Comscore Tracker

7 Jenis Kursi yang Memicu Masalah Punggung Saat Bekerja

Jaga kesehatan dengan posisi duduk yang benar

Dalam bekerja kita membutuhkan dukungan fasilitas yang nyaman. Posisi duduk mempengaruhi masalah pada punggung. Sakit punggung dapat terjadi karena kurang tepatnya posisi sandaran punggung.

Ada beberapa jenis kursi yang dapat membuatmu lelah jika digunakan berjam-jam. Bentuk dan material dibutuhkan agar mendapatkan kursi yang baik. Jangan sampai masalah punggung menyerangmu saat bekerja. Berikut deretan kursi yang dapat menyebabkan masalah punggung.

1. Kursi stationer

7 Jenis Kursi yang Memicu Masalah Punggung Saat BekerjaInstagram.com/fantasticdealcom83

Kursi stationer adalah jenis kursi yang tidak dapat bergerak dan bertahan pada satu posisi. Posisi duduk yang kaku memicu sakit punggung jika digunakan terlalu lama. Saat bekerja, kamu butuh kursi yang bisa bergerak agar ketegangan pada otot panggul dan punggung dapat digerakkan. Memilih kursi yang dapat berputar dapat sedikit merileks tubuh dengan sedikit gerakan kecil.

2. Kursi tanpa sandaran

7 Jenis Kursi yang Memicu Masalah Punggung Saat BekerjaInstagram.com/lanou_furniture

Kursi tanpa sandaran tidak nyaman jika dijadikan kursi kantor. Kursi yang tidak dapat menempatkan posisi punggung yang tepat akan membuatmu mudah kelelahan. Tulang punggung dipaksa melakukan posisi yang sama selama berjam-jam. Hal inilah yang menjadi penyebab seorang karyawan sakit punggung. Posisi duduk yang salah akan membuat masalah pada ototmu. Pilihlah kursi yang dapat menyangga tulang belakang.

3. Saddel stool

7 Jenis Kursi yang Memicu Masalah Punggung Saat BekerjaInstagram.com/wesnicfurniture

Saddle stool adalah jenis kursi yang biasanya digunakan oleh dokter gigi. Ada pula sebagian kantor yang menggunakan jenis kursi ini untuk bekerja. Meskipun didesain dengan backless yang bagus, kursi ini akan mudah membuatmu kelelahan saat bekerja. Apalagi saddle stool tidak menyediakan sandaran punggung yang baik. Untuk seorang pria harus menghindari jenis kursi ini karena memberikan tekanan pada parineum.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Ini Baiknya Kamu Cicil sebelum Lebaran Datang, Guys!

4. Egg chair

7 Jenis Kursi yang Memicu Masalah Punggung Saat BekerjaInstagram.com/michaeloberreiter

Egh chair didesain meniru konsep telur. Kursi ini dibuat empuk dan nyaman untuk duduk. Sebenarnya kursi seperti ini dapat menyebabkan masalah punggung jika digunakan terlalu lama. Posisi punggung yang membungkuk membuat otot leher menegang dan melemahkan otot-otot punggung. Untuk kamu yang bekerja sebagai staff kantor yang lebih lama duduk, kursi ini sangat tidak nyaman untuk digunakan.

5. Tub chair

7 Jenis Kursi yang Memicu Masalah Punggung Saat BekerjaInstagram.com/eventfulproject

Tub chair merupakan kursi yang memiliki bentuk yang unik. Bentuk seperti ini menyulitkanmu mendapatkan posisi yang baik saat duduk. Sandaran punggung yang kurang tepat akan membuat tubuhmu cepat lelah. Jika digunakan terlalu lama akan menyebabkan masalah punggung. Apalagi jika material yang digunakan terbuat dari plastik yang keras.

Jenis kursi-kursi ini tidak nyaman jika digunakan terlalu lama saat bekerja. Pilihlah kursi yang dapat mendukung posisi punggung dan menempatkan posisi duduk yang benar.

Baca Juga: 8 Ide Desain Ruang Kerja di Rumah Agar Kamu Lebih Produktif

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You