Comscore Tracker

5 Fakta Kanker Laring pada Pita Suara, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Hindari konsumsi alkohol dan rokok

Kanker laring merupakan jenis kanker yang menyerang jaringan laring atau kotak suara. Laring terletak antara trakea dan pangkal lidah. Laring menjadi tempat untuk pita suara yang berperang sangat penting.

Ketika kanker menyerang laring, maka akan mempengaruhi suara yang keluar melalui faring, hidung dan mulut. Berikut fakta tentang kanker laring yang perlu kamu ketahui. 

1. Gejala kanker laring

5 Fakta Kanker Laring pada Pita Suara, Kenali Gejala dan Penyebabnyauralstk.ru

Ketika kanker laring menyerang, ada beberapa masalah yang akan kamu rasakan. Kanker ini menghambat jalan napas dan mempengaruhi otot-otot pada pita suara. Penderita kanker ini akan merasakan rasa sakit yang terjadi saat menelan hingga sekitar telinga. Ini disertai dengan perubahan suara yang terjadi secara tiba-tiba.

Selain itu, gejala seperti batuk darah dan penurunan berat badan secara drastis harus kamu waspadai. Benjolan yang mungkin muncul di sekitar leher dapat kamu rasakan jika kanker laring ini menyerang. 

2. Penyebab kanker laring

5 Fakta Kanker Laring pada Pita Suara, Kenali Gejala dan PenyebabnyaPixabay.com/Free-Photos

Meskipun penyakit kanker selalu tidak terdeteksi sejak dini dan terjadi secara tiba-tiba, ada beberapa pemicu seseorang terkena penyakit kanker laring. Pola hidup buruk seperti mengonsumsi alkohol dan rokok memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kanker ini.

Selain itu, paparan zat kimia berbahaya seperti limbah logam, plastik, debu kayu, asap cat, dan limbah tekstil dapat memicu risiko kanker ini. Ada pula yang terserang kanker laring karena faktor keturunan. 

Baca Juga: 5 Makanan yang Bisa Bantu Cegah dan Hambat Kanker Paru-paru

3. Dampak kanker laring bagi tubuh

5 Fakta Kanker Laring pada Pita Suara, Kenali Gejala dan Penyebabnyaenthealth.org

Kanker laring dapat memberikan efek yang buruk pada tubuhmu. Saat terserang dan setelah pengobatan, penderita akan kehilangan kekebalan pada sistem imun. Kanker ini pun menyebabkan penderita kehilangan pita suara, mulut kering, kelelahan dan sesak napas.

Selain itu, kulit akan menjadi kusam dan terjadi gangguan pengecapan pada lidah. Peradangan yang menyerang mukosa tenggorokan menimbulkan rasa nyeri yang menyiksa. Nafsu makan akan berkurang akibat penyakit ini. 

4. Cara mendiagnosis kanker laring

5 Fakta Kanker Laring pada Pita Suara, Kenali Gejala dan Penyebabnyamedicalnewstoday.com

Saat kamu merasakan gejala kanker ini, sebaiknya segera periksakan pada dokter untuk penanganan yang tepat.  Dokter akan melakukan laringoskopi yang dapat mendeteksi adanya kanker ini.

Beberapa biopsi akan ditawarkan jika kanker menyerang pita suaramu. Biopsi konvensional adalah alternatif pertama untuk mengangkat jaringan sampel kanker untuk mendeteksi. Ada pula cara FNA yang menggunakan jarum tipis untuk mengangkat sampel kanker.

Selain itu, mendeteksi kanker ini dapat dilakukan pula dengan biopsi endoskopik. 

5. Tips mencegah kanker laring

5 Fakta Kanker Laring pada Pita Suara, Kenali Gejala dan Penyebabnyatimesofindia.com

Kanker laring dapat kamu cegah dengan menjaga pola hidup sehat. Konsumsi alkohol dan kebiasaan merokok harus dihentikan agar risiko kanker ini dapat dihindari. Imbangi pula dengan makanan yang bergizi tinggi seperti buah-buahan dan sayur-sayuran segar. Selain itu, menjaga kebersihan mulut sangat penting agar tetap sehat.

Untuk menghindari paparan kimia berbahaya, gunakan masker pelindung agar racun tidak masuk dalam tubuh. Lakukan pula pemeriksaan rutin pada dokter jika terjadi keanehan pada pita suaramu. 

Fakta-fakta mengenai kanker laring ini harus kamu pahami agar mengenali gejala dan penyebabnya. Tetap jaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat dan pola hidup baik. 

Baca Juga: 8 Fakta Penting tentang Kanker Usus Besar yang Wajib Kamu Ketahui

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya