Comscore Tracker

7 Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Alergi Musiman Saat Perubahan Cuaca 

Jaga kesehatanmu saat perubahan cuaca tak menentu

Alergi musiman atau alergi akibat perubahan cuaca seringkali kita alami. Flu, bersin, batuk, hingga demam akan mudah menyerang tubuh jika kita tidak beradaptasi dengan perubahan ini. Hal ini perlu diantisipasi dengan bahan-bahan alami.

Kadangkala obat alergi tak boleh sering digunakan. Untuk penyakit alergi yang tingkatnya masih rendah ini dapat diatasi dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah. Efek samping yang diberikan pun tidak berbahaya bagi tubuhmu.

Berikut bahan-bahan alami yang dapat membantumu mengatasi alergi akibat perubahan cuaca.

1. Teh jahe

7 Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Alergi Musiman Saat Perubahan Cuaca Pixabay.com/congerdesign

Saat perubahan cuaca, kadangkala alergi menyebabkan iritasi pada tenggorokan, hidung dan mata. Rasa perih yang mengganggu ini dapat kamu atasi dengan mengonsumsi teh jahe. Teh ini mengandung senyawa phytochemical antiinflamasi yang menyembuhkan peradangan.

Selain itu, rasanya yang hangat akan membantu meringankan tenggorokan dan hidung. Cobalah membuat teh jahe atau kamu pun dapat mengolahnya menjadi minuman hangat seperti bandrek dan wedang jahe.

2. Teh kunyit

7 Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Alergi Musiman Saat Perubahan Cuaca kenhphunu.com

Teh kunyit dapat membantumu meringankan gejala alergi yang disebabkan oleh perubahan cuaca yang tak menentu. Kandungan curcumin pada kunyit menyembuhkan peradangan. Rasanya yang sedikit hangat pun dapat melegakan tenggorokan. Mengonsumsi teh kunyit pada saat alergi dapat kamu coba.

3. Tomat

7 Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Alergi Musiman Saat Perubahan Cuaca Pixabay.com/rawpixel

Tomat dikenal dengan vitamin C yang tinggi. Selain itu, kandungan likopen pada tomat dapat menyembuhkan peradangan. Antioksidan ini baik digunakan untuk mengatasi alergi musiman.

Batuk, pilek, dan gatal dapat dibantu dengan mengonsumsi tomat yang kaya akan antioksidan. Mengolahnya menjadi jus atau dimakan langsung boleh kamu coba.

Baca Juga: Alergi Kacang? Coba 4 Selai Alternatif Ini yang Gak Kalah Gurih

4. Ikan kaya omega 3

7 Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Alergi Musiman Saat Perubahan Cuaca Pixabay.com/chonow

Ikan kaya omega 3 seperti salmon, tuna, dan makarel dapat dikonsumsi saat kamu terserang alergi musiman. Kandungan omega 3 nya meningkatkan resistensi alergi. Selain itu, asam lemak dapat mengurangi penyempitan saluran pernapasan pada penderita asma.

Zat anti inflamasi dari ikan dengan kandungan omega 3 tinggi akan menjaga kekebalan tubuhmu dari alergi. Untuk yang memiliki alergi khusus terhadap ikan, bisa memilih bahan lain yang lebih aman.

5. Bawang merah mentah

7 Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Alergi Musiman Saat Perubahan Cuaca Pixabay.com/Bru-nO

Bawang merah mentah memiliki rasa yang hangat untuk mengatasi alergi musiman. Konsentrasi quercetin yang lumayan tinggi menjadi antihistamin alami yang mengobati alergi.

Bawang juga kaya akan probiotik yang baik untuk kesehatan usus sehingga kekebalan tubuh akan terjaga. Mengonsumsi bawang mentah lebih disarankan daripada bawang yang telah digoreng.

6. Buah jeruk

7 Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Alergi Musiman Saat Perubahan Cuaca Pixabay.com/Pixel2013

Buah jeruk dapat digunakan untuk mengatasi alergi musiman. Kandungan vitamin C nya menjaga kekebalan tubuh dari perubahan cuaca yang tak menentu. Mengonsumsi lebih banyak vitamin C akan mengurangi peradangan.

Jeruk dapat kamu olah menjadi jus atau dimakan secara langsung. Berbagai macam jeruk dapat kamu gunakan untuk menambah asupan vitamin C.

7. Teh madu

7 Bahan Alami Ini Ampuh Atasi Alergi Musiman Saat Perubahan Cuaca Pixabay.com/ExplorerBob

Teh madu dapat kamu gunakan untuk meredakan alergi musiman. Kandungan vitamin dan mineral pada madu baik untuk tubuhmu. Zat anti inflamasi, anti jamur, dan anti mikroba pada madu dapat menyembuhkan alergi. Kamu dapat mengolahnya menjadi teh hangat agar melegakan saluran pernapasan.

Namun untuk yang alergi terhadap madu dan pollen, alternatif bahan lain lebih disarankan agar lebih aman.

Bahan-bahan ini dapat membantumu menyembuhkan alergi akibat perubahan cuaca. Namun tetap hati-hati, kenali jenis alergimu dengan menggunakan bahan yang tepat agar lebih aman. Tetap jaga kesehatan saat perubahan cuaca tak menentu ini.

Baca Juga: 9 Makanan yang Mampu Mengobati Depresi Lebih Baik daripada Obat

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You