika kamu merasa sedang dilanda stres, kamu bisa lho melepaskan rasa stresmu hanya dengan berteriak.

Menurut Prof.Jeffrey Lohr dari J.William Fulbright College of Arts and Sciences, menerangkan bahwa berteriak dapat memberikan sensasi pengendoran otot yang tegang karena keadaan stres.

2. Memperbaiki suasana hati

6 Manfaat Berteriak untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Stroke!thriveglobal.com

Setiap hari pasti manusia akan merasakan suasana hati atau emosi yang berbeda-beda, mulai dari sedih, marah, hingga takut. Nah kalau kamu sedang merasakan suasana hati tersebut, dengan berteriak kamu bisa membuat suasana hatimu yang sedang jelek jadi sedikit lebih baik.

3. Melancarkan peredaran darah

6 Manfaat Berteriak untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Stroke!thinkingintohappiness.com/

Saat sedang berteriak, hormon adrenalin pada tubuh akan meningkat. Meningkatnya hormon adrenalin ini akan memicu jantung memompa darah lebih optimal, hal ini membuat pembuluh darah yang menuju dan keluar dari jantung melebar dan membuka ruang dari bagi darah untuk mengalir.

Baca Juga: Bukan Sleepwalking, Penyakit Tidur ini Bahkan Lebih Jahat dari Stroke

4. Mencegah jantung, hipertensi dan stroke

6 Manfaat Berteriak untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Stroke!medicalnewstoday.com

Siapa sangka dengan berteriak ternyata bisa mencegah beberapa penyakit serius seperti jantung, hipertensi hingga stroke. Hormon adrenalin yang meningkat saat berteriak akan membuat kinerja jantung menjadi lebih optimal, dan membuat aliran darah lancar yang bisa mencegah risiko hipertensi dan stroke.

5. Mengurangi rasa sakit

6 Manfaat Berteriak untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Stroke!rd.com

Beberapa penelitian sudah menunjukkan jika berteriak saat merasa sakit dapat meredakan hingga menghilangkan rasa sakit. Ketika mengalami luka dan akan diberikan obat, cobalah untuk berteriak untung mengurangi rasa sakit.

6. Membangkitkan semangat

6 Manfaat Berteriak untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Stroke!mothersandthecity.ro

Sedang patah semangat? Jika iya kamu tidak perlu khawatir, dengan melakukan teriak ternyata bisa membangkitkan kembali semangatmu. Tak hanya bisa membangkitkan semangat diri sendiri, ternyata berteriak juga bisa membangkitkan semangat orang lain. Misalnya jika kamu sedang menonton pertandingan kamu bisa menyemangati mereka dengan berteriak memberikan kata-kata dukungan.

Itu dia 6 manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan berteriak. Namun saat berteriak kamu harus memperhatikan tempat dan lingkungan sekitar, carilah tempat yang tidak mengganggu kenyamanan orang lain seperti ruangan sepi dan tertutup atau alam terbuka yang sepi.

Baca Juga: 5 Manfaat Sehat Stroberi, Ampuh Mencegah Stroke dan Hipertensi!  

Nursyamsi K.D Photo Community Writer Nursyamsi K.D

The girl who has millions of dreams | Find me on Instagram : Nursyamsidewi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You