Comscore Tracker

Catat, 5 Jenis Kacang Ini Baik untuk Menurunkan Kolesterol Jahat

Namun konsumsi dengan porsi secukupnya

Masalah kolesterol jahat atau LDL memang selalu menakutkan. Berbagai penyakit berbahaya seperti jantung hingga stroke dipicu oleh kadar kolesterol jahat yang menumpuk di tubuh.

Ada beberapa jenis kacang-kacangan yang sebenarnya dapat membantumu menurunkan risiko ini. Kandungan serat, lemak tak jenuh, vitamin, kalium, asam folat, dan vitamin pada kacang sangat bermanfaat untuk mengatasi masalah kolesterol jahat.

Berikut beberapa jenis kacang yang boleh kamu konsumsi. 

1. Almond

Catat, 5 Jenis Kacang Ini Baik untuk Menurunkan Kolesterol JahatPixabay.com/stevepb

Kacang almond biasanya digunakan dalam campuran kue, cokelat, dan es krim. Rasanya yang lezat ternyata memiliki banyak manfaat. Kandungan vitamin E, protein, serat, lemak tak jenuh tunggal, dan mineral esensial yang baik untuk kesehatanmu. Makanan yang kaya akan serat seperti kacang almond ini dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Kacang ini baik juga untuk mengatasi obesitas. Selain itu, almond pun baik untuk menurunkan gula darah yang berisiko pada diabetes.

2. Hazelnut

Catat, 5 Jenis Kacang Ini Baik untuk Menurunkan Kolesterol JahatPixabay.com/lloorraa

Hazelnut menambah cita rasa baru pada racikan kopi. Kacang ini memiliki banyak manfaat juga untuk kesehatanmu seperti kandungan serat, protein, minyak esensial dan antioksidannya dibutuhkan untuk tubuhmu. Antioksidan ini dapat mengurangi oksidasi sehingga baik untuk kesehatan jantung. Serat dan protein juga dapat menurunkan kolesterol jahat LDL.

Bahkan ada penelitian yang menegaskan bahwa hazelnut merupakan obat peredam potensi kolesterol jahat. Mengonsumsi kacang ini boleh kamu lakukan, namun tetap dalam porsi yang secukupnya. 

Baca Juga: 5 Manfaat Rebusan Air Kacang Hijau untuk Mendukung Kesehatan Tubuh

3. Kacang tanah

Catat, 5 Jenis Kacang Ini Baik untuk Menurunkan Kolesterol JahatPixabay.com/SandeevHanda

Kacang tanah merupakan salah satu kacang yang mudah sekali ditemukan. Kandungan protein, serat, vitamin E, vitamin B, poliphenol, resveratrol, hingga fosfor baik untuk tubuh. Nutrisinya setara dengan kacang almond. Poliphenol dan resveratrol berguna untuk menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan jantung, dan risiko stroke. 

4. Kacang kenari

Catat, 5 Jenis Kacang Ini Baik untuk Menurunkan Kolesterol JahatPixabay.com/marijana1

Kacang kenari berguna juga untuk menurunkan kadar kolesterol LDL. Kandungan omega 3, vitamin E, serat, dan lemak tak jenuh tunggal baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Penelitian mengungkapkan bahwa kacang kenari dapat meningkatkan kolesterol baik HDL dan menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, kemampuannya menurunkan plak pada arteri juga bisa didapatkan dari nutrisinya.

5. Kemiri

Catat, 5 Jenis Kacang Ini Baik untuk Menurunkan Kolesterol Jahatdrhealthbenefits.com

Kemiri masuk ke dalam jenis kacang-kacangan. Bumbu yang populer ini ternyata bisa menurunkan kadar kolesterol jahat LDL.

Kemiri memiliki lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, vitamin E, antioksidan dan serat yang baik. Serat penting dalam mengatur kolesterol jahat LDL dan meningkatkan kolesterol baik HDL.

Kemudian, kualitas antioksidan pada kemiri meningkatkan kekebalan tubuh,  menjaga kesehatan jantung, dan menurunkan risiko diabetes. Kamu dapat mengonsumsi kemiri secara langsung tanpa dibuat bumbu. 

Berbagai manfaat kesehatan dari lima jenis kacang-kacangan terbaik ini dapat kamu konsumsi untuk menurunkan kolesterol jahat. Tetapi selalu ingat untuk mengonsumsinya dalam porsi yang cukup dan tidak terlalu berlebihan. 

Baca Juga: 5 Cara Jaga Jumlah Kolesterol Tetap Stabil Buat Kamu yang Doyan Makan

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Seorang manusia yang biasa-biasa saja, namun hobinya menulis artikel. Keren banget kan hobinya? Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya